Ternyata Karakter Yin Yang Bersifat Relatif dan TIDAK MUTLAK


Pemahaman Yinyang tidak berupa hal yang mutlak tetapi bersifat relatif tergantung dari pembandingnya dan beberapa faktor yang mempengaruhinya sebagai mana istilah dibawah ini.
Di dalam Yin ada Yang, begitun di dalam Yang ada Yin.

Yin TIDAK MUTLAK Yin

Contohnya, ketika malam hari adalah aspek Yin. Jika mutlak Yin harusnya gelap gulita tanpa cahaya. Tetapi yang terjadi pada kenyataannya adalah ada cahaya bulan atau ada cahaya penerangan yang merupakan aspek dari Yang.

Yang TIDAK MUTLAK Yang

Di siang hari, aspek Yang harusnya tanpa ada kegelapan sama sekali, tetapi di siang hari ada bayangan pohon, ada gua yang gelap, ada rumah yang menaungi dari cahaya langsung dari matahari.

Dari kedua hal diatas fenomena tersebut juga terdapat dalam tubuh manusia, sebagaimana halnya
pada wanita yang bersifat dominan Yin, tetap saja ada hormon testosteron nya. Pada dirinya ada sedikit jiwa maskulin nya begitu pun juga sebaliknya. Mana yang menonjol tergantung pembentukan gaya hidup, lingkungan dll.

Pada organ tubuh manusia, ada Yin Yang di dalamnya, seperti Ginjal yang termasuk organ Yin karena bentuknya padat, tetapi pada Ginjal ada aspek Yin dan Yang. Begitupun organ Jantung, di dalamnya ada Qi untuk memompa yang bersifat Yang dan ada darah yang bersifat Yin.

Seburuk-buruknya manusia masih ada sifat baiknya dan sebaik-baik manusia ada sifat buruknya juga. Karena itu tidak boleh kita membenci, mengagungkan secara berlebihan.

Yin Yang Relatif, Dapat Berubah-ubah Sesuai Faktor yang Mempengaruhi.

Keseimbangan Dan Memudar Menguatnya Kekuatan Yin Yang

Teori Yin Yang mengemukakan bahwa segala sesuatu yang berada pada posisi saling bertentangan tidak akan diam saja, keduanya akan selalu melakukan proses perubahan, saling mempengaruhi, saling tarik menarik. TCM menggunakan cara pandang ini untuk menggambarkan perubahan cuaca pada alam, kepada perubahan fisiologi dan patologi dalam tubuh manusia.

Memasuki perubahan musim semi menuju ke musim panas, unsur dingin secara bertahap berkurang dan unsur panas bertahap bertambah, ini disebut sebagai Yin berkurang dan Yang bertambah. Pada perubahan musim gugur menuju musim dingin, panas secara bertahap berkurang dan dingin secara bertahap bertambah, ini disebut Yang berkurang dan Yin bertambah.

Dalam tubuh manusia, ketika kita bergerak aktif (Yang), secara tidak langsung kita menghabiskan Yin yaitu nutrisi dalam tubuh yang bersifat relatif Yin dibanding Qi yang digunakan. Ini gambaran dari kekuatan Yang bertambah, Yin berkurang. Sebaliknya, jika bertambah atau menumpuknya nutrisi (Yin) akan mengakibatkan aktifitas (Yang) menjadi rendah. Pada kondisi normal bertambah atau berkurangnya Yin Yang, yaitu hubungan saling membatasi, berada dalam kedudukan yang relatif seimbang.

Dalam keadaan abnormal kondisi harmonis dari hubungan saling membatasi menjadi terganggu, maka kondisi seperti ini akan terjadi ekses (berlebihan) atau defisiens (lemah, kekurangan) yang menghasilkan penyakit.

Hubungan Saling Mengubah Antara Yin Dan Yang

Teori Yin Yang menyebutkan bahwa dalam kondisi tertentu Yin dapat berubah menjadi Yang dan Yang dapat berubah menjadi Yin. Ketika Yin melewati batasannya (Yang tertindas sampai habis), maka posisinya akan menjadi terbalik yakni Yin berubah menjadi Yang.

Ketika berlebihan, dingin berubah menjadi panas dan ketika berlebihan panas berubah menjadi dingin, kutipan ini berasal dari kitab Kaisar kuning, Huangdi Nei Jing. 

Maksud dari pernyataan diatas menunjukkan kepada transformasi atau perubahan Yin dan Yang.

Penyakit kategori panas dapat berubah menjadi dingin, kondisi ekses dapat berubah menjadi defisiensi. Penyakit tipe panas ekses harus ditangani dengan herbal yang bersifat dingin jika dibiarkan tidak ditangani atau ditangani secara tidak tepat, maka kondisi tersebut akan memburuk dan pasien menjadi lemah masuk pada kondisi defisiensi.

Penyakit akut masuk pada kategori Yang, karena akut itu datangnya cepat. Jika tidak diobati sesuai sindrom nya dengan tepat, maka lama kelamaan akan menguras energi tubuh (Qi /Yang) sehingga berubah menjadi penyakit kronis (Yang)

Tentang Yin ekses berubah menjadi Yang, jika di semesta bisa kita lihat di saat malam bertambah malam, gelap bertambah gelap, dingin bertambah dingin, Yin bertambah Yin sampai pada akhirnya terbitlah aspek Yang yaitu terbit matahari. Dunia menjadi terang, bertambah terang, panas bertambah panas, Yang bertambah Yang sampai di titik paling panas dan turun berubah menjadi Yin dengan datangnya kegelapan yaitu malam.

Dalam terang masih ada kegelapan, Dalam gelap, masih ada penerangan.
Tidak ada Yin absolut, tidak ada Yang absolut. Semua relatif.

Dan selama malam masih berganti siang, dan siang masih berganti malam. Selama Yin masih ber-transformasi menjadi Yang dan Yang masih ber-transformasi menjadi Yin maka itulah kehidupan

Selama nutrisi masih ber-transformasi menjadi Qi dan Qi bisa menghasilkan nutrisi maka manusia masih bisa melanjutkan kehidupannya.

Sumber : Channel Telegram Teori diagnosa TCM

Related Posts

Subscribe Our Newsletter