Download Ebook Akupunktur Medik


Pada dasarnya Akupunktur Medik atau dikenal dengan Medical Acupuncture adalah ilmu akupunktur yang dikembangkan dari akupunktur klasik.

Pada dasarnya ilmu Akupunktur Medik memiliki dasar yang sama, hanya saja Akupunktur Medik mengubah dasar berfikir dari falsafah yang ada di akupunktur klasik ke pemikiran dasar biomedik. Istilah biomedik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tubuh manusia, penyakit dan teknologi yang menunjangnya. 

Pengetahuan Akupunktur Klasik yang memenuhi kriteria ilmiah biomedik menjadi bagian Akupunktur Medik, menyisihkan sejumlah pengetahuan akupunktur klasik yang tidak memenuhi kriteria, seperti tidak adanya konsep Yinyang, Pergerakan 5 Unsur, Fenomena Organ dan sistem meridian.

Sitem meridian yang ada dalam Ilmu Akupunktur Klasik belum bisa masuk kedalam ilmu Akupunktur Medik yang berdasarkan cara pikir biomedik, walaupun telah ada beberapa penelitian tentang adanya sistem meridian tapi sampai saat ini belum bisa diakui keberadaannya.

Walaupun demikian Akupunktur Medik tetap merupakan hasil perkembangan dari ilmu Akupunktur Klasik, untuk kelebihan dan kekurangannya anda dapat menilainya sendiri.

Beberapa titik akupunktur yang sudah berhasil dibukukan secara biomedik telah dirangkum dalam ebook ini yang terbagi ke dalam 5 kelompok yaitu
  1. Titik Akupunktur Kepala, Wajah Leher
  2. Titik Akupunktur Dorsal Tubuh
  3. Titik Akupunktur Ventral Tubuh
  4. Titik Akupunktur Pundah dan Ekstremitas Superior
  5. Titik Akupunktur Ekstremitas Inferior 

Download Ebook Akupunktur Medik