Ads 720 x 90

Penanganan Akupunktur Gastritis (Nyeri Lambung)


Gastristis karena Stagnasi Qi dan Dingin

Nyeri lambung ini diakibatkan karena serangan udara dingin yang ekstrem atau serangan dingin pada orang-orang yang punya dasar kelemahan pada perutnya.

Gejala utama Gastristis :

Rasa nyeri yang tumpul di daerah epigastrium yang akan berkurang dengan penekanan dan kehangatan tapi memburuk pada suasana atau cuaca dingin, kelemahan umum, mual dan regurgitas/muntah cairan encer, selaput lidah putih tipis dengan nadi lambat. Pada kasus yang kronis biasanya kaki sering terasa dingin akibat lemahnya Qi Limpa.

Prinsip Terapi :

Pilih titik-titik pada Su-belakang dan meridian Ren sebagai titik utama, dengan teknikb tonifikasi dan penghangatan. Pilih titik CV. 12 Zhongwan, CV. 6 Qihai, Bl. 20 Pishu, PC. 6 Neiquan, St. 36 Zusanli dan Sp. 4 Gongsun, GV. 14 Dazhui untuk mengusir pathogen dingin dan gejala yang dimunculkannya.

Gastristis karena Akumulasi Panas Lembab

Gejala Utama :

Sakit distending dan rasa terbakar pada epigastrium yang mungkin timbul setelah makan, muntah, ketidak nyamanan dalam gastrik dengan regugitation asam.

Titik terapi :

Zhong wan ( CV. 12 Perut Bagian Tengah )
Liang Men (St. 21 Tiang Pintu)
San Yin Jiao ( Sp. 6 Titik Persimpangan Tiga Yin )

Gastristis Akut karena Retensi Makanan

Nyeri lambung akibat adanya sumbatan makanan dalam lambung karena makan yang tidak teratur, berlebihan atau banyak makan makan yang mentah dan dingin.

Gejala Utama :

Nyeri yang tumpul didaerah epigastrium yang akan bertambah jika jika ditekan atau setelah makan atau setelah muntah, sendawa berbau, memuntahkan makanan yang tidak tercerna, tidak nafsu makan, stools yang sulit, selaput lidah tebal dan lengket serta nadi yang dalam, kuat dan bergulir.

Titik Terapi :

Pilih titik-titik pada Mu-depan dan meridian Yang Ming dengan teknik pelemahan (sedasi) pada titik CV. 11 Jianli, PC. 6 Neiquan, St. 36 Zusanli dan St. 44 Neiting untuk mengusir pathogen dingin dan gejala yang dimunculkannya titik lainnya Zhong wan ( CV. 12 Perut Bagian Tengah ) Xiawan (CV. 10 Perut Bagian Bawah) Zu San Li ( St. 36 Tiga Mil atau Kaki)

Gastristis Kronis karena tekanan Gan Qi pada Wei

Nyeri lambung karena defisiensi Lambung akibat tekanan dari Qi hati yang melonjak karena kecemasan, kemarahan dan depresi.

Gejala utama :

Nyeri hilang timbul di daerah epigastrik yang menjalar sampai hipokondriak dan timbul setelah makan, semangat lemah, sendawa yang diiringi mual muntah, regurgitas /sendawa asam, perut kembung, tidak nafsu makan, selaput lidah putih tipis dengan nadi seperti kawat.

Teknik Terapi :

Lemahkan Liv. 14 Qimen, CV. 12 Zhongwan, BL. 18 Ganshu, PC. Neiquan, ST. 36 Zusanli, Liv. 3 Taichong.

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI