2 Konsep Dalam Berbagai Jenis Terapi Efektif


Banyak sekali berbagai teknik jenis terapi dalam kesehatan terutama jenis terapi kontemporer atau biasa dikenal sebagai terapi pengobatan alternatif seperti Pijat, Urut, Reflekksi, Totok, Akupunktur, Bakam, Fashdu, Al Kay dan Herba.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang 2 Konsep Dalam Berbagai Jenis Terapi Efektif, tentunya ini didasarkan pada konsep Teori Keseimbangan atau dalam teori Akupunktur dikenal sebagai Teori Yinyang.

Teori Yinyang yang merupakan pembahasan keseimbangan antara panas dan dingin sangat penting sekali untuk dipahami agar penanganan terapi yang anda lakukan lebih efektif dalam prognosanya.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang teori Yinyang, anda dapat mencari di arsip artikel blog ini pada label tentang akupunktur.

Baik seperti yang telah kita ketahui dalam teori tersebut ada Yin dan Yang, berikut konsep jenis terapi dalam unsur Yin (Dingin) dan Yang (Panas)

Jenis Terapi Efektif Tipe Unsur YANG (Panas)

Bekam

Jenis terapi ini merupakan salah satu dari berbagai jenis terapi lainnya yang sangat efektif untuk menangani kasus sindrom panas dengan melakukan pengeluaran darah, energi dan kelembapan yang berlebihan pada tubuh sehingga mengurangi unsur didalamnya dan membuat tubuh dalam kondisi yang seimbang.

Fashdu

Jenis terapi ini tidak berbeda dengan bekam yaitu mengeluarkan materi berlebih dari dalam tubuh dan sangat efektif untuk sindrom panas. Walaupun konsep kerjanya sama, tetapi dalam prakteknya berbeda karena terapi Fashdu ini mengeluarkan materi unsur tubuh dari pembuluh vena. Baca juga artikel tentang Fashdu VS Bekam, Mana yang Lebih Efektif.

Lintah

Terapi yang satu ini adalah Terapi Lintah atau dikenal dalam istilah lain Hyrudotherapy. Terapi ini pun termasuk kedalam jenis terapi yang efektif dalam menangani kasus sindrom panas dengan cara membiarkan Lintah menghisap darah anda pada titik tertentu.

Jenis Terapi Efektif Tipe Unsur YIN (Dingin)

Al Kay

Merupakan jenis terapi dengan menggunakan besi panas yang membara merah merupakan jenis terapi yang memang ekstrem tetapi terapi ini sangat efektif dalam menangani kasus penyakit sindrom dingin. Dalam perkembangannya konsep Kay ini sama halnya dengan Laser. Jika anda takut menggunakan terapi ini, setidaknya anda dapat menerapkan konsepnya menggunakan Setrika Panas lalu tempelkan pada tumit kaki, walaupun efek yang didapat tidak se-efektif terapi Kay, tapi cukup untuk dapat menangani kasus Sindrom Dingin pada beberapa kondisi. Jika anda ingin melakukan terapi Kay saya sarankan anda minta pada yang ahlinya, karena diagnosa untuk melakukan teknik terapi ini harus benar-benar tepat.

Bekam Api

Terapi bekam satu ini, tidak saya masukan ke klasifikasi penanganan berunsur YANG (Panas), karena Bekam Api memiliki konsep yang berbeda daripada Bekam biasanya seperti Bekam Basar, Bekam Kering dan Bekam Luncur. 

Konsep dari Bekam Api ini dengan memanfaatkan uap panas pada gelas bekam lalu ditempelkan pada permukaan kulit, efektifitas Bekam Api ini sangat baik untuk menangani kasus sindrom dingin karena dapat menghangatkan tubuh, menambah energi dan menghilangkan kelembapan tipe lembab dingin.

Terapi Moksa

Terapi Moksa salah satu terapi penghangatan yang efektif untuk menangani kasus sindrom dingin, ada berbagai macam bentuk moksa seperti moksa batang mirip cerutu dan moksa kerucut.

 Jenis Terapi Efektif Untuk Tipe Unsur YANG (Panas) dan Unsur YIN (Dingin) 

Setelah kita membahas beberapa jenis terapi yang efektif untuk unsur YANG (Panas) dan YIN (Dingin), dibawah ini ada beberapa jenis terapi yang dapat dipraktekan untuk kedua unsur Yin dan Yang sebagai berikut :

Terapi Jarum Akupunktur

Terapi ini merupakan jenis terapi yang menggunakan jarum khusus yang sangat kokoh dan sangat tipis, dalam prakteknya jenis terapi ini dapat dilakukan untuk terapi unsur panas dan unsur dingin baik tipe ekses (berlebihan) ataupun tipe defisiensi (kelemahan).
Terapi ini dapat menguatkan dan melemahkan tergantung dari durasi yang dilakukan dan titik yang ditentukan.

Pijat, Urut, Refleksi dan Totok

Jenis terapi ini bisa dibilang lebih kita kenal dibanding jenis terapi yang telah disebutkan sebelumnya. Pijat, Urut, Refleksi dan Totok merupakan jenis terapi yang dapat efektif untuk mengatasi sindrom dingin dan panas, tentunya ini tergantung dari berapa lama dilakukan terapi dengan teknik ini dan kekuatan tekanannya dalam merangsang titik.

Sekian pembahasan tentang 2 Konsep Dalam Berbagai Jenis Terapi Efektif, anda dapat menambahkan beberapa jenis terapi lainnya dibawah komentar, mohon maaf tidak saya bahas semua, ini hanya beberapa saja terapi yang saya bahas.
Semoga Bermanfaat dan Menambah Wawasan. Salam Terapis TerapiJarum Azdah Blogger.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter