Beranda
Artikel Menarik
Tentang Akupunktur
Jam Organ Tubuh Manusia dalam Teori Akupunktur


Dalam teori dasar akupunktur setiap organ yang ada di dalam tubuh manusia memiliki waktu maksimal dan minimum. Waktu jam organ selain untuk menentukan kerja organ dalam tubuh berfungsi dengan normal, juga dapat digunakan sebagai langkah awal diagnosa hingga penanganannya.

Jam Organ dalam akupunktur bermula dari Liver, Paru-paru, Usus Besar, Lambung, Limpa , Jantung, Usus Kecil, Kandung Kemih, Ginjal, Perikardium / Selaput Jantung, Tripemanas, Empedu.


Liver

Liver dalam keadaan Maksimal pukul 01.00-03.00

Jam piket organ Liver dalam kondisi kuat-kuatnya. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila terdapat gangguan fungsi Liver tercermin pada kotoran (feses) dan gangguan pada mata. Apabila terdapat luka dalam akan terasa sangat nyeri.

Dan bagi seorang muslim pada waktu ini merupakan waktu paling cocok untuk melaksanakan sholat Tahajud. Dimana sholat malam ini memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah melembutkan Hati. Dengan melakukan sholat Tahajud diwaktu organ Liver dapat menyelaraskan fungsi Liver terhadap organ lainnya terutama organ Jantung, sehingga seseorang yang melaksanakan tahajud Insya Allah dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu jika fungsi Liver dalam keadaan baik maka dapat mendukung fungsi jam organ Jantung yang dapat meningkatkan kecerdasaan seseorang baik secara akademik, emosi dan spiritual. Jika kamu seorang pelajar maka belajar pada waktu ini sangat lah baik.


Liver dalam keadaan Minimum pukul 13.00-15.00

Jam piket organ hati dalam kondisi lemah. Apabila orang tidur, darah merah terkumpul di dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati dalam keadaan baik dan kuat, maka tubuh pun akan kuat untuk menangkal semua penyakit.

Paru-paru

Paru-paru dalam keadaan Maksimal pukul 03.00-05.00

Dalam fungsinya paru-paru akan mengalami proses pembuangan limbah atau racun pada paru-paru.

Pada jam ini kualitas dan kuantitas oksigen dalam keadaan yang sangat baik. Apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan pada fungsi paru-paru. Maka pada jam tersebut sebaiknya banyak digunakan untuk bernafas (menghirup O2) dengan harapan mendapatkan energi paru-paru yang sehat dan kuat.

Sedangkan apabila terjadi batuk dengan dahak selalu keluar pada jam ini tanpa diikuti gejala lainnya maka menandakan Paru-paru dalam keadaan baik dan dapat membersihkan diri.

Paru-paru dalam keadaan Minimum pukul 15.00-17.00

Pada jam ini paru-paru menjadi Minimum, energi vital sudah mulai terkuras habis dan merupakan akhir masa atau waktu. Dalam Islam waktu ini dikenal sebagai Ashar yaitu waktu akhir atau akhir masa, dimana pada waktu ini merupakan tanda berakhirnya aktivitas dan mulainya waktu untuk beristirahat.

Usus Besar

Pukul 05.00-07.00

Di jam-jam ini kontraksi atau rasa ingin BAB mulai muncul. Sebaiknya biasakan BAB secara rutin pada jam tersebut. Fungsi Usus Besar adalah untuk membuang sisa sampah metabolisme yang dihasilkan didalam tubuh  

Buang Air Besar yang normal selain feses yang tidak terlalu padat dan tidak terlalu cair, dapat dilihat dari frekuensinya.

Frekuensi BAB Normal dalam dunia medis,
  1. Paling sering 3x sehari
  2. Paling jarang 1x seminggu
Sedangkan dalam teori akupunktur BAB normal adalah 1x sehari pada jam Usus Besar.

Lambung

Lambung dalam keadaan Maksimal pukul 07.00-09.00

Jam piket organ lambung sedang kuat-kuatnya. Sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi. Karena perut dalam kondisi kosong sehingga zat-zat yang berguna bagi tubuh segera terserap oleh tubuh.

Lambung dalam keadaan Minimum pukul 19.00-21.00

Jam organ lambung dalam kondisi lemah. Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah waktu makan dalam jam-jam tersebut.

Limpa

Limpa dalam keadaan Maksimal pukul 09.00-11.00

Jam piket organ limpa kuat. Dalam mentransportasikan cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Apabila pada jam-jam ini mengantuk berarti fungsi limpa dalam keadaan lemah. Kurangi takaran dalam mengkonsumsi gula, lemak dan protein hewani.

Limpa dalam keadaan Minimum pukul 21.00-23.00

Dalam jam ini terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan alunan musik yang menenangkan jiwa diharapkan hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Jantung

Jantung dalam keadaan Maksimal pukul 11.00-13.00

Jantung dalam kondisi maksimal, dimana pada waktu ini merupakan waktu terbaik untuk beristirahat sejenak sehabis aktivitas. Pada waktu ini disarankan untuk tidur sejenak (Qailullah). Karena tidur pada jam ini dapat membantu pemulihan tubuh walaupun tidur hanya beberapa menit saja.

Berikut ini adalah manfaat tidur siang :
  • Tidur siang dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja kognitif dan memberikan relaksasi pada tubuh setelah lelah bekerja dan dapat meningkatkan kinerja memori.
  • Dalam sebuah penelitian, tidur siang dengan durasi yang pendek belum tentu kalah efek positifnya dari tidur siang yang lama. Menurut presentasi Brooks dan kawan-kawan, 10 menit adalah durasi paling efektif saat tidur siang.
  • Bagi remaja, tidur siang sangat memperkuat memori deklaratif atau ingatan mengenai informasi faktual seperti halnya nama, wajah, tanggal dan hal-hal bersifat fakta yang lain.
  • Penelitian lain menyebutkan bahwa tidur siang 30 menit selama tiga kali dalam seminggu akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37%.

Jantung dalam keadaan Minimum pukul 23.00-01.00

Jam kerja organ Jantung dalam kondisi lemah. Sebaiknya sudah dalam kondisi istirahat (tidur). Apabila terpaksa masih dalam kondisi bekerja atau begadang hal ini tentu dapat melemahkan fungsi Jantung.

Usus Kecil

Pukul 13.00-15.00

Usus Kecil berfungsi dalam menyerap sari-sari makanan. Dalam akupunktur organ ini termasuk meridian Taiyang dimana fungsi meridian ini adalah untuk menghangatkan tubuh, metabolisme kembali sangat aktifi setelah beristirahat pada jam Jantung.

Kandung Kemih

Pukul 15.00-17.00

Kandung kemih memiliki fungsi sebagai penampungan urin sementara sebelum akhirnya dikeluarkan melalu ureter.

Ginjal

Pukul 17.00-19.00

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menghasilkan urin, menguasai tulang, energinya terlihat pada kualitas rambut dan berhubungan dengan panca indra pendengaran.

Selaput Jantung

Pukul 19.00-21.00

Selaput Jantung dalam teori akupunktur termasuk kedalam meridian Jueyin yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan darah. Selaput Jantung merupakan organ yang melindungi, melumasi, mencegah gesekan, infeksi dan menjaga agar Jantung tetap berada pada posisinya.

Tripemanas

Pukul 21.00-23.00

Tripemanas atau dalam istilah akupunktur disebut Sanjiao, merupakan organ Imaginer yang berbentuk rongga. Terdiri dari 3 rongga yaitu rongga atas (Jantung, Paru-paru), rongga tengah (Liver, Empedu, Limpa dan Lambung) dan rongga bawah (Usus Kecil, Usus Besar, Ginjal dan Kandung Kemih). Sanjiao berfungsi untuk memanaskan seluruh organ dan sebagai sumbu penggerak dari organ Fu.

Kandung Empedu

Pukul 23.00-01.00

Pada jam ini pembersihan awal semua jaringan. Fungsi empedu membantu proses pencernaan dalam mengurai dan menangkap lemak yang masuk kedalam tubuh. Jika fungsi Empedu gagal maka dapat terjadinya gangguan penyakit seperti kolesterol. Selain dari itu fungsi Empedu juga berperan dalam mengatur asam lambung. Jika Empedu dalam keadaan lemah, maka seseorang akan cenderung mengalami masalah asam lambung tinggi.

Sedangkan dalam teori akupunktur, organ Empedu disebut sebagai organ hakim, dimana jika Empedu seseorang sehat, maka secara psikologis orang tersebut dapat memutuskan sesuatu dengan baik dan berani mengambil keputusan, tetapi jika Empedu bermasalah, maka secara psikologis yang muncul dapat mengurangi rasa kepercayaan diri atau terlalu berani.

Temukan Jam Thawaf Plus Jam Organ

Jam Organ tipe Jam Meja By Azdah Dev
Jam Organ tipe Jam Dinding By Azdah Dev

Penulis blog

Tidak ada komentar