Beranda
Penanganan Terapi
Sindrom
Tentang Akupunktur
Bronchitis Kronis Sesak Nafas Berulang Tipe Xu

Bronchitis akibat lemahnya limpa dan Qi paru-paru.

Gejala utama :

Nafas pendek dan cepat, suara lemah, batuk lemah dan rendah, berkeringat jika bekerja, lesu, nafsu makan kurang, lidah pucat dengan nadi lemah.

Prinsip Terapi :

Tonifikasi atau moksibasi titi-titik pada meridian Taiyin Tangan dan Yang Ming kaki sebagai titik utama. Feishu (Bl.13), Lu. 9 Taiyuan, St. 36 Zusanli dan Sp. 3 Taibai dan sebagai tambahan titik Bl. 20 Pishu dan CV. 12 Zhongwan.

Bronchitis akibat defisiensi Limpa dan Ginjal

Gejala utama :

Sesak nafas ketika bekerja/ mengeluarkan tenaga setelah lama menderita asma, sesak nafas yang berat, nafas pendek, batuk dan sesak dengan diberangi keluarnya dahak yang encer dan semakin memburuk pada musim dingin atau pada kondisi dingin, biasanya dibarengi dengan lambung dingin, jaringan leher tertarik ke dalam, lelah dan lemah, berkeringat, anggota gerak dingin, lidah pucat dengan nadi dalam dan halus.

Prinsip Terapi :

Tonifikasi atau moksibasi pada titik-titik meridian Saoyin Kaki dan meridian Ren sebagai titik utama. Ki. 3 Taixi, Bl. 13 Feishu, Bl. 23 Shenshu, Cv. 17 Danzhong, CV. 6 Qihai. Pada asma yang menetap tambahkan titik GV. 12 Shenzhu dan Bl. 39 Yangfu.

Penulis blog

Tidak ada komentar