Beranda
Acupoints
Ebook Indonesia
Teknik Terapi
Unduhan
Titik Akupunktur dalam Praktek Kebidanan

Terapi Jarum Akupunktur tidak hanya di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, tetapi terapi akupunktur juga sangat bermanfaat untuk praktik kebidanan.

Titik akupunktur (acupoint) dibedakan atas titik umum dan titik istimewa. Titik umum adalah titik akupunktur yang terletak pada salah satu meridian umum atau meridian garis tengah.

Titik umum terdiri atas 309 titik bilateral yang terletak pada salah satu meridian umum di sisi kiri dan kanan tubuh, serta 52 titik unilateral yang terletak pada salah satu meridian garis tengah. Titik istimewa adalah titik akupunktur yang tidak terletak pada salah satu meridian umum ataupun meridian garis tengah. Terdapat ratusan titik istimewa dan jumlah ini terus bertambah sesuai dengan perkembangan Ilmu Akupunktur.

Semua titik umum dan titik istimewa memiliki nama dan lokasi tertentu yang tetap di permukaan tubuh. Selain itu terdapat pula titik nyeri tekan (titik Ahse; Ah Shi point; Yes point) yang menimbulkan rasa nyeri pada penekanan, tidak terletak pada lokasi titik umum atau titik istimewa, dan bersifat spesifik-pasien.

Keseluruhan titik yang diuraikan di atas adalah titik-titik yang digunakan dalam Akupunktur Umum (Makro-akupunktur). Dalam berbagai bidang Mikro-akupunktur seperti Akupunktur Telinga, Akupunktur Kepala dll, yang sebagian titik itu dapat digunakan dalam praktik kebidanan.

Dibawah ini merupakan ebook Akupunktur Kebidanan yang bisa anda download cuma-cuma.

Download via Gdrive 

Download via Sfile 

Penulis blog

Tidak ada komentar