Ini Manfaat Dahsyat Kain Sutra Untuk Kesehatan Pada Kulit


Permasalahan pada kulit, tentu semua orang pernah mengalaminya, seperti halnya kulit gatal-gatal karena di gigit nyamuk dan berbagai macam penyebab lain hingga masalah serius pada kulit seperti eksim atau berkutu mungkin bahasa lainnya adalah kulit jamuran.

Nah dalam Islam terdapat ilmu pengobatan yang lebih dikenal dengan istilah At Thibb Nabawi atau dalam bahasa Indonesia adalah pengobatan Nabi.

Dalam pengobatan At Thibb Nabawi terdapat solusi untuk permasalahan kulit eksim dan berkutu, tentunya ini di ambil dari kitab karya Ulama ternama yaitu Ibnu Qoyyim Al Jauziyah.

Bagi mereka yang tubuhnya di penuhi oleh gatal gatal, ruam , kurab dan semacamnya atau tubuhnya di penuhi kutu ,baik di kepala maupun di jenggot bahkan di bagian tubuh lain maka :
Diantara solusi nubuwahhnya adalah MEMAKAI PAKAIAN DARI SUTRA ASLI
Di tinjau dari sisi syariat maka ini di perbolehkan karena Udzur darurat dari sisi pengobatan maka ini termasuk jalan keluar dan solusi

Ada apa dengan sutra ?
  • Termasuk jenis pakaian yang menghangatkan tapi tidak memanaskan 
  • Jenis pakaiannya tidak kering 
  • Jenis pakaiannya tidak kasar

Berasal Dari Mana Bahan Kain Sutra?

Sutra atau ditulis Sutera sedangkan dalam bahasa lain disebut Disambiguasi. Kain sutra terbuat dari suatu serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Bahan sutra pada umumnya terbuat dari serat protein kepompong yang dihasilkan oleh Larva Ulat Sutra Murbei dalam bahasa latinnya Bombyx Mori yang diternak, uniknya para peternakan ulat ini disebut sebagai Serikultur. Selain sutra diproduksi secara ternak, di beberapa negara seperti Cina, Asia Selatan dan Eropa memproduksi Sutra dengan Sutra liar yang dihasilkan oleh ulat selain dari ulat Sutra Murbei.

Keistimewaan Kain Sutra disebutkan dalam Al Quran

"Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera," Surah Al-Hajj Ayat 23.

Kenapa Kain Sutra Bermanfaat untuk Kulit ?

Kandungan pada Kepompong Sutra mengandung serat protein yang bermanfaat untuk meremajakan kulit. Dr. Hauschka seorang ilmuan yang berasal dari Jerman mengatakan bahwa kepompong ulat sutra memiliki kompisisi jaringan yang mirip dengan struktur pada kulit manusia zat yang terkandung didalamnya terdapat sejumlah asam amino dengan pH kadar ke-asaman yang hampir sama dengan kulit, selain dari itu kepompong ulat sutra ini juga mengandung zat anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit.

Sedangkan menurut Dr. Hc. Anita Rahayu seorang pemilik salon kecantikan menjelaskan bahwa scrub pada kepompong ulat sutra memiliki manfaat untuk menghaluskan, mencerahkan serta menghilangkan flek hitam juga komedo pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya lapisan fibroin atau protein yang terdapat pada sutra. Fungsi Fibroin ini untuk membantu melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet

Sumber : tibbunnabawi Ibnul Qayyim bab fi hadyihi Shallallahu alaihi wasalam fi ilaji hikkatil jism wa ma yuladul qoml
Wallahu a'lam bishshowab

Related Posts

Subscribe Our Newsletter