13 Resep Herbal dan Juice untuk Asma

Asma adalah kesulitan bernafas yang terjadi berulang disertai dengan kekejangan (spasmus) dari bronchi, sehingga menimbulkan suara khas. Dibawah ini adalah beberapa terapi juice dan herbal untuk Asma :

Terapi Juice untuk Asma :

  • Pagi : Sari wortel 1 gelas, sari kentang ½ gelas, sari selada air ¼ gelas 
  • Siang : Sari wortel 1 gelas, sari kentang ½ gelas, sari selada air ¼ gelas, sarai lobak ¼ gelas 
  • Malam : Sari wortel 1 gelas 
  • Pagi : Sari wortel 1 gelas, sari bayam ½ gelas 
  • Siang : Sari jeruk lemon ½ gelas, 2 biji lobak ditumbuk minum sarinya 
  • Sore : Sari wortel 1 gelas, sari seladri ½ gelas 
  • Malam : Sari wortel 1 gelas, sari asparagus ½ gelas, sari selada ½ gelas 

Terapi Herbal untuk Asma :

Resep 1 : 

Bunga knop segar sebanyak 15 gram direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, kemudian minum airnya selagi hangat 2 x sehari.

Resep 2 : 

30 gram akar putri malu direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc, minum selagi hangat 2 x sehari.

Resep 3 : 

Lobak putih secukupnya dijus sehingga tertampung 1 mangkok, ditim lalu diminum selagi hangat 2 x sehari.

Resep 4 : 

Irisan jahe setebal 3 mm tempelkan pada titik TU. 14 (Dazhui) plester dengan koyo cabe.

Resep 5 : 

15 gram bunga melati dan 15 gram jahe direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, minum airnya selagi hangat ½ gelas.

Resep 6 : 

60 gram rumput jungkut pendul direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc air, diminum selagi hangat 2 x sehari.

Resep 7 : 

Daun sirih 7 lembar, kencur 2 jempol, akar alang-alang 5 jengkal, pegagan 1 genggam, rebus dengan air sebanyak 4 gela hingga tinggal 2 gelas minum pagi sore dalam kondisi hangat.

Resep 8 : 

30 cacing tanah dan 30 gram jahe segar, rebus dengan air dan minum 2 x sehari selama 5 – 7 hari. Resep ini untuk asthma broncial dan pasien dilarang merokok, minum alkhohol, makan-makanan yang belum dimasak, dingin, berlemak dan ikan.

Resep 9 : 

30 gram bawang putih, tumbuk menjadi pasta lalu oleskan pada titik Ki. 1 (Yongquan) dengan dibungkus kain kasa, ganti tiap hari hingga serangan berkurang. Cara ini untuk mengobati batuk dan asma dengan air liur berlebihan atau berdarah, pasien harus menjaga kakinya tetap hangat dan dilarang merokok, minum alkoholdan makan-makanan pedas.

Resep 10 : 

150 gram jahe segar dan 129 gram gula merah direbus dengan air selama 20 menit dan setengah sendok air rebusanya ditelan secara perlahan-lahan. Resep ini digunakan untuk mengeluarkan dahak, memeriksa Qi yang berlebihan, menghangatkan limpa dan lambung, mengatur asthma dan mengobati asthma dengan dahak pada manula.

Resep 11 : 

3 ml sari jahe segar, 200ml sari buah bit dan 30 ml madu direbus sebentar dan diminum sekali sehari. Dengan resep ini sari jahe dapat menghangatkan paru-paru dan mengatur batuk, sari bit putih dapat meningkatkan Qi dan menfatur asthma, sedangkan madu dapat melembabkan paru-parudan mengatur batuk.

Resep 12 : 

1/3 jahe segar dan 2/3 buah talas, kupas dan haluskan lalu campur dengan tepung terigu sebanyak jahe untuk membuat pasta kental. Pasta dimasukan pada sebuah kantong kain dan diletakan di atas dada pada malam hari selama 7 malam berturut-turut, dengan caraini asthma dapat disembuhkan.

Resep 13 : 

60 gr sari jahe segar, 5 buah labu parang dan 1500 gram gandum. Labu setelah bijinya dibuang, potong-potong dan rebus dalam air sehingga lembut sekali saring ambil sarinya kemudian kentalkan kembali dengan merebus sampai jumlahnya menjadi setengahnya. Sari tersebut dicampur dengan sari jahe dan gandum, lalu rebus kembali diatas panas yang rendah untuk membuat pasta guna diminum sebanyak 150 gram setiap malam dan 2 x sehari pada kasus parah. Resep ini dapat mengatur rasa terbakar dan sakit serta menghilangkan keracunan dan mengobatiasma kronis.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter