Acupoints

St 40. Fenlung / Fen Lung (Penuh)

Azdah Blogger Azdah Blogger
Januari 04, 2019
0 Komentar
Beranda
Acupoints
St 40. Fenlung / Fen Lung (Penuh)

Lokasi

Di pertengahan antara lutut (Dubi ST 35 dan mata kaki / pergelangan tengah (ST 41), geser ke  samping luar 2 Cun di pinggir tulang kering atau 8 Cun di bawah tempurung lutut atau 8 Cun di atas mata kaki luar.

Sifat

Menghilangkan, melancarkan dan menghancurkan reak yang bersifat lembab, menyembuhkan penyakit jiwa barsifat panas. Mengeliminasi phlegma dan lembab, membuka sumbatan area dada dan mengatasi Qi-berbalik, membantu gerak turun Qi-Paru dan menghentikan batuk, menenangkan Shen.

Khasiat

Mengeluarkan dan menghilangkan reak,nyeri pegal di kaki, bengkak, pusing karena darah tinggi, pergerakan tungkai kaki terganggu, kaki linu, perut muntah, benjolan, pinggul, panggul, rasa tertekan di dada, sputum berlebih, bengkak di area muka, pusing, sakit kepala, bengkak di area tenggorokan, rasa berat pada tubuh, batuk dengan sputum, agak sesak nafas, depresi-mania, kelelahan mental.

Jarum

Tegak lurus sedalam 1 – 1,3 Cun

Teknik

Mencubit dengan kuku, memijat, memutar cepat, mencubit

Moksa

Kerucut 5–10 buah, batang 5–10 menit

Istimewa

titik Luo Lambung yang bercabang ke Limpa

Catatan
Ingat Fung Lung, ingat Reak. Titik ini untuk membuang reak dari tubuh. Misal pada asthma, orang sesak, nafas, reaknya lengket warnanya hijau, reak susah keluar kalau secara tradisional digurah, di kedokteran modern diuap, kalau akupoint ditekan Fung Lung. Perokok atau orang yang suka begadang, suka banyak reak, ambil disini

Lihat Gambar


Penulis blog

Tidak ada komentar