Adakah Tips untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Penusukan Jarum Bekam?


Bekam memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh, dimulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang kronik.

Tapi ada kalanya seorang terapis bekam mengahadapi kendala saat melakukan proses penusukan jarum bekam kepada pasien seperi rasa sakit saat penusukan jarum bekam. Pertanyaannya Adakah Tips untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Penusukan Jarum Bekam?

Jawabannya Ada, tapi sebelum masuk ke tips-tips nya, saya ingin berbagi pengamatan pribadi dalam menganalisa kenapa saat melakukan penusukan jarum bekam ada yang sakitnya biasa aja, ada yang luar biasa sakit bahkan ada yang kalem-kalem aja.

3 Penyebab Rasa Sakit saat Penusukan Jarum Bekam

1. Kelembaban Kulit

Kelembaban pada kulit yang baik adalah tidak terlalu basah ataupun kering, saat struktur kulit memiliki kelembaban yang baik maka saat melakukan penusukan jarum bekam tidak akan begitu sakit bahkan biasa saja. Sebaliknya pada saat kulit memiliki struktur yang kering, saat melakukan penusukan jarum akan sangat terasa.

2. Patogen Angin

Patogen angin adalah patogen yang mudah kita temui, selain dari itu patogen angin ini tidak bisa di anggap remeh ataupun sepele, karena patogen angin dapat membawa patogen lainnya.

Patogen angin memiliki karakteristik panas dan berpindah-pindah, gejala yang biasa muncul pada permukaan adalah badan pegal-pegal, linu-linu, permukaan kulit terasa sakit (kalau orang Sunda bilang PAREUREUS alias PEUREUS hehehe)

Jika kondisi pasien patogen anginnya sangat kuat maka dipastikan saat melakukan penusukan jarum bekam akan sangat terasa sakit, walaupun demikian solusinya tetaplah bekam.

3. Jarum Lancet yang Digunakan

Jarum lancet yang biasa di gunakan untuk bekam biasanya ukuran 21g. Ukuran tersebut sudah menjadi standart dalam terapi bekam selain memudahkan dalam proses penusukan jarum bekam, jarum ukuran 21g ditujukan untuk mengurangi dampak rasa sakit, semakin besar ukuran jarum seperti 23 atau 26 maka bentuk jarum akan jadi lebih kecil hal ini malah memberikan dampak terbalik yang akan membuat terasa sakit saat melakukan penusukan jarum bekam.

6 Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Penusukan Jarum Bekam

Setelah kalian mengetahui penyebab timbulnya rasa sakit saat penusukan jarum bekam dibawah ini ada beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit saat penusukan jarum bekam yang saya rangkum dari komentar-komentar para terapis bekam di group fb.
  1. Gunakan pen lancet kualitas baik
  2. Lakukan pemanasan dan relaksasi seperti dengan melakukan pemijatan, totok punggung, terapi rotan, bekam luncur.
  3. Lakukan bekam kering dengan durasi yang cukup 3-5 menit
  4. Berikan edukasi dan beritahu dulu saat akan melakukan penusukan
  5. Gunakan jarum lancet ukuran 21g
  6. Atur setelan kedalam jarum pada pen lancet atau lakukan penusukan jarum dengan posisi pen lancet miring.

Semoga 6 Tips di atas dapat membantu mengurangi rasa sakt saat melakukan penusukan jarum bekam, jika kalian punya pendapat dan ingin menambahkan silahkan isi di kolom komentar.

Salam Terapi Jarum, Selam Terapis, Salam sehat dan sukses...

Sumber :
https://facebook.com/groups/170503976331980?view=permalink&id=3177741248941556

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

2 komentar untuk "Adakah Tips untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Penusukan Jarum Bekam?"

Posting Komentar

Hosting Unlimited Indonesia