Lho kok bisa, Bersin Karena Cahaya


Saya menyimak banyak orang memiliki kecenderungan bersin sewaktu mereka pindah dari kondisi gelap ke kondisi terang benderang. Apa penyebabnya?
D. Boothroyd Harpenden, Hertfordshire, Inggris

Alasannya adalah karena adanya sejumlah foton yang masuk kedalam hidung

Mungkin jawabannya cukuklah sederhana, ketika cahaya matahari menyinari suatu daerah, khususnya yang terlindungi atau tertutup oleh kaca, tempat itu mengalami kenaikan temperatur lokal yang tidak sedikit. Ini menyebabkan udara menjadi hangat dan bergerak ke atas. Aliran udara tersebut biasanya mengangkut berjuta-juta partikel debu dan bulu-bulu. Partikel-partikel inilah yang secara harfiah masuk ke dalam hidung seseorang ketika ia menemukan kondisi tersebut. Itu sebabnya ia bersin.

Kecenderungan bersin ketika diterpa cahaya benderang disebut photic sneeze. Ini adalah sebuah sifat genetik yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan dialami oleh 18 persen hingga 35 persen penduduk dunia.

Bersin terjadi akibat gerak refleks yang berfungsi melindungi mata dalam hal ini ketika orang tiba-tiba masuk ke tempat yang terang benderang dan kebetulan hidung tergabung dalam sistem yang sama.

Photic Sneeze dianggap berbahaya bagi pilot pesawat tempur, tertuama ketika mereka tiba-tiba harus berbelok menghadap matahari atau tiba-tiba terkena cahaya lampu sorot pasukan artileri pertahanan udara musuh pada malam hari.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter