Beranda
Artikel Menarik
Penanganan Terapi
Teknik Terapi
Tentang Akupunktur
Thibbun Nabawi
Teknik Terapi Defisiensi dengan Bekampunktur

Hallo sobat Terapi Jarum, kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang cukup menarik untuk saya bagikan di blog ini.

Mungkin sudah ada yang pernah melakukan teknik satu ini, saya sendiri melakukan teknik ini karena pernah melihat praktek terapi satu ini dalam sebuah video, sayangnya saya lupa video tentang apa. Sebut saja teknik ini dengan istilah Bekampunktur agar lebih mudah di ingat dan di pahami.

Apa itu Bekampunktur ?

Bekampunktur adalah suatu teknik yang mengabungkan dua teknik terapi yaitu Bekam dan Akupunktur secara bersamaan pada satu titik. Bukan Bekam Sinergi ya, Bekampunktur dan Bekam Sinergi itu jelas-jelas merupakan hal yang berbeda walaupun keduanya sama-sama teknik gabungan dari ilmu Bekam dan Pengobatan Cina.

Yaa perbedaanya adalah dari perpaduannya, jika Bekam Sinergi merupakan gabungan dua konsep berbeda, sedangkan Bekampunktur ini adalah gabungan aplikasi terapi antara Bekam dan Akupunktur seperti dibawah ini.

Teknik Terapi Bekampunktur

Ada beberapa reaksi ketika orang tau teknik satu ini, ada yang heran, ada yang aneh, ada yang penasaran dll.

Konsep Bekampunktur

Konsep Bekampunktur adalah teknik penguatan akupunktur, biasanya teknik akupunktur dilakukan dengan beberapa cara seperti menjetik, diputar-putar dan lain sebagainya seperti yang telah dijelaskan pada artikel Metode Tonifikasi dan Sedasi Akupunktur.

Konsep penguatan pada Bekampunktur adalah melakukan teknik penguatan rangsangan pada titik akupunktur dengan menggunakan alat bekam, maka Bekampunktur sangat cocok pada kasus kelemahan atau defisiensi.

Untuk durasi yang saya aplikasikan pada teknik ini biasanya sampai rangsangan DEQI pada titik Bekampunktur nya hilang atau maksimal 30 menit.

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Bekampunktur

Untuk melakukan Bekampunktur sendiri sangatlah mudah, anda hanya perlu meletakan Cupping Bekam pada titik jarum akupunktur, lakukan penghisapan bekam dengan tekanan yang ringan dan pastikan titik akupunktur harus sudah DEQI.

Manfaat Bekampunktur

Untuk manfaat dari teknik terapi Bekampunktur ini seperti yang telah dijelaskan bahwa teknik ini sangat cocok pada pasien dengan keluhan defisiensi seperti defisiensi energi misalnya, menghilangkan gejala keluhan yang bersifat menyebar atau tipe YIN.

Mungkin cukup menarik bagi saya untuk membagikan sedikit ilmu ini, semoga bermanfaat, jika sudah ada yang mempraktekan teknik, mungkin anda bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar dibawah post ini ya.

Salam Terapi Jarum

Penulis blog

8 komentar

  1. Rumah Therapi Ar Rasyid
    Rumah Therapi Ar Rasyid
    12 Agustus 2020 pukul 15.53
    Beksmpuntur menggunakan titik akupuntur atau gimana?
    Mohon pencerahannya...
    1. Terapi jarum
      Terapi jarum
      12 Agustus 2020 pukul 16.54
      Iy betul menggunakan titik akupunktur. cupping bekam dengan teknik bekam kering sebagai penguatan rangsangan titik akupunktur...
  2. Fitria santa
    Fitria santa
    8 Agustus 2020 pukul 06.34
    Yang dimaksud titik DEQI itu apa ya shifu
    1. Azdah Blogger
      Azdah Blogger
      8 Agustus 2020 pukul 11.05
      Reaksi yang di timbulkan karena penjaruman dan menandakan datangnya energi (qi).

      Untuk lebih jelas silahkan buka artikel berjudul Apa itu Istilah De Qi di blog ini...

      https://www.terapijarum.com/2017/04/istilah-de-qi-te-chi-dalam-akupunktur.html
  3. Thabib ZULHAM
    Thabib ZULHAM
    7 Agustus 2020 pukul 22.47
    Jadi Bekampunktut itu dgn cara akupunktur dgn jarum, kemudian di atas jarum itu kita pasang kop bekam, apakah begitu ustadz?
    1. Azdah Blogger
      Azdah Blogger
      8 Agustus 2020 pukul 04.18
      Iya, betul sekali...
  4. WIJAYA PAYMENT
    WIJAYA PAYMENT
    6 Agustus 2020 pukul 20.12
    Assalamuallaikum ust. Bisa minta acupoint full color ST (lambung) ? Syukron
    1. Azdah Blogger
      Azdah Blogger
      7 Agustus 2020 pukul 05.30
      Boleh, silahkan download di https://www.terapijarum.com/2019/04/download-gambar-lokasi-460-titik-akupunktur.html, link sudah di perbaiki