Saluran Utama, Kolateral dan Titik Akupunktur


Meridian dalam bahasa Tionghoa disebut Jingluo. Jingluo merupakan saluran yang mengalirkan Qi (energi) dan Xue (darah) ke seluruh tubuh. Jingluo terdiri dari Jingmai (Saluran Utama) dan Luomai. Jingmai (Saluran Utama) merupakan meridian besar yang membujur, sedangkan Luomai merupakan cabang dari Jingmai (Saluran Utama) yang menyebar ke seluruh tubuh sehingga membentuk satu jaringan bagaikan jala. Qi (energi) yang mengalir di dalam Jingluo disebut Jingqi. Jingqi berasal dari Zangfu (organ dalam). Karena itu, kekuatan Jingqi sangat ditentukan oleh kekuatan Zangfu (organ dalam).

Jingqi dari 12 Jingmai (Saluran Utama) langsung dipancarkan dari 12 Zangfu (organ dalam). 12 Jingmai (Saluran Utama) merupakan unsur yang terpenting dari sistem Jingluo. Fungsi utamanya, mentransportasi Qi (energi) dan Xue (darah) , menghubungkan semua Zangfu (organ dalam), serta Zang (organ dalam) dengan bagian permukaan tubuh. Antara 12 Jingmai (Saluran Utama) saling berhubungan. Ciri Khas dari 12 belas Jingmai (Saluran Utama) adalah di sepanjang perjalanannya terdapat titik yang dapat digunakan untuk akupunktur atau moksibusi.

Saluran Utama adalah saluran Meridian yang ada pada sekujur tubuh. Saluran utama atau biasa disebut Meridian Utama terbagi ke dalam 2 bagian 12 Meridian Utama dan 8 Meridian Istimewa :

12 Meridian Utama

Meridian ini terdiri dari meridian utama tiap organ dalam yang biasa disebut dengan Zangfu, pada meridian ini terbagi lagi dalam 4 bagian sesuai dengan konsep Yinyang

1. Tiga Meridian Yin dari Tangan yaitu :
  • Meridian Paru-paru dari Taiyin Tangan 
  • Meridian Perikardium dari Jueyin Tangan 
  • Meridian Jantung dari Shaoyin Tangan 

2. Tiga Meridian Yang dari Tangan yaitu :
  • Meridian Usus Besar dari Yangming Tangan 
  • Meridian Tripemanas dari Shaoyang Tangan 
  • Meridian Usus Halus dari Taiyang Tangan 

3. Tiga Meridian Yin dari Kaki yaitu :
  • Meridian Limpa dari Taiyin Kaki 
  • Meridian Ginjal dari Shaoyin Kaki 
  • Meridian Hati dari Jueyin Kaki 

4. Tiga Meridian Yang dari Kaki yaitu :
  • Meridian Lambung dari Yangming Kaki 
  • Meridian Kantung Empedu dari Shaoyang Kaki 
  • Meridian Kandung Kemih dari Taiyang Kaki 

8 Meridian Extra

Meridian Extra atau biasa disebut meridian istimewa merupakan meridian pelengkap dari 12 Meridian Utama, walaupun meredian istimewa ini tidak berhubungan dengan organ dalam tapi meridian ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempererat hubungan dari tiap-tiap Meridian Organ Dalam, sehingga jika meridian istimewa ini dapat di stimulasi akan memberikan efek pada setiap meridian yang ia lewati.

Ren Mai (Kapal Konsepsi), Du Mai (Pemerintahan Kapal), Chong Mai (Mendorong Kapal), Yin Qiao (Yin), Yang Qiao (Yang), Yin Wei, Yang Wei, dan Mai Dai (Girdling, Sabuk Kapal)

Kolateral (Luo)

Kolateral merupakan cabang dari Merdian Utama yang sering disebut juga sebagai titik Luo. Meridian ini menghubungan organ Zang dengan Zang, organ Zang dengan Fu, Organ Fu dengan Fu, dan menghubungkan Organ Zangfu dengan jaringan-jaringan dalam tubuh.

Saluran Kolateral terbagi 3 bagian :
  1. 15 Kolateral Utama (Luomai) yaitu Ligue (Lu. 7), Tongli (Ht. 5), Neiguan (Pc. 6), Zhizheng (Si 7), Pianli (Li.6), Waiguan (Sj. 5), Feiyang (Bl. 58), Guangming (Gb. 37), Fenglong (St. 40), Gongsun (Sp. 4), Dazhong (Ki. 4), Ligou (Lv. 5), Changqiang (Gv. 1), Jiuwei (Cv. 15) dan Dabao (Sp. 21) 
  2. Kolateral Permukaan (Fuluo) merupakan jalur kolateral yang membagi cabang kecil meridian atau kapiler 
  3. Kolateral Tersier (Sun Luo) merupakan kolateral yang berada dibawah permukaan kulit berfungsi untuk mengirimkan Xue (darah) dan qi 

Saluran utama dan kolateral membawa Qi (energi) dan Xue (darah) , menghubungkan organ, tungkai, sendi dan merupakan titik temu antara bagian luar dan dalam tubuh. Saluran Utama dan kolateral memiliki urutan dan organ tersendiri, bisa mencerminkan setiap penyakit yang berkaitan dengan organ tertentu.

Titik akupunktur adalah titik tempat bertemunya gabungan urat saraf. Ada 720 titik akupunktur dalam tubuh manusia, 108 di antaranya merupakan titik akupunktur vital. Penyakit tertentu bisa diobati dengan menstimulasi titik akupunktur ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI