Haruskah Melakukan Penjaruman Akupunktur di Kedua Bagian Tubuh Kanan dan Kiri?


Pada post kali ini terinspirasi dari sebuah pertanyaan cerdas dari saudara Harsono yang bertanya melalui Whatsapp pagi ini dihari 23 Ramadhan 1442 H atau 5 Mei 2021.

Pertanyaan yang sangat jarang di lontarkan bahkan saat saya masih belajar akupunktur sekalipun tidak pernah terpikirkan untuk menanyakan apakah untuk melakukan penjaruman harus di bagian kanan atau kiri atau keduanya?


Sebetulnya dalam teori akupunktur tidak ditemukan teori tentang aturan penjaruman harus di sebelah kanan atau kiri atau harus kedua sisi untuk 12 Meridian Utama, dalam teorinya penjaruman dilakukan di meridian yang menjadi keluhannya jika di bagian kiri maka tusuk bagian kiri, tapi ada titik akupunktur yang perlu kita tusuk di luar meridian keluhannya apakah harus dibagian kiri atau bagian kanan? tapi saya bisa menjawab hal ini berdasarkan pengalaman saya selama praktek akupunktur.

Saya sendiri dalam melakukan terapi akupunktur cenderung menyilangkan titik akupunktur, tidak selalu melakukan penjaruman di 1 bagian tubuh saja, seperti bagian kiri saja ataupun bagian kanan saja. Tentunya pemilihan apakah penjaruman harus bagian kanan atau kiri atau bisa di keduanya itu tergantung dari kondisi pasiennya sendiri dan ini merupakan optional atau pilihan bagi seorang praktisi akupunktur.

Teknik yang biasa saya gunakan untuk memilih bagian mana yang akan dilakukan penjaruman dengan mencari titik akupunktur yang paling terasa pegal atau sakit saat di tekan, setelah itu baru melakukan penjaruman. Dengan teknik ini biasanya penjaruman akupunktur tidak akan cenderung di 1 bagian tubuh saja dan dengan teknik mencari titik akupunktur yang paling pegal atau sakit saat di tekan dapat memberikan reaksi akupunktur yang sangat kuat dan memberikan efek kesembuhan yang cepat.

Penjaruman pada kedua sisi kanan dan kiri biasanya dilakukan untuk tujuan penguatan atau jika pasien memiliki keluhan yang sama di kedua sisi bagian tubuhnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan di post kali ini, semoga bisa membantu.

Salam terapis salam sehat salam Azdah.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

2 komentar untuk " Haruskah Melakukan Penjaruman Akupunktur di Kedua Bagian Tubuh Kanan dan Kiri?"

  1. Cakep akang 🤣
    Terima kasih kang penjelasannya luar biasa mantap 👍😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Buka artikel TerapiJarum.com dengan aplikasi android