Penanganan Terapi

Penanganan Akupunktur Gastritis (Nyeri Lambung)

Azdah Blogger Azdah Blogger
Februari 25, 2021
0 Komentar
Beranda
Penanganan Terapi
Penanganan Akupunktur Gastritis (Nyeri Lambung)

Gastristis karena Stagnasi Qi dan Dingin

Nyeri lambung ini diakibatkan karena serangan udara dingin yang ekstrem atau serangan dingin pada orang-orang yang punya dasar kelemahan pada perutnya.

Gejala utama Gastristis :

Rasa nyeri yang tumpul di daerah epigastrium yang akan berkurang dengan penekanan dan kehangatan tapi memburuk pada suasana atau cuaca dingin, kelemahan umum, mual dan regurgitas/muntah cairan encer, selaput lidah putih tipis dengan nadi lambat. Pada kasus yang kronis biasanya kaki sering terasa dingin akibat lemahnya Qi Limpa.

Prinsip Terapi :

Pilih titik-titik pada Su-belakang dan meridian Ren sebagai titik utama, dengan teknikb tonifikasi dan penghangatan. Pilih titik CV. 12 Zhongwan, CV. 6 Qihai, Bl. 20 Pishu, PC. 6 Neiquan, St. 36 Zusanli dan Sp. 4 Gongsun, GV. 14 Dazhui untuk mengusir pathogen dingin dan gejala yang dimunculkannya.

Gastristis karena Akumulasi Panas Lembab

Gejala Utama :

Sakit distending dan rasa terbakar pada epigastrium yang mungkin timbul setelah makan, muntah, ketidak nyamanan dalam gastrik dengan regugitation asam.

Titik terapi :

Zhong wan ( CV. 12 Perut Bagian Tengah )
Liang Men (St. 21 Tiang Pintu)
San Yin Jiao ( Sp. 6 Titik Persimpangan Tiga Yin )

Gastristis Akut karena Retensi Makanan

Nyeri lambung akibat adanya sumbatan makanan dalam lambung karena makan yang tidak teratur, berlebihan atau banyak makan makan yang mentah dan dingin.

Gejala Utama :

Nyeri yang tumpul didaerah epigastrium yang akan bertambah jika jika ditekan atau setelah makan atau setelah muntah, sendawa berbau, memuntahkan makanan yang tidak tercerna, tidak nafsu makan, stools yang sulit, selaput lidah tebal dan lengket serta nadi yang dalam, kuat dan bergulir.

Titik Terapi :

Pilih titik-titik pada Mu-depan dan meridian Yang Ming dengan teknik pelemahan (sedasi) pada titik CV. 11 Jianli, PC. 6 Neiquan, St. 36 Zusanli dan St. 44 Neiting untuk mengusir pathogen dingin dan gejala yang dimunculkannya titik lainnya Zhong wan ( CV. 12 Perut Bagian Tengah ) Xiawan (CV. 10 Perut Bagian Bawah) Zu San Li ( St. 36 Tiga Mil atau Kaki)

Gastristis Kronis karena tekanan Gan Qi pada Wei

Nyeri lambung karena defisiensi Lambung akibat tekanan dari Qi hati yang melonjak karena kecemasan, kemarahan dan depresi.

Gejala utama :

Nyeri hilang timbul di daerah epigastrik yang menjalar sampai hipokondriak dan timbul setelah makan, semangat lemah, sendawa yang diiringi mual muntah, regurgitas /sendawa asam, perut kembung, tidak nafsu makan, selaput lidah putih tipis dengan nadi seperti kawat.

Teknik Terapi :

Lemahkan Liv. 14 Qimen, CV. 12 Zhongwan, BL. 18 Ganshu, PC. Neiquan, ST. 36 Zusanli, Liv. 3 Taichong.

Untuk melihat deskripsi titik akupunktur di atas, dapat kamu lihat di aplikasi android Acupoint Azdah, jika belum punya silahkan Download Acupoint Azdah

Untuk melihat titik kasus akupunktur yang lain, bisa di buka di apk Acupoint Azdah PRO dan SPRO
Buka Menu Drawer

Buka menu Titik Kasus

Kamu bisa mencari titik kasus umum akupunktur lainnya disini 

Penulis blog

Tidak ada komentar