Istilah “DE QI” (TE CHI) dalam Akupunktur

Terapi jarum atau biasa dikenal dengan terapi akupunktur sudah banyak sekali yang mengetahui manfaat luar biasa dari terapi ini, baik penanganan penyakit ringan sampai kasus penyakit yang berat.

Akan tetapi tahukah anda? bahwa terapi ini tidak hanya asal tusuk sana, tusuk sini dalam penusukan dan pemilihan titik seperti Cara Menentukan Titik Akupunktur.

Pada jarum akupunktur yang masih steril tidak ada obat apapun pada jarum tersebut, lalu kenapa terapi akupunktur dapat menyembuhkan sekian banyak penyakit?

Jawabannya adalah adanya sensasi penusukkan jarum yang merangsang tubuh.

Rangsangan tersebut disebut dengan De Qi atau dibaca “Te Chi” adalah suatu istilah yang menimbulkan reaksi penjaruman, dengan kata lain datangnya “Qi” yang biasanya diiringi dengan gejala : linu, berat, kebas, pegal, serta tegang (distention) disekitar titik atau penjalarannya dari atas ke bawah atau sebaliknya disepanjang meridian.

Faktor-faktor yang menyebabkan tidak mendapat De Qi adalah ;
  • Lokasi yang tidak tepat
  • Kondisi tubuh penderita yang lemah / kurang sensitif
  • Kedalaman penjaruman tidak tepat
  • Manipulasi yang kurang sempurna
Pada beberapa penderita yang tidak mendapat De Qi walaupun faktor diatas sudah terpenuhi, maka dapat kita ketahui bahwa penderita tersebut proses penyembuhannya lambat, pada kasus penderita seperti ini dapat diatasi dengan cara mengangkat jarum sampai kebawah kulit lalu ubah arah insersi jarum, apabila cara tersebut belum berhasil untuk mendapat De Qi maka jarum didiamkan 1-2 menit kemudian ulangi lagi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI