Keutamaan Akupoint Zusanli St 36 Leg Three Miles, Kaki 3 Mil


Zusanli St 36 dibaca cusanli artinya Leg Three Miles Atau Kaki 3 Mil Merupakan titik He Sea dan titik tanah pada Meridian Lambung titik lautan air dan gandum/makanan

Lokasi St 36 Zusanli

Di bawah lutut, 3 cun di bawah Dubi ST 35, 1 jari di samping luar krista/Crest tulang Tibia/tulang kering.

Penusukan Jarum pada St 36 Zusanli

Tegak lurus 1-1,5 cun

Aksi St 36 Zusanli

  • Mengharmoniskan Lambung
  • Menguatkan Limpa dan mengurai kelembaban
  • Mendukung perbaikan Qi dan memupuk Yuan Qi
  • Menguatkan Qi dan menutrisi darah dan Yin
  • Membersihkan api dan menenangkan jiwa
  • Mengaktifkan Meridian dan mengurangi nyeri
  • Menghidupkan kembali Yang dan menyadarkan dari ketidaksadaran.

Indikasi St 36 Zusanli

  • Nyeri ulu hati, mual, muntah, muntah pahit, muntah darah dan nanah, cegukan, sendawa, tegang dan nyeri abdomen, panas di Jiao bawah disertai cenderung lapar, lapar tapi tidak ingin makan, tidak nafsu makan, sulit menelan.
  • Borborygmus/perut berbunyi, ngentutan, diare, disentri, makanan tidak tercerna dalam feses, dingin di Jiao tengah dengan borborygmus, dingin di usus, diare kronik, kekacauan perut tiba2, odema, rasa berat pada tangan dan kaki, nyeri perut bawah dan bengkak disertai tidak bisa buang air kecil, Jaundice/kuning.
  • Defisiensi Qi, defisiensi Yin, defisiensi Qi pada organ Zang, defisiensi Qi Lambung, sesak nafas karena defisiensi, napas pendek dan batuk, sesak nafas dan tidak bisa berdiri lama.
  • Dizziness/pusing bergoyang, dizzines setelah melahirkan karena kekurangan darah, tinnitus/ telinga berdenging, pandangan gelap/remang2, palpitasi/berdebar, hipertensi.
  • Mania-depresi, maniak menyanyi , mengoceh, perkataan abusive/cenderung menyakiti dan merendahkan orang lain, marah dan takut, cenderung sedih, tertawa berlebihan, gelisah dan terasa panas di tubuh.
  • Gangguan nyeri tenggorokan dengan sulit bicara, demam menggigil, panas demam tanpa berkeringat, demam dengan rasa berat pada kepala dan nyeri pada dahi, sakit kepala, hidung dingin, nyeri pada otak, nyeri pada Iga samping, darah beku di internal/ di dalam tubuh, darah beku di dada, serangan jantung tiba-tiba, terasa penuh pada dada dan iga samping, naiknya Qi ke dada.
  • Rahang terkunci kejang, kehilangan kesadaran. 
  • Abses pada payudara, bengkak pada payudara, nyeri pada lutut dan betis, nyeri pada paha dan betis, stroke, lumpuh separuh, nyeri otot, nyeri kronis, nyeri pinggang dengan tak bisa memutar, gangguan area kelamin.

Zusanli ST 36 adalah titik He Sea dan titik unsur tanah pada Meridian Lambung. Titik ini termasuk titik yang paling vital dan digunakan untuk segala macam gangguan pada abdomen/perut. Qin Cheng-zu dari dinasti Song mendeklarasikan bahwa Zusanli ST 36 digunakan untuk mengobati segala macam penyakit.

Istilah Li dalam nama Zusanli dapat diartikan secara beragam sebagai ukuran jarak atau berarti untuk diperbaiki. penafsiran sebelumnya mencerminkan gagasan bahwa merangsang zusanli akan memungkinkan seseorang untuk berjalan tiga li/mil, bahkan ketika kelelahan, serta bahwa titik itu terletak 3 cun di bawah lutut.

Zusanli ST 36 juga bisa untuk memperbaiki 3 zang vital (Lambung, Limpa, Ginjal) atau bisa digunakan untuk 3 Jiao, yaitu atas, tengah dan bawah.

The Classic Difficulties merekomendasikan penggunaan titik He Sea untuk kasus diare. Spiritual Pivot tidak hanya merekomendasikan penggunaannya untuk masalah internal Fu tetapi titik He sea juga untuk gangguan lambung karena tidak teraturnya makan dan minum.

Zusanli ST 36 digunakan untuk semua kasus yang disebabkan panas atau dingin, defisiensi atau ekses, stagnasi dan retensi makanan, cairan ataupun darah, dll.

Pada kondisi normal, fungsi Lambung adalah menerima makanan dan minuman, mencerna dan memasaknya dan menurunkannya untuk dicerna. Ketika fungsi ini terganggu, maka akan ada 2 kemungkinan yang akan terjadi:
  • Qi lambung gagal turun, menyebabkan stagnasi Qi dan makanan hingga menimbulkan rasa penuh pada ulu hati dan abdomen, tegang, kembung dan nyeri, tidak nafsu makan,dll.
  • Qi Lambung berbalik arah ke atas, menimbulkan mual, muntah, sendawa, cegukan, dan sulit menelan.
Pada kasus lambung panas akan terjadi lapar yang berlebihan, sedangkan pada kasus Defisiensi Yin Lambung yang terjadi sangat lapar tapi tidak ingin makan.

Zusanli ST 36, titik unsur tanah pada Meridian Lambung, juga bisa digunakan untuk menguatkan organ zang pasangannya yaitu Limpa, dalam fungsinya transportasi dan transformasi sari makanan dan cairan. Begitupun, titik ini sangat penting untuk kasus diare atau disentri, perut berbunyi, odema, tidak bisa buang air kecil dan rasa berat pada badan.

Spiritual Pivot yang menganjurkan penggunaan Zusanli ST 36 "Ketika usus tidak berfungsi sebagaimana mestinya, jika usus penuh maka Zusanli bisa menguranginya dan jika kekurangan maka bisa menguatkannya"

Itu menggambarkan bahwa Zusanli ST 36 bisa merubah kelembaban yang dengannya bisa menguatkan Limpa.

Lambung dan Limpa di Jiao tengah adalah akar dari Qi setelah lahir dan sumber pokok untuk memproduksi Qi dan darah serta memberi gizi pada essence/Jing (Sari Pati yang disimpan di ginjal).

Statemen klasik:
" Lambung adalah akar dari ZangFu"
"Semua Zang dan semua Fu menerima Qi dari Lambung"
" Lambung adalah lautan Qi dan Darah"
" Qi Lambung adalah akarnya seseorang"
" Dengan Qi Lambung maka ada kehidupan, tanpa Qi Lambung maka ada kematian"

Jika seseorang masih nafsu makan dan pencernaan masih baik, maka prognosanya baik.
Essential Question:
"Air dan gandum adalah akar kehidupan, tanpa air dan gandum, maka seseorang akan mati, seperti seseorang akan mati jika nadi Qi lambung tidak ada."

Zusanli ST 36 adalah titik lautan air dan gandum di area bawah dan Qichong ST 30 adalah titik lautan air dan gandum di area atas. Ketika air dan gandum ekses maka terjadilah rasa penuh pada abdomen dan jika terjadi Defisiensi maka akan terjadi lapar tapi tidak nafsu makan.

Zusanli ST 36 adalah titik yang bisa berdiri sendiri untuk menstimulasi fungsi Lambung dan limpa dalam menghasilkan Qi dan darah.

Qi post natal/Qi seseorang yang didapat setelah lahir adalah hasil dari proses ekstraksi/pencernaan makanan dan minuman yang disebut Guqi dan ditambahkan dengan Qi dari alam/Zhong qi yang dihasilkan oleh Paru-paru, dan bergabung menjadi Zhen Qi/original Qi. 

Zusanli ST 36 adalah titik penting untuk mentonifikasi Qi seluruh tubuh atau dikombinasikan dengan Taiyuan LU 9 ( titik berunsur tanah pada Meridian Paru yang berunsur logam) memakai prinsip "mengolah bumi untuk menghasilkan logam" Ini akan sangat bermanfaat untuk indikasi kekurangan Qi yang ditandai dengan batuk dan nafas pendek, sesak nafas dan tidak bisa berdiri lama.

Zusanli ST 36 juga bisa digunakan untuk menutrisi darah dan untuk indikasi berdebar-debar, pandangan gelap/kabur, dizzines/pusing, dizzines setelah melahirkan karena kekurangan darah.

Zusanli ST 36 bisa dimoksa untuk menjaga kesehatan. Dokter Wang Zhi Zhong : " jika kau ingin aman, maka jangan biarkan Zusanli menjadi kering, dengan cara memoksibusinya"

The Great Compedium of Acupuncture and Moxibustion : " Teraturlah melakukan moksibusi pada Zusanli ST 36 dan Qihai REN 6 pada orang muda yang Qi nya lemah" Ma Dan Yang, disebutkan untuk secara teratur menusuk dan memoksibusi Zusanli bagi yang sudah berusia 30 tahun.

Terkadang dianjurkan pula untuk TIDAK menusuk Zusanli ketika kasus serangan patogen luar, mengingat fungsinya yang mentonifikasi, maka bisa menguatkan pula Qi patogen luar tersebut.

Huatuo menganjurkan penggunaan Zusanli untuk 5 kasus:

  1. Menggunakan mata berlebihan akan melukai darah
  2. Terlalu banyak berbaring melukai Qi
  3. Terlalu banyak duduk melukai otot
  4. Terlalu banyak berdiri melukai tulang
  5. Terlalu banyak berjalan melukai tendon.

Dalam konteks lain disebutkan tentang 7 perlukaan:
  1. Terlalu banyak makan melukai Limpa
  2. Terlalu banyak marah melukai Liver
  3. Angkat berat atau terlalu lama duduk di tempat lembab melukai Ginjal
  4. Patogen dingin melukai Paru-paru
  5. Kekhawatiran dan kecemasan melukai Jantung
  6. Angin, hujan, dingin, dan musim panas melukai badan
  7. Terlalu ketakutan melukai emosi.

Zusanli ST 36 juga digunakan untuk defisiensi Qi dan Yin. Kekurangan Qi akan membuat Limpa dan Lambung gampang terluka.

Secret of a Frontier Official " Ketika seseorang melampaui usia 30 tahun dan tidak melakukan moksibusi pada Zusanli ST 36 maka Qi akan naik dan menyerang mata"

Pernyataan ini menyatakan bahwa Zusanli bisa digunakan untuk menambah Yin pada Ginjal yang akan menurun seiring usia dan mencegah naiknya patogen Yang agar tidak menyerang kepala dan mata.

Cabang dari Meridian Lambung terhubung dengan Jantung dan Meridian Lambung juga terhubung dengan Du yang terhubung dengan otak pada Shenting DU 24 dan Renzhong DU 26. Jika api dari Meridian Yangming (Lambung dan usus besar) lepas kontrol, maka akan menjalar ke Meridian Jantung dan otak dan membuat agitasi pada jiwa.

Api Jantung bercampur dengan dahak, biasanya terbentuk dari kelembaban atau mengeringnya cairan tubuh oleh api. Zusanli ST 36 bisa membersihkan api dari Yangming juga sekaligus mempengaruhi Limpa dalam mengusir lembab dan mengurai dahak. Efek ini bagus digunakan untuk menterapi kejiwaan terutama kasus mania, contoh manic depresi, ngoceh, abusive, dll.

Zusanli punya nama lain yaitu Ghost Evil/Guixie yang garis besarnya digunakan untuk menerapi gangguan mental.

Darah adalah materi pokok bagi Jantung, yang sebagai tempat bersemayamnya jiwa, maka dengan menerapi Zusanli ST 36 bisa memperbaiki keadaan kekurangan darah pada Jantung. Jika Jantung kekurangan darah maka akan berdampak pada kesehatan jiwa/mental.

Zusanli ST 36 dan Fenglong ST 40 bisa digunakan untuk nyeri Jantung dan dada terutama karena darah beku.

Zusanli ST 36 merupakan titik penting untuk kasus sepanjang Meridian Lambung, termasuk bengkak, nyeri, abses payudara, paha, betis.

Fakta bahwa Meridian Yangming Lambung dan Usus Besar penuh dengan Qi dan darah, maka titik ini sangat vital untuk kasus Atropi otot, lumpuh separo.

Essential Question: " Ketika terjadi sakit pada Limpa, maka akan terjadi gagal mentransformasikan cairan tubuh ke Lambung. Empat alat gerak tidak menerima kiriman cairan tubuh/sari makanan sehingga menjadi lemah. Terjadi tidak lancarnya Qi pada saluran sehingga tendon, tulang dan otot menjadi kurang berfungsi dengan baik"
" Ketika nyeri karena lembab dan dingin kronis tidak sembuh-sembuh maka pilihlah Zusanli"
Zusanli ST 36 juga digunakan untuk mengembalikan Yang kolaps dengan ciri hilang kesadaran, takut dingin , kaki dingin, bibir ungu, dll.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter