Manfaat 6 Rasa Yang JARANG DIKETAHUI


Salam Terapi Jarum - Konsep lima rasa adalah konsep yang digunakan dalam meramu suatu herbal atau jamu, konsep rasa pada herbal dan jamu ini jarang sekali orang ketahui, bahwa pada rasa tersebut ada manfaat dan tujuannya.

Enam rasa adalah Asam, Pahit, Manis, Pedas, Asin dan Hambar. Kalau pada makanan mungkin hanya dominan 1 rasa, tapi jika pada ramuan setidaknya bisa lebih dari 1 rasa, beberapa ramuan herbal atau jamu ada yang tidak memiliki rasa spesifik dan dianggap sebagai ramuan herbal atau jamu tawar.

Pada mulanya cita rasa didefinisikan langsung dari persepsi lidah dimulut dan perut. Dalam praktek medis, awal ditemukan suatu rasa spesifik dapat menyebabkan reaksi yang spesifik dalam tubuh, hingga ilmu medis meningkat meneliti tentang rasa, studi tentang rasapun berubah.

Akibatnya beberapa selera dianggap berasal dari herbal tidak sesuai dengan persepsi dimulut, tetapi manfaat rasa tersebut untuk tindakan didalam tubuh. Akhirnya, lima rasa herbal tidak lagi sederhana dalam menggambarkan sifat rasa herbal tetapi juga menjadi bagian dari teori jamu dan digunakan untuk menganalisa dan mempelajari herbal.

1. Manfaat Rasa Pedas

Rasa pedas merupakan rasa tajam yang memiliki sifaf bergerak dan menyebar, mampu menghilangkan faktor patogen angin, dingin, panas dan kelembabban.

Fungsi rasa pedas menguatkan organ Elemen Logam yaitu Paru dan Usus Besar, karena rasa pedas bergerak cepat dan mengusir patogen, sehingga rasa pedas dapat mendorong fungsi Paru-paru dalam menggerakan QI (energi). Dengan adanya dorongan gerakan energi tersebut dapat mempengaruhi
  • Sirkulasi Darah : Rasa pedas yang membuat fungsi paru penguat pengakibatkan terjadi dorongan energi yang dapat membantu tubuh untuk menggerakan sirkulasi dalam darah, hal ini dikarena dalam konsep pengobatan timur energi adalah ibunya darah, sehingga jika energi dalam tubuh cukup maka sirkulasi darah akan berjalan baik.
  • Metabolisme Cairan : Cairan dalam tubuh yang bertanggung jawab adalah organ Ginjal tetapi dalam menjalan perannya ada peran dari organ lain hal ini dikarenakan tubuh manusia adalah suatu jaringan yang saling berhubungan satu sama lain. Organ Tersebut adalah Usus Besar. Rasa Pedas menguatkan fungsi dari usus besar untuk menyimpan dan eliminasi sisa makanan, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara menyerap air dan yang terakhir adalah mendegradasi bakteri.

2. Manfaat Rasa Manis

Rasa manis merupakan rasa dari organ Elemen Tanah yaitu Limpa dan Lambung. Elemen Tanah dalam pengobatan timur dikenal sebagai elemen yang menguasai 4 anggota gerak badan tangan juga kaki dan otot pada tubuh, panca inda elemen tanah adalah mulut maka masalah pada mulut dapat menjadi indikator keadaan Limpa dan Lambung. Rasa manis memiliki kualitas untuk tonifikasi atau menguatkan. Sebagian besar ramuan yang bertujuan untuk menguatkan QI (energi), Darah, YIN dan YANG adalah rasa manis. Sebagai contoh Madu dapat menguatkan energi, Kelengkeng, Kurma dapat mentonifikasi darah, Mentimun dapat menyehatkan kembali unsur YIN dan Kayu Manis dapat menguatkan unsur YANG.

Fungsi Rasa manis menguatkan fungsi dari Limpa dan Lambung dalam mentransformasi (mengubah materi dengan fermentasi) dan trasnportasi (mengedarkan hasil dari bentuk materi untuk digunakan tubuh) sari makanan. Sehingga makanan dapat tercerna dengan sempurna berubah menjadi energi dan bahan pembentuk darah dalam tubuh.

Rasa manis juga memiliki manfaat untuk meredakan nyeri. Dapat meredakan nyeri lambung, sakit perut atau sakit kram oto, karena rasa manis bersifat memelihara YIN pada tendon dan karena itu dapat melemaskan otot.
Kualitas Moderat pada rasa manis dapat memberikan kemampuan untuk mengurangi stress, menyelaraskan emosi dan menenangkan kemarahan, ketakutan atau kesedihan yang mendalam.

Selain dari itu rasa manis juga dapat mengurangi dampak perubahan patologis progresif yang cepat, menstabilkan kondisi dan memberikan waktu untuk mengembalikand aya tahan dan memulihkan fungsi internal organ. Oleh karena itu dapat digunakan dalam situasi kritis.Misalnya Ginseng memulihkan QI

Ramuan manis sering digunakan untuk mengharmoniskan herbal yang fungsinya berbeda arah dan level dalam satu formula. Sifat moderat dari rasa manis juga bisa mengurangi efek samping dari herbal yang bersifat keras dan memoderatkan kecepatan ramuan lainnya, merubah dari keras dan cepat menjadi aksi yang stabil dan konstan.

3. Manfaat Rasa Asam / Masam

Rasa Asam adalah rasa dari Elemen Kayu organ Liver dan Empedu. Rasa asam bersifat astringen, menstabilkan QI, Darah, Esensi dan Cairan Tubuh dan mencegah kebocoran dalam situasi patologis. Karena itu bisa menstabilkan substansi penting dari tubuh dan juga dianggap memiliki fungsi memberi gizi pada tubuh.

Herba asam juga dianggap memiliki fungsi menghilangkan toksinitas dan mengurangi pembengkakan. Hal ini dikarenakan rasa asam yang mendorong fungsi daripada Liver sebagai organ yang bertanggung jawab untuk menetralisir racun, mengatur darah, melancarkan sirkulasi hormon, organ yang menguasai dan mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula protein dan zat-zat lainnya.

Penjelasan Pengobatan Timur mengenai fungsi Liver dan Empedu adalah organ Liver dan Empedu berhubungan dengan dunia luar melalui panca indra MATA, maka masalah pada mata dapat juga menunjukan adanya masalah pada organ Liver dan Empedu. Jaringan yang dikuasai elemen kayu adalah tendon maka permasalah pada tendon juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada fungsi Liver dan Empedu.

4. Manfaat Rasa Pahit

Rasa pahit adalah rasa dari organ Elemen Api yaitu Jantung dan Usus Kecil. Dalam Pengobatan Timur organ jantung dan Usus Kecil di deskripsikan sebagai organ yang berfungsi menguasai sistem pori-pori, mentransportasikan darah, mengendalikan pembuluh darah, menguasai jiwa dan emosi. Dalam menjalankan fungsinya elemen Api ini bersifat panas lembut seperti halnya api, maka gangguan-gangguan yang terjadi pada elemen Api disebabkan adanya panas yang berlebih ataupun adanya lembab (reak/phlegm/dahak) dapat membuat sifat api muncul seperti gelisah, mudah marah, stress dll maka Rasa pahit berperan dalam mengendalikan unsur Api dari Jantung dan Usus Kecil karena rasa pahit memiliki sifat mengeringkan, mengurangi dan mendorong turun atau menurunkan. Jadi ramuan pahit bisa mengeringkan Kelembaban dan melarutkan Phlegm/dahak.

5. Manfaat Rasa Asin

Zat asin memiliki sifat melunakkan dan mengurangi kualitas. Karena dapat melunakkan kekerasan, sering digunakan untuk mengobati radang kronis dan massa/tumor/benjolan, seperti gondok, skrofula, sirosis hati dan tumor.

6. Manfaat Rasa Hambar / Tawar

Substansi yang hambar memiliki fungsi diuretik buang air kecil dan menghilangkan Kelembaban, mengobati edema/bengkak air.

Sekian pembahasan mengenai Manfaat 6 Rasa Yang Jarang Diketahui  semoga dapat memberikan wawasan dan manfaat. Salam Azdah Blogger Terapi Jarum.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

Tidak ada komentar untuk "Manfaat 6 Rasa Yang JARANG DIKETAHUI"

Hosting Unlimited Indonesia
SafelinkU | Shorten your link and earn money