Keistimewaan Titik Aksi Ki 1. Yongquan yang Luar Biasa untuk Kesehatan


KI-1 adalah satu-satunya titik yang terletak di telapak kaki, titik paling bawah di tubuh dan titik kayu meridian Ginjal air.

Ki 1. Yongquan / Yung Cuen (Sumber Air Bergelembung)

Lokasi : 

Di tengah-tengah telapak kaki 1/3 bagian depan.

Sifat : 

Menghilangkan panas pada Ginjal, menyadarkan Pingsan atau shock, menentramkan, Menurunkan ekses dari kepala Menenangkan jiwa Membuat sadar kembali dan menyelamatkan Yang.

Khasiat / untuk Indikasi :

Sakit puncak kepala (ubun-ubun), pusing, mata kabur, sakit tenggorokan, tenggorokan kering, gangguan kencing, susah berak, telapak kaki nyeri, panas, setuip pada anak – anak, mimisan, suara hilang dan kejang (convulsions), Tidak sadar dari windstroke, pingsan. Epilepsi, childhood fright wind, pusing, pandangan pusing, pandangan berkabut, sakit kepala ubun-ubun, hipertensi, tenggorokan sakit, sakit tenggorokan dan tidak bisa menelan, suara hilang, lidah kering, mimisan, warna muka hitam, running piglet qi. Agitasi, insomnia, ingatan lemah, cenderung takut, marah dan ingin membunuh orang, marah, nyeri Jantung. Batuk, sesak nafas, muntah dan batuk berdarah. Ruam angin, otot kontraksi, gangguan gejolak tiba-tiba dengan kram. Konstipasi, nyeri lumbar dan susah BAB, susah BAK, nyeri perut bawah pada wanita hamil dan susah BAK, perut bawah penuh, nyeri periumbilical, gangguan shan, mandul, impoten, gangguan karena hubungan intim ekses, daerah iga lateral penuh, sakit kuning, Qi (energi) yang berkurang

Jarum Akupunktur : 

Tegak lurus sedalam 0,3 – 0,5 cun 

Teknik Tangan : 

Menggelinding maju mundur, mencubit dengan kuku, menusuk-nusuk, menekan dengan ringan.

Teknik Moksa : 

Kerucut 3–7 buah, batang 3–7 menit

Istimewa titik Yongquan :

titik Cin dan sedasi

Catatan :
Dengan menggosok titik ini setiap pagi dan malam tekanan darah (tensi) dapat diturunkan makin lama titik ini dipijat akan makin baik, karena pijatan ini sangat efektif dan bila mimisan letakkan Parutan bawang pada kaki yang sealur keluarnya darah pada hidung.
Menurut Classic of Difficulties : "Dalam kasus defisiensi (kelemahan), kuatkanlah ibunya; dalam kasus ekses (berlebihan), lemahkanlah anaknya". 
Sebagai titik anak meridian Ginjal, KI-1 memiliki efek yang sangat kuat dalam melemahkan ekses di atas dengan "mengembalikan akar yang rusak ke sumbernya",
Tercermin dari pernyataan di Ode to Elucidate Mysteries :"Yongqian KI-1 bergema di bumi," dan nama lain titik ini adalah "hentakan bumi" (dichong) dan "bumi raya" (dichong). 
Saat Ginjal defisiensi di bawah, patologisnya adalah Qi (energi) dan Yang naik, defisiensi panas atau angin menyerbu ke tubuh atas mengacaukan kepala. Efek tenaga dari KI-1 dalam menurunkan dan membersihkan ekses tertulis dalam cerita Huatuo yang mengobati jenderal Wei Tai Cu (Jendral dinasti Wei) untuk angin kepala, pikiran yang bimbang, dan pandangan pusing.

Mengikuti prinsip memilih titik-titik di tubuh bawah untuk mengobati tubuh atas, Huatuo memilih KI-1 dan Jendral segera sembuh. Dalam praktek klinis, KI-1 terutama digunakan untuk :
  1. Naiknya Yang hati, api Hati atau angin hati, 
  2. Ketidakharmonisan Jantung dan Ginjal 
  3. Gangguan tenggorokan. Ginjal adalah akar dari Yin semua organ Zangfu. Memiliki hubungan khusus dengan hati, Jantung dan Paru-Paru yang semuanya dilewati oleh meridian Ginjal. 
Menurut pepatah TCM : "Ginjal dan Hati berbagi sumber yang sama." 
Air Ginjal adalah ibunya kayu Hati, dan Yin Ginjal adalah sumber Yin Hati. Saat air Ginjal gagal menutrisi kayu Hati, Yang Hati akan menjadi garang dan tidak terkendali naik ke kepala menyebabkan gejala sakit kepala di ubun-ubun, pusing, pandangan pusing, pandangan berkabut, hipertensi dan mimisan.

Jika ekses Yang Hati menghasilkan angin, akan terjadi epilepsi atau windstroke.

KI-1 mampu mengatur Ginjal, akar gejala ini dan mengobati manifestasi dengan kuat menurunkan Qi (energi) ke bawah dan patologis ekses. Ginjal berunsur air dan Jantung berunsur api. Ginjal dan Jantung dikatakan saling mendukung satu sama lain.

Yin Ginjal menutrisi dan melembabkan Yin Jantung dan menangkap api Jantung; serta Yang Jantung turun menghangatkan Ginjal. Keharmonisan antara Ginjal dan Jantung adalah salah satu prasyarat untuk jiwa yang stabil dan damai. Saat Yin Ginjal defisien dan defisien api Jantung berkobar atau hubungan Ginjal dan Jantung terputus, jiwa menjadi kacau, menyebabkan berbagai macam gangguan emosi mulai dari yang ringan (agitasi, insomnia, ingatan lemah, gampang takut), hingga parah (marah, ingin membunuh orang).

Ki-1 direkomendasikan dan secara luas digunakan di Cina untuk penderita insomnia dengan cara memijit KI-1 sebelum tidur atau memasukkan kaki dalam baskom panas untuk menurunkan ekses Yang. Kemampuan KI-1 menahan naiknya defisiensi panas dan Yang Liver, menenangkan jiwa, melunakkannya, khususnya cocok untuk mengobati gangguan menopause yang ditandai dengan hot flushes, keringat malam, insomnia, agitasi, cemas dan sakit kepala. Meridian Ginjal naik ke tenggorokan dan akar lidah. Saat api ganas dari defisiensi Ginjal naik sepanjang meridian Ginjal menghanguskan cairan tubuh dan mengakibatkan tenggorokan mampet dan bengkak, tenggorokan sakit dan tidak bisa menelan serta lidah kering.

Karena kemampuan KI-1 menurunkan panas dan api di area tenggorokan, KI-1 digunakan untuk mengobati tenggorokan nyeri dan bengkak karena berbagai sebab.
Menurut Spiritual Pivot :"Meridian Ginjal berujung di CV-23 lianquan, titik penting untuk mengobati gangguan lidah, dan KI-1 juga berindikasi untuk suara hilang, karena PPL atau windstroke.

KI-1 juga digunakan untuk :

  • Gangguan Paru-Paru,
  • Running piglet qi,
  • Pingsan,

Gangguan dua organ Yin. Menurut pepatah TCM :"Paru-Paru adalah kanopi dan Ginjal adalah akarnya". 
Sebagai organ zang paling atas, Paru-Paru menerima Qi (energi) surga (qing qi) dalam cara yang sama, seperti hutan, Paru-Paru menerima cahaya dan oksigen yang penting bagi Ginjal, Qi (energi) turun ke bawah lewat pernafasan menuju akar. Jika Ginjal defisien dan gagal menangkap qi, maka terjadi sesak nafas (dyspnoea) dan batuk. Running pigletqi terutama naik saat Qi (energi) stagnan berubah menjadi panas, atau saat defisiensi Yang Ginjal menyebabkan akumulasi dingin di jiao bawah. Dalam kedua kasus ini, Qi (energi) dengan hebat dibuang dan bergegas ke atas sepanjang meridian chong mai.

Aksi KI-1 dalam mengharmoniskan Ginjal dan hati serta mengarahkan patologis Qi (energi) yang naik ke atas untuk turun ke bawah tercermin dalam penggunaannya dalam pengobatan gangguan ini.

KI-1 adalah titik cin wushu meridian Ginjal dan seperti titik cin meridian lainnya yang memiliki aksi kuat dalam membuka portal dan menyadarkan koleps untuk windstroke atau pingsan. Tercatat di dalam buku Song of the Nine Needles for Returning, untuk pengobatan koleps Yang, ditandai dengan pingsan, tidak suka dingin, dingin mengalir ke tangan dan kaki, bibir ungu, dsb.

Ginjal mengatur dua organ yin bawah, anus dan saluran kencing. KI-1 digunakan untuk mengobati konstipasi, khususnya saat defisiensi Yin dan berakibat kekeringan, serta susah BAK. KI-1 adalah titik penting dalam praktek qigong. Mengarahkan Pikiran ke KI-1, atau praktek masuk dan keluar nafas melewati titik ini, Qi (energi) berakar dan turun di dantian bawah, membantu tubuh menyerap energi yin bumi. Umumnya, penggunaan dalam praktek akupunktur, khususnya untuknya Yang ekses menyerang ke Jantung, Paru-Paru atau kepala. Terakhir, KI-1 telah menjadi subjek dari banyak penelitian modren ke dalam aplikasi herbal untuk titik akupunktur ini. Berbagai zat herbal digiling menjadi pasta dan digunakan dalam titik ini untuk gangguan seperti sariawan dan hipertensi.

Manfaat Kombinasi Titik dengan Ki 1 Yongquan

Paralysis kaki, Qi (energi) kaki kronis, kaki nyeri dan bengkak, rasa dingin di kaki dan tulang kering, telapak kaki panas, nyeri kronis dan kesemutan di kaki, lima jari kaki nyeri dan tidak bisa berdiri.
  • Sakit dan pandangan pusing : KI-1, ST-2 Sibai dan BL-11 Dazhu. 
  • Lima macam epilepsi : KI-1, PC-8 Laogong. 
  • Epilepsi angin : KI-1 dan DU-6 Jizhong. 
  • Ruam angin : KI-1 dan GB-30 Huantiao. 
  • Suara hilang : KI-1, LI-4 Hegu dan GB-35 Yangjiao. 
  • Mandul : KI-1, BL-32 Ciliao, SP-5 Shangqiu. 
  • Nyeri tenggorokan dan tidak bisa makan : KI-1 dan KI-4 Dazhong.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter