Apakah Ada Dampak Negatif Terapi Akupunktur Saat Berpuasa?


Kondisi kesahatan adalah kondisi utama yang harus diperhatikan dan dijaga oleh setiap orang, selain kesehatan merupakan hal utama, kesehatan juga merupakan modal agar kita dapat melakukan berbagai aktivitas.

Pada dewasa ini, tentu sudah banyak sekali berbagai jenis pengobatan, baik itu pengobatan konvensional atau pengobatan timur dan pengobatan tradisional.

Berbicara tentang kesehatan dibulan Suci penuh berkah ini tentu kita semua menginginkan kondisi tubuh yang prima saat melaksanakan ibadah puasa, maka beberapa orang akan memilih untuk melakukan terapi agar dapat menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh seperti melakukan terapi dengan mengkonsumsi herbal, melakukan terapi pijat, bekam bahkan akupunktur.

Sudah banyak orang membahas tentang hukum berbekam dibulan puasa, tapi tidak untuk akupunktur. Ada komentar pada postingan artikel "4 Penerapan Teori Wuxing 5 Unsur dalam Ilmu Akupunktur" dari saudara Wijaya yang pertanyaannya menjadi judul postingan ini.

Melakukan terapi akupunktur kepada pasien yang sedang berpuasa apakah ada efek negatifnya?

Jawabannya adalah terapi akupunktur aman bagi orang yang berpuasa dan tidak akan menimbulkan dampak negatif apapun selama diagnosanya benar.

Hal yang unik dari konsep terapi akupunktur adalah bisa menyeimbangkan kondisi pasien, yang lemah dapat dikuatkan, yang kuat dapat dilemahkan, sehingga terapi akupunktur dapat cenderung lebih aman dibandingkan dengan konsep terapi bekam yang menyeimbangkan kondisi tubuh dengan melemahkan (mengurangi unsur materi dalam tubuh).

Suatu kekeliruan dalam diagnosa tidak hanya terjadi saat pasien dalam keadaan berpuasa, orang yang tidak berpuasa pun jika diagnosanya keliru maka akan timbul dampak negatif dari akupunktur, tentunya dampak negatif dari akupunktur tersebut tidak sampai mengancam nyawa dan paling sering dampaknya adalah terjadinya trauma pada jaringan kulit, lebam dan mengalami pingsan.

Apakah Terapi Akupunktur dapat Membatalkan Puasa?

Melakukan terapi akupunktur saat berpuasa tidak membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan penusukan dilakukan diantara 2 otot, 2 pembuluh darah dan 2 tulang, adapun jika penusukan tidak sengaja menusuk pembuluh darah juga tidak membatalkan puasa karena akupunktur tidak memasukan materi-materi yang dapat membatalkan puasa seperti halnya imfus.

Demikian semoga postingan ini bermanfaat.
Salam terapijarum, selamat berpuasa.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

Tidak ada komentar untuk "Apakah Ada Dampak Negatif Terapi Akupunktur Saat Berpuasa?"

Buka artikel TerapiJarum.com dengan aplikasi android