Beberapa Gambaran Kondisi Patologis Bentuk Tubuh


Perubahan bentuk badan yang bukan disebabkan karena adanya cacat fisik bawaan merupakan suatu tanda adanya gangguan pada jalur meridian, organ dalam atau keduanya. Dengan mengamati perubahan bentuk badan kita bisa memperkirakan kemungkinan jalur meridian atau organ yang terganggu jadi teknik ini membantu secara awal memperkirakan letak meridian atau organ yang terganggu.

Tubuh yang kuat berarti tubuh yang mempunyai tulang belulang yang besar, rongga dada yang lapang dan lebar, otot berisi, serta kulit yang mengkilap. Tubuh yang kuat merupakan manifestasi dari organ dalam yang kuat, Xue (darah) Qi (energi dan darah) yang cukup sehingga walaupun terkena penyakit, umumnya punya prognosa yang baik .

Beberapa Gambaran Kondisi Patologis Bentuk Tubuh  :

Bentuk Tubuh Gemuk

Orang yang gemuk yang mempunyai nafsu makan yang baik menandakan mempunyai Piqi (energi Limpa) yang terlalu aktif, sedangkan yang tidak mempunyai nafsu makan menandakan kekurangan Piqi (energi Limpa) sehingga mudah terbentuk patogen Dahak (lendir).

Orang yang bertubuh gemuk dengan perut buncit, paling mudah terserang patogen Lembab yang kemudian berubah menjadi patogen Dahak (Tan). Patogen Than/dahak sering menyebabkan peredaran Xue (darah) Qi tersumbat, baik di otak maupun di Jantung sehingga orang tersebut mudah terserang stroke atau Xin Xue (darah) (darah di Jantung) tersumbat.

Bentuk Tubuh Kurus

Tubuh kurus yang mempunyai nafsu makan melampaui batas menandakan adanya patogen Api pada Ciao Tengah, sebaliknya jika tidak ada nafsu makan menandakan Qi (energi) pada Wei/Lambung dan Pi/Limpa sudah lemah. Karena Yin dan Xue (darah) pada orang kurus umumnya tidak cukup, keadaan ini umumnya mengakibatkan timbul Api yang tidak normal sehingga mudah terserang penyakit TBC.

Bentuk Tubuh Kurus Kering

Tubuh kurus kering hingga kulit membalut tulang merupakan pertanda dari Qi (energi) dan Jinye (cairan tubuh) sudah lemah serta fungsi Zang Fu (organ dalam) sudah gagal total, tubuh yang demikian merupakan ekpresi Shen/jiwa yang buruk .

Bentuk Tubuh Yang Menyerupai Dada Ayan dan Bentuk Punggung Melengkung

Orang yang mempunyai bentuk dada yang menyerupai dada ayam dan bentuk punggung seperti kura-kura atau mempunyai tungkai yang melengkung, semua itu menandakan Jing Bawaan atau Jing Didapat tidak mencukupi. Keadaan itu juga bisa disebabkan Limpa dan Lambung yang lemah.

Apabila Perut Bengkak Karena Acites, Dengan Keadaan Keempat Anggota Badan Mengecil

Merupakan ekspresi dari Sirosis Hati yang digolongkan dalam Sindrom Gan/Hati tidak lancar dan Pi/Limpa lemah. Penyakit ini disebabkan oleh Qi (energi) yang terhalang menyebabkan timbul Darah statis yang mengakibatkan metabolisme cairan kacau. 

Bentuk Perut Bengkak

Perut yang bengkak dan kembung menandakan Patogen (Shi) yang kuat, sedangkan perut kempis menandakan Qi (energi) dari tubuh tidak cukup. Apabila kulit perut kering dan keras, hal tersebut menandakan Wei/Lambung dan Dachang/Usus Besar dalam keadaan kering yang disebabkan gagalnya Jing dan Qi (energi) dari Zang Fu. Hal tersebut mempunyai prognosa yang kurang baik, begitu pula tulang punggung berbentuk gergaji juga merupakan ekspresi Jing dan Qi (energi) dari Zang Fu yang lemah sekali.

Jika melihat kondisi tubuh maka pada umumnya di bagi menjadi tiga tipe :
  1. Tipe Zang golongan Yang, umumnya mempunyai tubuh yang tinggi, kurus, kepala panjang, leher kecil tapi panjang, ukuran bahu pendek, rongga dada sempit dan tinggi, serta tubuh bungkuk ke depan. 
  2. Tipe Zang golongan Yin, umumnya bertubuh pendek gemuk, kepala besar, leher besar pendek, bahu lebar, rongga dada lebar, lapang dan pendek sehingga terlihat berbentuk bundar dan tubuh condong ke belakang. 
  3. Tipe Zang golongan Yin Yang seimbang, umumnya mempunyai Xue (darah) Qi yang serasi dan bentuk badan yang seimbang. 

Dengan demikian Beberapa Gambaran Kondisi Patologis Bentuk Tubuh dapat disimpulkan, kekuatan jasmani berhubungan erat dengan bentuk tubuh namun hal tersebut tidak mutlak karena masih perlu memperhatikan faktor lainnya (kondisi rohani, lingkungan, profesi, cara makan minum dan lainnya), karena ada juga yang secara fisik tubuhnya masih kuat tiba-tiba meninggal karena sakit yang tiba-tiba dan hal ini terlepas dari ketentuan takdir tentunya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter