10 Pertanyaan Wajib dalam Diagnosa Anamnesis


Salam Terapi Jarum - Diagnosa atau dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum adalah teknik pemeriksaan. Teknik Pemeriksaan kondisi kesehatan ini telah dilakukan sejak diketahuinya pengobatan tentang penyakit sampai pada masa ini dengan istilah Diagnosa.

Teknik Diagnosa ini telah dikembangkan dengan berbagai teknik baik itu teknik jadul alias teknik tradisional maupun Diagnosa modern seperti tes lab, tes darah dll.

Pada pembahasan kali ini saya akan fokus membahas teknik Diagnosa pada teknik Anamnesis.

Apa itu Anamnesis ?

Anamnesis adalah cara mencari informasi dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan penyakit atau keluhannya kepada penderita atau keluarga penderita singkatnya Anamnesis adalah teknik Diagnosa wawanca.

Teknik Diagnosa Anamnesis tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena teknik ini merupakan salah satu penentuan dalam menindaklanjuti suatu permasalahan penyakit, oleh karena itu pada teknik Diagnosa Anamnesis ini tidak boleh ada informasi yang disembunyikan oleh penderita ataupun keluarga penderita, karena jika ada 1 informasi saja yang terlewat maka penanganan tindak lanjut akan tidak cocok dan tidak akan ada perubahan bahkan dapat memperburuk keadaan penderita itu sendiri.

Manfaat dari teknik Anamnesis sendiri selain mencari informasi terkait penyakit penderita, teknik ini pun bertujuan untuk dapat mengetahui sejarah penyakit penderita, sejarah tentang terjadinya penyakit pada penderita, harus diketahui oleh seorang praktisi pengobatan agar dapat mengevaluasi dan memberika sarah kepada penderita.

Selain dari itu teknik Anamnesis juga bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik antara praktisi pengobatan dengan penderita juga keluarga, sehingga dengan teknik ini dapat terjalin kerja sama agar penderita penyakit dapat sembuh dengan cepat.

Dalam Pengobatan Timur Teknik Anamnesis ini merupakan lanjutan dari cara pemeriksaan pengamatan, penciuman dan pendengaran, maka pertanyaan yang diajukan itu harus berkaitan dan lebih mendalam daripada hasil pemeriksaan yang lain. Keunggulan dari seseorang ahli akupunkturis merupakan kemampuan untuk mengembangkan dan mengajukan pertanyaan berdasarkan apa yang ditemukan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya seperti Diagnosa perabaan pada nadi dll.

Dalam melakukan Diagnosa Anamnesis perlu adanya kesabaran, ketelitian, sikap yang ramah dan simpatik. Pertama-tama dengan sabar mendengarkan keluhan-keluhan dari penderita baik itu keluhan atas sakit badannya atau karena emosionalnya maka tidak heran jika seorang terapis disebut sebagai tempat sampahnya keluhan penderita karena memang bagi seorang ahli pengobatan harus sabar dengan keluhan-keluhan penderita terlebih jika penderita ada masalah sakit dikarena emosional maka kita harus sabar mendengarkan semua curhatan penderita sampai kita mengajukan pertanyaan selanjutnya dalam Diagnosa Anamnesis.

Dalam mengajukan pertanyaan Diagnosa Anamnesis harus memiliki titik berat tentang penyakitnya dan tidak lupa menanyakan hal umum yang lain. dengan demikian pertanyaan-pertanyaan dapat terarah.

Karena banyak sekali hal yang perlu ditanyakan, ahli pengobatan zaman dahulu merangkumnya menjadi 10 Pertanyaan Wajib dalam Diagnosa Anamnesis diambil dari buku Dasar Teori Ilmu Akupunktur SIM KIE JIE seperti berikut :
  1. Menanyakan keadaan demam.
  2. Menanyakan keringat.
  3. Menanyakan keadaan kepala dan tubuh.
  4. Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan buang air besar atau air kecil.
  5. Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan makan dan minum.
  6. Menanyakan keadaan atau persaan di dada dan di perut.
  7. Menanyakan keadaan pendengaran.
  8. Menanyakan haus atau tidak.
  9. Menanyakan penyakit yang pernah diderita.
  10. Menanyakan sejarah terjadinya penyakit dan perkembangannya.
Disamping 10 Pertanyaan Wajib dalam Diagnosa Anamnesis bagi penderita wanita perlu ditanyakan hal yang berkaitan dengan menstruasi dan kehamilan, kepada pengasuh pasien bayi atau anak balita perlu ditanyakan hal yang berkaitan dengan campak dan cacar di Indonesia sendiri sejak tahun 1997 telah ditanyakan sebagai negara yang bebas cacar.

Demikian pembahasan mengenai 10 Pertanyaan Wajib dalam Diagnosa Anamnesis, Semoga Bermanfaat.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

Tidak ada komentar untuk "10 Pertanyaan Wajib dalam Diagnosa Anamnesis"

Hosting Unlimited Indonesia
SafelinkU | Shorten your link and earn money