Ads 720 x 90

Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat


Sudah bukan hal yang asing lagi, masyarakat sekarang terutama Umat Islam di Indonesia telah mengetahui dan mengenal jenis terapi ini. Yap betul, Terapi Bekam yang merupakan terapi dalam ilmu Thibbun Nabawi.

Jenis Terapi Bekam ini dalam beberapa kurun waktu ternyata telah berkembang begitu pesat, seperti yang kita ketahui, berbekam sekarang telah menggunakan alat yang khusus, berupa gelas plastik dengan bahan yang kokoh, bahkan ada pula gelas bekam yang terbuat dari kaca. Selain berkembangnya alat bekam, ternyata teknik berbekam pun telah berkembang dengan berbagai teknik dalam prakteknya kita telah mengenal beberapa teknik bekam, diantaranya bekam kering, bekam tarik, bekam luncur, dan bekam api.

Tentu berkembangnya ilmu Terapi Bekam ini tidak cukup sampai sini saja, muncullah istilah baru yaitu Bekam Sinergi.

Apa itu Bekam Sinergi ?

Bekam Sinergi merupakan istilah baru pada zaman now gitu, yap istilah yang di populerkan oleh Achmad Ali Ridho seorang Dokter, Praktisi Bekam, Akupunktur dan Herbal dalam bukunya yang berjudul Bekam Sinergi, Rahasia Sinergi Pengobatan Nabi, Medis Modern & Traditional Chinese Medicine Edisi Penyempurnaan diterbitkan oleh Aqwamedika Solo tahun 2015.

Dalam bukunya menjelaskan tentang definisi Bekam Sinergi yaitu :
Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar dan 6 patogen eksternal yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Apa Sih Arti Kata Sinergi ?

Arti kata Sinergi dikutip dari kbbi.web.id adalah suatu kata kerja yaitu
Kegiatan atau operasi gabungan.
Maka Bekam Sinergi adalah konsep baru yang menggabungkan beberapa Ilmu, Teori dan Konsep baik secara Ilmu Medis, Ilmu Akupunktur, Ilmu Herbal, Ilmu Sindrom dan lain-lain.

Pada konsep Bekam Sinergi terdapat konsep Panas dan Dingin atau Yin dan Yang yang diambil dari teori Akupunktur, Konsep inilah yang akan saya jabarkan sebagai Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat. Seperti yang telah diketahui bahwa pada dasarnya bekam sangat efektif untuk penyakit sindrom panas, baca penjelasannya dalam artikel Mana Yang Efektif Terapi Akupunktur VS Terapi Bekam

Ada 2 Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat diantaranya :

Tips 1

Untuk mencari titik bekam yang memiliki efektifitas yang tepat dan cepat adalah dengan melakukan perabaan pada daerah punggung atau daerah lainnya menggunakan punggung tangan, cari daerah yang paling terasa panas, maka daerah tersebut adalah titik yang efektif dan cocok untuk dilakukannya pembekamman.

Tips 2

Sebelum anda melakukan pembekamman, beberapa praktisi sering kali melakukan pemanasan, ada yang melakukan pemanasan dengan menggunakan pijat, urut, akupunktur, rotan dan bekam luncur. Kunci pada Tips 2 ini adalah ketika anda melakukan pemanasan dengan menggunakan rotan dan bekam luncur biasanya akan timbul kemerahan pada permukaan kulit. Warna kulit yang paling merah dan terasa lebih panas merupakan titik bekam yang sangat efektif untuk menangani keluhan klien anda. Sangat mudah bukan.

Kedua tips diatas merupakan titik bekam yang berdasarkan pada konsep panas dan dingin, karena bekam efektif untuk sindrom panas, maka titik daerah yang efektif untuk dilakukan pembekamman adalah daerah yang lebih merah dan lebih panas.

Kelebihan Dalam Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat

Kelebihan dari Tips ini selain lebih efektif dan lebih cepat adalah

1. Titik Bekam yang diambil lebih efesien dan lebih sedikit menggunakan konsep ini

Walaupun tidak jarang ada pula yang titik-nya banyak, tetapi rata-rata lebih sedikit, seperti sembuh dengan cukup 3 titik bekam bahkan dengan 1 titik bekam saja walaupun bukan titik Al Kahil

2. Memiliki Nilai Diagnostik

Dengan Tips ini secara tidak langsung kita mengetahui permasalahan organ si klien, sebagai contoh jika area yang paling panas dan merah terdapat di zona titik Paru-paru, maka zona titik Paru-Paru tersebut sedang mengalami keadaan ekses panas. Demikian dengan daerah zona lainnya.

3. Keluhan Klien Dapat Sembuh Walaupun Tidak Di Bekam Di Daerah Keluhannya

Dengan konsep berpasangan Yin dan Yang, Panas dan Dingin. Daerah yang dikeluhkan pasien dapat berangsur-angsur membaik dengan melakukan pembekamman pada area lain, sebagai contoh sakit pada pinggang dapat berangsur membaik ketika dibekam pada daerah pundak dan bahu. Begitupun dengan kasus keluahan lainnya.

Kekurangan Dalam Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat

Jika ada kelebihan maka pasti ada kekurangannya, begitulah kata pepatah walaupun saya tidak tahu itu pepatah siapa? Oke itu tidak penting karena memang setiap kelebihan pasti ada kekurangannya.

Kekurangan pada Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat ini adalah ketika klien mengalami kondisi demam, maka konsep ini tidak dapat dilakukan. Mengapa demikian ? Karena pada saat kondisi demam, imunitas tubuh sedang aktif, sehingga hal ini dapat membuat seluruh bagian punggung menjadi merah dan panas semua, disamping itu ada dampak negatif jika orang yang demam segera dilakukan terapi bekam, baca juga pada artikel tentang Hati hati Jika Demam, Dilarang Berbekam, kalaupun memang diharuskan untuk dibekam maka alangkah baiknya kondisi demam tersebut juga diterapi dengan mensinergikannya dengan terapi lain.

Demikian pembahasan Tips Metode Memilih Titik Bekam Yang Efektif Dan Cepat semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda. Salam Terapis TerapiJarum.com

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI