Bingung, Bagaimana Cara Menentukan Titik Akupunktur dalam Terapi?


Bagi kamu yang baru mengenal dan belajar akupunktur, tentu pasti merasa masih bingung bagaimana cara menentukan titik akupunktur.

Diluar sana memang banyak sekali kumpulan-kumpulan titik akupunktur untuk berbagai kasus yang bisa kamu gunakan, salah satunya ada di blog terapi jarum ini, tetapi pasti didalam hati bertanya-tanya bagaimana menentukan titik-titik akupunktur seperti ini.

Sebelum membahas lebih jauh, ada fakta menarik yang harus kamu ketahui yaitu bahwa tidak setiap kasus bisa ditangani dengan kumpulan titik yang sama, bahkan jika kamu tanya ke para suhu pasti jawaban mereka akan berbeda dalam menentukan titik akupunktur, pertanyaannya apakah titik-titik yang berbeda-beda itu bisa digunakan? tentu bisa. Lalu apa yang membuat setiap kali kamu bertanya ke suhu jawabannya berbeda-beda? hal ini dipengaruhi oleh konsep pikir, pemahaman dan pengalamannya dalam menangani kasus. Jadi jangan heran jika kamu bertanya ke suhu A dan B akan berbeda racikan titik akupunkturnya.

Pada teori akupunktur dasar sudah ada rumus untuk menentukan titik akupunktur seperti untuk penanganan organ gunakan titik Mu, Su, Yuan, Ibu atau Anak, sedangkan jika meridian menggunakan titik Luo dan Su dari Usu. Itu konsep dasar yang selama ini dipelajari, akan tetapi dalam kenyataannya titik tersebut tidaklah cukup untuk menangani keluhan klien. Maka ada trik dan cara bagaimana kamu bisa menentukan titik akupunktur.

Jumlah titik akupunktur kurang lebih ada 460 titik yang sudah tercatat, belum lagi ada titik-titik akupunktur extra. Dari banyaknya titik akupunktur, kamu bisa menentukan banyak titik.

Sebelum menentukan titik akupunktur, alangkah baiknya kamu melakukan diagnosa terlebih dahulu dan yang paling penting disini adalah kamu harus perhatikan keluhan utamanya.

Setelah melakukan diagnosa maka dapat disimpulkan apakah si klien mengalami masalah di organ atau tidak? lalu tentukan titik nya sesuai dengan rumus titik akupunktur organ atau meridian.

Selanjutnya kamu tinggal memilih titik support atau titik pendukung. Cara menentukannya adalah
  1. Pilih titik akupunktur pada daerah keluhan, ataupun sekitarnya.
  2. Pilih titik akupunktur dominan.
  3. Pilih titik akupunktur yang memiliki sifat khusus.
  4. Pilih titik akupunktur yang memiliki kombinasi titik khusus, seperti TIMI (Titik Induk Meridian Istimewa), Lu 5 dengan Sp 9 untuk menstabilkan Limpa dan Paru, Li 4 dan St 36 untuk mengusir patogen dan menguatkan imunitas, Bl 17 dan BL 18 untuk penguat darah, St 36 dan Sp 6 untuk mengatasi masalah pencernaan, stamina, nutrisi dll. Rn 4 dan Rn 6 untuk menguatkan Yuanqi.
4 point diatas tentu tidak perlu kamu tentukan titik-titiknya, pilih saja sesuai dengan kondisi dan keluhan si klien. 

Oh iya ada hal yang terkadang sering dilupakan oleh para praktisi akupunktur pemula adalah untuk orang yang defisiensi qi tidak saya sarankan untuk terlalu banyak menggunakan titik akupunktur karena akan dapat memperburuk kondisinya, sebaliknya jika si klien energinya cukup ataupun besar tidak masalah jika menggunakan banyak titik akupunktur.

Nah seperti itu bagaimana kamu bisa memilih titik akupunktur, mudah bukan dan sangat sederhana. Gunakan titik akupunktur dengan sangat bijak, selalu melakukan evaluasi dalam pemilihan titik, usahakan ambil titik yang paling efektif karena terapi akupunktur yang efektif tidak memerlukan banyak titik yang harus digunakan, semakin kamu ahli dalam akupunktur, tentunya titik akupunktur yang digunakan akan lebih sedikit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Salam Terapis Terapi Jarum.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

Tidak ada komentar untuk "Bingung, Bagaimana Cara Menentukan Titik Akupunktur dalam Terapi?"

Hosting Unlimited Indonesia