Apakah Boleh Melakukan Bekam Rutin tetapi Saya dalam Keadaan Sehat?


Salam Terapi Jarum - Kurangnya edukasi kepada masyarakat tentang ilmu pengobatan, khususnya ilmu pengobatan terapi timur seperti halnya bekam, membuat masyarakat menyimpulkan sesuatu dengan cara pandang yang salah. Seperti sering rutin melakukan bekam padahal badan dalam kondisi yang sehat dan prima.

Tugas seorang praktisi bukan hanya memberikan wasilah jalan kesembuhan seperti halnya sudah azdah bahas pada artikel Kewajiban Keluarga Teman dan Petugas Medis, tetapi salah satu tugas seorang praktisi pengobat adalah memberikan pemahaman, pengarahan dan edukasi tentang kondisi si klien.

Memberikan arahan sendiri memang tidak bisa diremehkan karena dengan memberikan edukasi kepada si klien dapat membantu dirinya untuk dapat sembuh sehingga si klien pun akan sadar dengan sendirinya tentang apa yang harus ia lakukan hingga si klien dapat pulih sehat seperti sedia kala.

Sering sekali ada orang yang bertanya kepada azdah sendiri, Bagusnya bekam dilakukan rutin berapa kali ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut azdah jawab dengan memberikan edukasi tentang bekam itu seperti apa dan seperti apa mekanisme nya.

Bekam adalah salah satu terapi dimana mekanisme nya adalah mengeluarkan darah dari permukaan kulit dengan cara mem-vakum titik-titik tertentu menggunakan gelas khusus.

Bekam sangat efektif untuk penyakit yang hyperaktif, kelebihan unsur panas dan materi sehingga bekam dapat menyembuhkan segala macam penyakit yang berunsur panas dan berlebih, tetapi bekam tidak efekti untuk menangani kasus kekurangan unsur nutrisi sedangkan kekurangan unsur materi sangat efektif dengan terapi herba atau terapi asupan nutrisi.

Selain dari itu si klien harus diberi edukasi tentang apa itu hukum berobat, tidak ada hukum berobat bagi orang yang sehat, hanya orang yang sakit kena dengan hukum berobat, maka bagi orang yang sehat tidak wajib hukumnya untuk melakukan terapi bekam secara rutin. Bahkan sebaik-baiknya bekam dilakukan adalah ketika darah dalam tubuh bergejolak, maksudnya ketika tubuh dalam keadaan sakit dan bertipe panas. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut maka akan berkurang keefektifan bekam. Sering bekam dalam kondisi sehat bugar secara rutin dalam kurun waktu singkat akan mengurangi manfaat dan keefektifan bekam pada saat tubuh anda sakit nanti.

Bagi orang yang sehat sebaiknya jika tetap ingin melakukan bekam, lakukan bekam 3 bulan 1x dan yang paling baik adalah ketika badan sudah terasa tidak nyaman dan telah lama tidak melakukan terapi bekam, baru diperbolehkan untuk bekam kembali.

Sekian pembahasan artikel kali ini, semoga dapat mengedukasi kita semua tentang Apakah Boleh Melakukan Bekam Rutin tetapi Saya dalam Keadaan Sehat?Salam Azdah Blogger Terapi Jarum

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

Tidak ada komentar untuk "Apakah Boleh Melakukan Bekam Rutin tetapi Saya dalam Keadaan Sehat?"

SafelinkU | Shorten your link and earn money
Hosting Unlimited Indonesia