Titik Wu Shu/ Titik Komando dalam Akupunktur

Titik Wu Shu/ Titik Komando

Letak Wu Shu berada dibawah siku atau lutut, titik ini terbagi 5 bagian :
  1. Cin (Sumur/Sumber) 
  2. Yung (parit-aliran kecil/mengalir) 
  3. Shu (arus menuang-kali kecil/pusaran) 
  4. Cing (sungai arus besar/aliran menyebar) 
  5. He (lautan bermuara) 
Qi mengalir dalam meridian dari ujung tangan dan ujung kaki keatas, bergabung pada daerah siku/ lutut, bagaikan mengalirnya air dari kecil sampai besar, dari dangkal menjadi dalam, berkembang dengan perlahan lahan.

Tempat keluar disebut Cin, tempat masuk disebut He. Cin mengontrol penuh pada bawah ulu Hati, Yung mengontrol demam, Shu mengontrol badan berat ruas tulang nyeri, Cing mengontrol sesak nafas batuk, demam dingin, He mengontrol Qi (energi) terbalik dan mencret

Titik Cin dapat digunakan untuk terapi perasaan penuh di daerah dada dan bawah Jantung, titik Yung dapat digunakan untuk penyakit bersifat panas, titik Shu dapat digunakan untuk nyeri sendi dan  perasaan berat pada ekstremitas dan tubuh, titik Cing dapat digunakan untuk terapi penyakit demam, batuk dan sesak, titik He dapat digunakan untuk menangani Qi (energi) mengalir ke arah berlawanan.

Secara umum titik Cin cocok untuk penyakit mentalitas yang ada pada organ Zang. Titik Yung, titik
Shu, titik Cing cocok untuk sindrom penyakit pada bagian yang menyusuli rute luar meridian (meridian luar). Titik Cing dari meridian Yin kontrol penyakit Zang dalam. Titik He cocok untuk penyakit organ Fu (terutama untuk titik He bawah).

Titik Cin umumnya terletak pada ujung jari tangan atau kaki, titik Yung umumnya adalah titik kedua dari ujung kaki, titik Shu umumnya pada pergelangan tangan atau kaki, titik Cing terletak diatas pergelangan tangan atau kaki, sedangkan titik He terletak pada daerah siku atau lutut.

Titik Wushu merupakan titik penting yang sering digunakan untuk terapi penyakit Zangfu, kepala,
dan Jingluo

Untuk lebih detai mengenai Titik Wu Shu/ Titik Komando dalam Akupunktur silahkan lihat gambar tabel dibawah ini.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter