Artikel Menarik Tentang Akupunktur

Demam Harus di Kompres Hangat atau Dingin? Simak ini dalam pandangan Ilmu Akupunktur

Azdah Blogger Azdah Blogger
Juni 02, 2023
1 Komentar
Beranda
Artikel Menarik
Tentang Akupunktur
Demam Harus di Kompres Hangat atau Dingin? Simak ini dalam pandangan Ilmu Akupunktur


Disklaimer

Sebelumnya saya ingin disklaimer terlebih dahulu, bahwa yang akan saya jelaskan disini tentang demam dalam pandangan ilmu TCM Akupunktur. Sekilas sangatlah sederhana tetapi pada kenyataannya ini memerlukan pandangan ilmu diagnosa yang cukup mumpuni. Jadi saya sarankan kepada pembaca untuk tidak sembarangan mengamalkan apa yang ada dalam artikel ini.

Apa Itu Demam ?

Demam adalah suatu proses meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38°c. Tujuan dari Demam adalah untuk melawan infeksi atau bahasa sederhananya demam merupakan respon imunitas terhadap penyakit yang masuk kedalam tubuh. Sedangkan demam itu terjadi disebabkan karena adanya infeksi.

Infeksi merupakan penyebab penyakit yang diakibatkan oleh masuknya mikroba asing atau patogen kedalam tubuh seperti virus, bakteri dan jamur.

Demam yang berhari-hari seringkali membuat kita merasa gelisah karena suhu tubuh yang tidak kunjung kembali normal. Biasanya kita akan berusaha untuk menurunkan suhunya dengan melakukan kompres seperti menggunakan air hangat ataupun air dingin.

Mana yang lebih baik Kompres Air Hangat atau Air Dingin?

Secara medis melakukan kompres dengan air hangat lebih baik dari pada air dingin. Hal ini disebabkan ketika suhu tubuh meningkat lalu dikompres dengan air hangat, maka sistem hipotalamus yang bertugas untuk mengatur suhu dalam tubuh akan merespon ketika bagian luar tubuh seperti dahi, leher atau ketiak memiliki suhu yang lebih tinggi sehingga memberikan stimulan kepada hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh.

Sedangkan dalam ilmu TCM kompres air hangat dan dingin keduanya sama-sama dapat membantu menurunkan suhu tubuh akibat demam, tentunya ini ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan.

Demam dalam Pandangan Tradisional Pengobatan Cina

Terdapat 2 tipe Demam dalam ilmu akupunktur, yaitu :
  1. Demam Tipe Panas : Demam ini membuat suhu tubuh meninggi tetapi tidak ada sensasi serasa dingin.
  2. Demam Tipe Dingin : Demam ini bukan berarti suhu tubuhnya dingin, tetapi yang dimaksud adalah demam yang disertai dengan sensasi dingin dan suhu tubuh yang meningkat. Demam seperti ini biasa kita dikenal sebagai Demam Panas DIngin.

Pemakaian konsep kompres air hangat dan dingin pada 2 tipe demam diatas sama seperti medis dengan merangsang hipotalamus untuk menaikkan atau menurunkan suhu tubuh.

Untuk Demam Tipe Panas sangat cocok menggunakan kompres air hangat, hal ini seperti yang sudah sebelumnya dijelaskan dapat membuat respon hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh.

Nah.. untuk Demam Tipe Dingin ini kurang efektif jika kita melakukannya dengan kompres air hangat. Walaupun berhasil menurunkan suhu tubuh tetapi si pesakit akan merasa semakin kedinginan. Hal ini disebabkan karena hipotalamus memberikan respon untuk menurunkan suhu tubuh.

Fungsi hipotalamus mengendalikan suhu tubuh dari dalam hingga keluar. Pada kasus Demam Tipe Dingin sangat cocok sekali jika melakukan kompres dengan menggunakan air Dingin, agar hipotalamus dapat memberikan respon untuk menaikkan suhu tubuh dari dalam. Hal ini akan menyebabkan tubuh pesakit menjadi lebih hangat.

Acuan tersebut sesuai dengan konsep dalam teori Yinyang, bahwa Yin dapat berubah menjadi Yang begitupun juga sebaliknya Yang dapat berubah menjadi Yin. Jika persyaratannya terpenuhi yaitu tingkat kualitas dingin telah mencapai tingkat ekstrim maka akan berubah menjadi panas.

Memberikan kompres air dingin pada Demam Tipe Dingin dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan suhu dipermukaan tubuh akan turun. Konsep ini pun juga berlaku pada Demam Tipe Panas ketika diberikan stimulan air hangat dapat menurunkan suhu dan mendinginkan tubuh.

Selama demam belum menghabiskan cairan dan darah, melakukan kompres dapat menjadi pertolongan pertama untuk mencegah tubuh agar tidak dehidrasi dan dapat segera pulih kembali.

Hal ini telah saya praktekan kepada pasien yang mengalami Demam Tipe Dingin dengan menyarankannya mandi menggunakan air dingin. Alhasil suhu tubuhnya dapat turun dan badannya terasa lebih hangat, ringan juga bertenaga.

Penulis blog

1 komentar

  1. Abdullah
    Abdullah
    28 Desember 2023 pukul 19.25
    Nice info kk