6 Jenis Bentuk Olahan Tanaman Herbal Tradisional


Dibawah ini merupakan cara konsumsi tanaman herbal tradisional dalam beberapa bentuk olahan, seperti berikut :

Rebusan

Teknik ini merupakan yang paling banyak dipakai karena sari-sari obat tradisional dapat keluar dengan lebih baik dibanding diseduh, terutama jika rebusan dari bentuk bahan-bahan yang keras, yaitu batang tanaman, akar, umbi dan ranting serta mineral.

Ketika diminum, hasil dari proses rebusan dapat lebih mudah diserap oleh tubuh dari pada bentuk serbuk yang harus dicerna dulu di lambung, alangkah lebih baik lagi jika di minum dalam keadaan hangat, sehingga suhunya mendekati dengan suhu di lambung. Jika diminum sebelum makan, maka sari-sari obat tersebut segera dapat langsung diproses di usus halus. Ini merupakan cara paling praktis karena ketersediaan bahan-bahan obat tradisional nya kebanyakan dalam bentuk simplisia kering, sehingga bahan lebih bervariasi.

Hasil Dari Tumbukan/Deplokan,

Bentuk dari olahan ini cocok untuk herbal yang lunak atau untuk dibalurkan. Sifatnya lebih dingin dibanding yang rebusan.

Membuat Jus

Membuat jus sangat cocok untuk bahan yang lunak, sebagai pengganti dari cara sederhana ditumbuk atau dideplok. Sari herbal akan lebih cepat di serap oleh tubuh. Kelemahan olahan ini adalah tidak bisa jika bahan obatnya keras.

Olahan Instan

Jenis olahan ini sangat cocok untuk kasus defisiensi Limpa Lambung karena ada gula yang bersifat manis yang bisa menguatkan limpa dan lambung tapi tidak cocok bagi orang-orang dengan sindrom panas atau api karena gula akan membuat semakin panas. Pengolahan Instan ini termasuk sediaan yang praktis dan bisa dibawa saat bepergian.

Seduhan

Teknik Seduhan merupakan bentuk dari simplisia yang sudah dirajang/seperti minum teh ataupun serbuk yang diseduh dengan air panas sebelum diminum, masih lebih baik dibandingkan minum dalam bentuk kapsul serbuk hal ini dikarenakan bahan simplisia tersebut ketika diminum sudah berupa sari dari obat tradisional tersebut.

Kapsul Serbuk/Pil

Cara ini mungkin yang paling praktis, tetapi butuh pencernaan yang baik untuk mencernanya dan masih lebih alami bentuk kapsul serbuk jika dibandingkan kapsul dari hasil ekstraksi yang sudah tidak alami lagi.

Sekian semoga bermanfaat 6 Jenis Bentuk Olahan Tanaman Herbal Tradisional.

Sumber : https://t.me/mellyndafibiani/87

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI