Teknik Terapi Tentang Akupunktur

Bingung, Bagaimana Cara Menentukan Titik Akupunktur dalam Terapi?

Azdah Blogger Azdah Blogger
Mei 08, 2022
0 Komentar
Beranda
Teknik Terapi
Tentang Akupunktur
Bingung, Bagaimana Cara Menentukan Titik Akupunktur dalam Terapi?

Bagi kamu yang baru mengenal dan belajar akupunktur, tentu pasti merasa masih bingung bagaimana cara menentukan titik akupunktur.

Diluar sana memang banyak sekali kumpulan-kumpulan titik akupunktur untuk berbagai kasus yang bisa kamu gunakan, salah satunya ada di blog terapi jarum ini, tetapi pasti didalam hati bertanya-tanya bagaimana menentukan titik-titik akupunktur seperti ini.

Sebelum membahas lebih jauh, ada fakta menarik yang harus kamu ketahui yaitu bahwa tidak setiap kasus bisa ditangani dengan kumpulan titik yang sama, bahkan jika kamu tanya ke para suhu pasti jawaban mereka akan berbeda dalam menentukan titik akupunktur, pertanyaannya apakah titik-titik yang berbeda-beda itu bisa digunakan? tentu bisa. Lalu apa yang membuat setiap kali kamu bertanya ke suhu jawabannya berbeda-beda? hal ini dipengaruhi oleh konsep pikir, pemahaman dan pengalamannya dalam menangani kasus. Jadi jangan heran jika kamu bertanya ke suhu A dan B akan berbeda racikan titik akupunkturnya.

Pada teori akupunktur dasar sudah ada rumus untuk menentukan titik akupunktur seperti untuk penanganan organ menggunakan titik Mu, Shu, Yuan, Ibu atau Anak dan Titik Dominan, sedangkan jika meridian menggunakan titik Yuan, Luo, Xi dan Titik Keluhan. Itu konsep dasar yang selama ini dipelajari, akan tetapi dalam kenyataannya titik tersebut tidaklah cukup untuk menangani keluhan klien. Maka ada trik dan cara bagaimana kamu bisa menentukan titik akupunktur.

Jumlah titik akupunktur kurang lebih ada 460 titik yang sudah tercatat, belum lagi ada titik-titik akupunktur extra. Dari banyaknya titik akupunktur, kamu bisa menentukan banyak titik.

Sebelum menentukan titik akupunktur, alangkah baiknya kamu melakukan diagnosa terlebih dahulu dan yang paling penting disini adalah kamu harus perhatikan keluhan utamanya.

Setelah melakukan diagnosa maka dapat disimpulkan apakah si klien mengalami masalah di organ atau tidak? lalu tentukan titik nya sesuai dengan rumus titik akupunktur organ atau meridian.

Rumus Akupunktur

Titik Kausal

Rumus titik akupunktur ini untuk megatasi penyakit yang penyebabnya ada pada meridian ataupun organ.
  • Meridian : Titik Luo dan Titik Su dari Usu
  • Organ Fu : Titik Yuan, Shu Belakang, Titik ibu dan anak (Titik Usu)
  • Organ Zang : Titik Mu, Titik Yuan, Titik ibu dan anak (Titik Usu)

Selanjutnya kamu tinggal memilih titik support atau titik pendukung lainnya untuk mengatasi gejala yang muncul. Caranya lihat rumus di bawah ini.

Titik Simptom

Pilih Titik Akupunktur Ahse Point. 

Titik Ahse Point adalah titik akupunktur yang berada di lokasi dimana keluhan berada, titik akupunktur ini bisa terdapat tepat didaerah keluhan langsung maupun disekitarnya. Sedangkan tujuan dari pemilihan titik ini untuk mengatasi keluhan simptom yang muncul.

Pilih Titik Dominan Akupunktur

Memilih titik dominan akupunktur dapat membantu untuk mengatasi masalah yang dikeluhkan klien. Jika keluhan klien berkaitan dengan otot maka pilih titik dominan otot, jika keluhan klien berkaitan dengan pembuluh darah maka pilih titik dominan pembuluh darah.

Dibawah ini adalah titik dominan akupunktur
  1. Dominan Pembuluh Darah : Lu 9. Taiyuan
  2. Dominan Tulang : Bl 11. Dazhu
  3. Dominan Angin : Bl 12. Fengmen
  4. Dominan Darah : Bl 17. Geshu
  5. Dominan Tendo / Urat : Gb 34. Yanglingquan
  6. Dominan Sumsum Tulang : Gb 39. Xuanzhong
  7. Dominan Organ Zang : Lv 13. Zhangmen
  8. Dominan Organ Fu : RN/CV 12. Zhongwan
  9. Dominan Energi / Qi : RN/CV 17 Danzhong

Pilih Titik Akupunktur yang Memiliki Kombinasi Titik Khusus, 

  • Seperti TIMI (Titik Induk Meridian Istimewa) yang memiliki jangkauan luas
  • Lu 5 dengan Sp 9 untuk menstabilkan Limpa dan Paru, 
  • Li 4 dan St 36 untuk mengusir patogen dan menguatkan imunitas, 
  • Bl 17 dan BL 18 untuk penguat darah, 
  • St 36 dan Sp 6 untuk mengatasi masalah pencernaan, stamina, nutrisi dll. 
  • Rn 4 dan Rn 6 untuk menguatkan Yuanqi.

Titik Suplemen

Merupakan titik akupunktur yang merangsang untuk memperbaiki nutrisi pada tubuh. Titik akupunktur yang dipilih adalah titik akupunktur yang memiliki titik pertemuan beberapa meridian.
  1. Du/Gv 14 : Pertemuan Meridian-merdian YANG dengan Meridian Du
  2. Sp 6 : Pertemuan 3 Meridian Yin Kaki
  3. Rn/Cv 3 : Pertemuan meridian Hati dan Ren
  4. Rn/Cv 4 : Pertemuan 3 Meridian Yin kaki dengan Meridian Ren 
  5. Lu 1 : Pertemuan Meridian Paru dan Limpa
  6. Pc 1 : Pertemuan Meridian Perikardium dengan Liver
  7. Bl 1 : Pertemuan Meridian Usus Kecil dengan Kandung Kemih
  8. Gb 1 : Pertemuan Meridian Tripemanas dengan Kandung Empedu
  9. Li 20 : Pertemuan Meridian Lambung dengan Usus Besar

Sebagus-bagusnya akupunktur bukan dilihat dari banyaknya titik akupunktur. Tetapi dari pemilihan titik yang baik dan sesuai dengan keluhan klien.

Oh iya ada hal yang terkadang sering dilupakan oleh para praktisi akupunktur pemula adalah untuk orang yang defisiensi qi tidak saya sarankan untuk terlalu banyak menggunakan titik akupunktur karena akan dapat memperburuk kondisinya, sebaliknya jika si klien energinya cukup ataupun besar tidak masalah jika menggunakan banyak titik akupunktur.

Nah seperti itu bagaimana kamu bisa memilih titik akupunktur, mudah bukan dan sangat sederhana. Gunakan titik akupunktur dengan sangat bijak, selalu melakukan evaluasi dalam pemilihan titik, usahakan ambil titik yang paling efektif karena terapi akupunktur yang efektif tidak memerlukan banyak titik yang harus digunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Salam Terapis Terapi Jarum.

Penulis blog

Tidak ada komentar