Ads 720 x 90

Hubungan Organ internal Dalam Tubuh Manusia

Tidak hanya ilmu pengobatan Medis yang mempelajari hubungan organ tubuh manusia, dalam ilmu Akupunnktur pun, telah dibahas tentang fungsi-fungsi organ dan hubungannya secara filosofi.

Hubungan Organ Jantung dan Paru

Jantung mengatur Xue (darah), Paru-paru mengatur Qi, hubungannya adalah bahwa Qi (energi) dan Xue (darah). Qi (energi) dan Xue (darah) saling ketergantung. Xue (darah) memelihara Qi (energi) namun Qi mendorong Xue (darah). Xue (darah) Jantung bergerak, tetapi hal itu bergantung pada Qi (energi) Paru untuk membantu fungsi Jantung. Paru-paru memproduksi Ying (dan Wei) Qi. Ying Qi (energi) mengalir dengan Xue (darah) di Vessels.

Jantung dan Paru terhubung melalui Qi (energi) Zong (Chi Dada)

Kekurangan Qi (energi) Paru-paru dapat menyebabkan stagnasi Qi (energi) di Jantung dan ini dapat mengakibatkan stagnasi Xue (darah) pada Liver dengan gejala seperti palpitasi, nyeri dada, bibir biru. Api Jantung yang berlebihan dapat mengeringkan cairan Paru-paru dan menyebabkan batuk kering, hidung kering dan haus. Dalam prakteknya, Jantung dan Qi (energi) Paru sering kekurangan pada saat yang sama karena hubungan dekat mereka. Emosi sedih berlebih sering menyebabkan terkurasnya Qi (energi) Jantung dan Paru.

Hubungan Organ Jantung dan Liver

Jantung dan Liver memiliki keterkaitan melalui Xue (darah). Jantung mengatur Xue (darah), Liver menyimpan Xue (darah) dan mengatur volumenya. Kedua kegiatan harus dikoordinasikan secara harmonis. Jika Xue (darah) Jantung kekurangan, hal ini dapat mengganggu kemampuan Liver untuk mengatur Xue (darah) dan menyebabkan pusing, bermimpi yang berlebihan dll.

Xue (darah) Liver dapat menyebabkan kekurangan Xue (darah) Jantung akan menyebabkan palpitasi (berdebar) dan insomnia. Jantung menyimpan Shen (jiwa) dan fungsi Liver mengalir dari emosi. Shen (jiwa) dan emosi saling mendukung satu sama lain. Jantung lemah dan Shen (jiwa) dapat menyebabkan depresi dan kecemasan atau,ketika Qi (energi) Liver tersumbat, ini dapat menyebabkan kendala emosi dan dapat melemahkan Shen (jiwa).

Hubungan Organ Jantung dan Ginjal

Timbal baik Api dan Air. Jantung merupakan unsur elemen Api dan bergerak ke atas. Sedangkan Ginjal merupakan unsur elemen Air dan bergerak ke bawah. (Air adalah Yin dan sesuai dengan keheningan). Jantung & Ginjal harus dalam keadaan seimbang karena mereka mewakili dua polaritas fundamental dari Yang dan Yin (Api & Air).

Liver Yang turun untuk menghangatkan Yin Ginjal, Ginjal sementara naik menyehatkan Yang Jantung. Ini pertukaran konstan disebut sebagai "dukungan timbal balik dari Api dan Air".

Ginjal Yang Defisiensi :

Ginjal tidak dapat mengubah cairan ini dapat meluap ke Jantung.

Yin Ginjal Defisiensi :

Yin tidak dapat naik untuk memelihara Yin Jantung. Hal ini dapat menyebabkan Api Jantung terlalu aktif seperti gelisah mental, insomnia, agitasi, dll.

Kedua situasi ini merepresentasikan hilangnya komunikasi antara Jantung dan Ginjal. Jantung dan Ginjal adalah Akar/sumber umum Shen dan Essence (Jing). Jantung rumah Shen (jiwa), sedangkan Ginjal menyimpan Jing. Shen dan Jing memiliki akar umum. Jing adalah substansi mendasar dari asal Shen, dengan kata lain, Shen adalah manifestasi eksternal dari Jing. Setelah Melahirkan Jing yang mensuplai untuk Shen (jiwa) maka aktivitas mental akan normal.

Jing Defisiensi :

Shen akan melemah dan orang akan kekurangan vitalitas, kemauan, percaya diri. Ketika Shen terganggu oleh masalah emosional, Jing tidak akan diarahkan oleh Shen dan orang tersebut akan merasa lelah dan motivasi kekurangan.

Hubungan Organ Liver dan Paru

Mencerminkan hubungan Qi (energi) dan Xue (darah). Paru-paru mengatur Qi, dan Liver yang mengatur dan menyimpan Xue (darah). Mereka saling mengandalkan satu sama lain, Liver bergantung pada Paru Qi (energi) untuk mengatur Xue (darah) dan Paru-paru mengandalkan Qi (energi) Liver agar Qi bergerak lancar.

Qi Paru-paru Defisiensi :

Dapat mempengaruhi pergerakan Qi (energi) Liver seperti kelelahan, depresi, batuk dan nyeri hipokondriak. Qi (energi) Liver bisa stagnan di dada dan mengganggu fungsi Paru dari descending (batuk, dyspnea, asma). Stagnasi Qi (energi) Liver dapat menyebabkan Api Liver untuk bangkit dan melukai Yin Paru-paru sehingga menyebabkan nyeri hipokondriak, batuk darah, nyeri pada pernapasan.

Hubungan Organ Liver dan Limpa

Ketika sehat, Qi (energi) Liver membantu Limpa dalam pencernaan dan menjamin kelancaran aliran Empedu untuk membantu pencernaan. Dengan memastikan kelancaran aliran Qi (energi) dari segala arah tubuh, Liver memastikan bahwa Qi (energi) Limpa mengalir ke atas ke arah kanan.

Jika Qi Liver tersumbat mengganggu kemampuan Limpa untuk mengubah, transportasi makanan dan cairan menjadi sari pati makanan, hal ini dapat menyebabkan distensi perut, nyeri hipokondriak, diare dll.

Hubungan Organ Liver dan Ginjal

Berdasarkan pertukaran timbal balik antara Xue (darah) dan Jing. Jing Ginjal memberikan kontribusi untuk pembuatan Xue (darah). (Jing menghasilkan sumsum tulang yang dihubungkan dengan pembuatan Xue (darah) dalam tubuh).
"Liver dan Ginjal memiliki asal mula yang sama".
"Esensi (Jing) dan Xue (darah) memiliki sumber yang sama".

Yin Ginjal memelihara Liver (termasuk Xue (darah) Liver).

Jing Ginjal Defisiensi :

Dapat menyebabkan Xue (darah) menjadi berkurang dan menyebabkan pusing, penglihatan kabur, tinitus.

Ginjal gagal untuk memelihara Yin Liver :

Menyebabkan hiperaktivitas dari Yang Liver menyebabkan penglihatan kabur, tinitus, sakit kepala, lekas marah, pusing.
Limpa dan Paru-Paru

Limpa mengekstrak Qi (energi) makanan dan mengirimkannya sampai ke Paru-paru di mana ia menggabungkannya dengan udara untuk membentuk Zongqi (energy dasar/pokok).

Limpa bergantung pada fungsi Paru-paru turun untuk membantu dalam transformasi dan transportasi makanan (gerakan diafragma membantu pembakar Tengah - "memompa" tindakan).

Fungsi Paru bergerak turun dapat membantu Limpa dalam transformasi Cairan Tubuh. Qi (energi) Paru-paru lemah, gangguan fungsi turun, Limpa tidak dapat mengubah dan transportasi cairan, menyebabkan edema.

Kekurangan Qi (energi) Limpa :

Akan mengganggu produksi makanan dan Qi (energi) Qi Paru yang dapat menyebabkan kelelahan, tungkai lemah, sesak napas, suara lemah.

Kekurangan Limpa:

Cairan tidak berubah tetapi berakumulasi membentuk dahak, yang berdiam di Paru-paru dan fungsi Paru-paru terganggu.

Hubungan Organ Limpa dan Ginjal

  • Limpa: Akar Post-Surga Qi (energi) (Yayasan Keberadaan pascanatal) 
  • Ginjal: Akar dari Pra-Surga Qi (energi) (Yayasan Keberadaan Prenatal) 
Inti Postnatal (Postnatal Jing) dibentuk dari makanan yang kita makan dan udara yang kita hirup. Limpa Karena itu memainkan peran paling penting dalam pembentukan Essence pascanatal.

Inti Postnatal disimpan di Ginjal bersama-sama dengan Essence Prenatal. Dimana Qi (energi) Limpa lemah, Essence Setelah Melahirkan tidak akan diproduksi secara efektif, dan Ginjal akan memiliki esensi kurang Postnatal untuk menyimpan.

Prenatal Essence membantu dalam produksi Qi (energi) melalui aspek aktif (Qi Asli): Qi (energi) Asli menyediakan energi yang diperlukan untuk transformasi dan transportasi dari zat dan pembentukan Qi: ini mempengaruhi fungsi Limpa itu.

Limpa dan Ginjal mendukung satu sama lain mengenai transformasi / transportasi Cairan Tubuh.

Dimana Qi (energi) Limpa lemah, dan Cairan Tubuh tidak mampu ditransformasikan dan diangkut, ini menumpuk untuk membentuk Kelembaban, yang dapat mengganggu fungsi ginjal berkenaan metabolisme cairan (yang kemudian membuat Kelembaban semakin buruk).

Dimana ginjal Kekurangan Yang adalah, tidak ada panas yang cukup untuk Limpa untuk mengubah Cairan: ini dapat menyebabkan Kelembaban atau edema, chilliness dan diare.

Hubungan Organ Paru-paru dan Ginjal

Penting hubungan dengan hal Qi (energi) dan Cairan Qi

Paru-paru mengirim Qi (energi) dan Cairan ke Ginjal. Ginjal tahan Qi (energi) dan menguap beberapa Cairan, kemudian mengirim uap cairan kembali ke Paru-paru untuk melembabkan mereka dan Lung kemudian mengirimkan Cairan untuk melembabkan kulit.

Paru-paru mengirim Qi (energi) bawah Ginjal dan Ginjal tahan Qi. Oleh karena mereka memiliki komunikasi penting tentang respirasi

Komunikasi tentang Qi (energi) Zong dan Original Qi. Qi Zong (di dada) mengalir turun untuk terhubung dengan Qi (energi) Asli dari yang dipelihara. Asli Qi (energi) mengalir ke dada untuk membantu dengan produksi Qi (energi) dan Xue (darah) dalam Burner Atas.

Fungsi Paru pemerintahan Qi (energi) dan respirasi tergantung pada fungsi ginjal menerima Qi.

Dimana energi ginjal lemah: penerimaan gangguan Qi. Ginjal gagal untuk menahan Qi (energi) dan Qi (energi) mengalir turun kembali ke dada ("pemberontak") dan menghalangi fungsi Lung turun. Hasilnya adalah asma, batuk dan dyspnea (tidak mampu untuk menghirup dalam-dalam).
Cairan

Paru-paru bagian kontrol Air dan mengirim Cairan ke Ginjal. Ginjal menguap beberapa cairan dan mengirim mereka kembali ke Paru-paru untuk menjaga Paru-paru basah. "Ginjal mengatur Air dan Paru-paru asal atas Air."

Paru kekurangan Qi: Paru tidak dapat mengirim ke bawah cairan dan Paru tidak bisa berkomunikasi dengan Ginjal dan Kandung kemih (edema, terutama tubuh bagian atas).

Yang kekurangan Ginjal: Ginjal tidak dapat mengubah dan mengekskresikan Cairan di Bawah Burner. Cairan ini kemudian terakumulasi untuk membentuk Kelembaban atau edema (terutama tubuh bagian bawah). Karena hubungan dekat Paru-paru dan Ginjal tentang metabolisme cairan, ini akumulasi Cairan pada akhirnya dapat mempengaruhi Paru-paru dan merusak Lung turun dan penyebaran fungsi.

Yin ginjal kekurangan: menyebabkan defisiensi untuk Cairan di Bawah Burner. Cairan gagal untuk naik ke melembabkan Paru-paru, menyebabkan Defisiensi Yin Paru (tenggorokan kering di malam hari, batuk kering, berkeringat di malam hari dan perasaan panas di telapak tangan dan telapak kaki).

Paru kekurangan Yin (dapat timbul dari merokok, atau setelah suatu penyakit demam yang panjang yang melibatkan Paru-paru). Ini berarti Kekurangan Cairan di Paru-paru, ketidakmampuan Paru-paru untuk mengirim Cairan untuk Ginjal, yang kemudian mengakibatkan Yin Ginjal Kekurangan. (Perokok biasanya berakhir dengan Yin Ginjal habis sebagai akibat dari mekanisme ini).

Hubungan Organ Limpa dan Jantung

Saling terkait melalui Xue (darah).
Limpa menyediakan Makanan Qi (energi) untuk pembentukan Xue (darah).
Qi Limpa kekurangan dapat menyebabkan Kekurangan Xue (darah), yang dapat menyebabkan Xue (darah) Jantung menjadi Kekurangan (yang mengakibatkan Jantung berdebar, pusing, memori miskin, insomnia).

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI