Mengatasi Masalah Perut Bawah dengan Meridian Daimai


Sudah lama tidak membuat artikel original, entah ini artikel original yang ke berapa ya, dari sekian banyaknya artikel yang ada di blog ini, artikel original yang saya buat masih terhitung jari. Hehehehe
Baik pada artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit spekulasi tentang ilmu akupunktur untuk menangani masalah-masalah perut bawah.

Banyak sekali kasus-kasus penyakit yang dapat ditangani dengan akupunktur dari mulai kasus ringan sampai berat dari kasus akut sampai kronis, walaupun demikian tidak semua penyakit juga bisa selalu ditangani dengan baik oleh akupunktur saja, itu dilihat dari pandangan teknik terapi efektif.

Kasus penyakit perut bawah yang pada umumnya terjadi seperti masalah sakit perut, konstipasi, beser (sering BAK), susah BAK atau BAB, menstruasi tidak teratur bahkan tidak menstruasi, sakit pinggang, keputihan, sakit pada perut bawah dll.

Kasus-kasus di atas dapat di atasi dengan tuntas oleh meridian Daimai (dibaca Tai Mai)

Apa itu Meridian Daimai

Meridian Daimai adalah salah satu dari 8 Meridian Istimewa, meridian ini merupakan meridian yang memiliki karakter tersendiri, tidak seperti 12 Meridian Utama yang memiliki pasangan pada 2 sisi tubuh kanan dan kiri, meridian istimewa hanya memiliki 1 aliran saja dan tidak berhubungan langsung dengan 12 meridian.

Meridian Daimai memiliki aliran energi yang bergerak secara horizontal dimulai dari bawah hipokondrium tepatnya pada area Iliaka berjalan miring melewati GB 26, 27 dan 28 sehingga membentuk seperti sabuk ikat pinggang.

Fungsi dari Meridian Daimai

Karena meridian Daimai merupakan meridian istimewa sehingga meridian ini memiliki fungsi tersendiri.

Fungsi dari meridian Daimai adalah mengikat aliran meridian YANG agar tetap berjalan secara vertikal.

Ada 6 Meridian YANG pada Tubuh yaitu
3 Meridian YANG Tangan
1. Meridian Usus Besar
2. Meridian Tripemanas
3. Meridian Usus Kecil

3 Meridian YANG Kaki
1. Meridian Kemih
2. Meridian Lambung
3. Meridian Empedu

Secara definisi kasar Meridian YANG adalah meridian dari organ Fu atau berongga dimana organ ini memiliki fungsi secara umum untuk mengolah, merubah dan mengurai. Yang mana hasil dari produknya berupa Jinye (cairan yang bermanfaat untuk tubuh) akan disimpan dan di gunakan oleh Meridian YIN organ padat beserta jaringan-jaringannya yang saling berhubungan.

Patologi dari Meridian Daimai

Meridian Daimai tidak memiliki ciri patologi tersendiri oleh karena itu gejala meridian Daimai dipengaruhi oleh meridian YANG kaki dan tangan. Maka jika ada gejala abnormal dari 6 Meridian YANG dapat ditangani secara tidak langsung dengan menstimulasi titik induk Meridian Daimai GB 41 Zulinqi.

Seperti yang sudah saya alami saat menangani kasus masalah haid tidak teratur atau tidak haid, masalah otot perut bawah dll salah satu titik yang saya gunakan adalah Titik Induk Meridian Daimai karena titik ini memiliki pengaruh yang lebih luas walaupun hanya dengan 1 titik.

Semoga bermanfaat, jika ada yang keliru atau anda ingin menambahkan silahkan isi di kolom komentar.

Untuk mengetahui detail titik yang sudah disebutkan diatas bisa anda lihat pada aplikasi android Acupoint Azdah.

Salam sehat...

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram