8 Rangsangan dalam Terapi Akupunktur


Salam Terapi Jarum - Berbagai efek rangsangan yang ditemukan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diterapkan dalam ilmu akupuntur. Pada awalnya, alat–alat yang digunakan untuk  merangsang titik – titik akupuntur secara tradisional adalah benda–benda tajam (jarum metal). Saat ini, alat–alat yang digunakan telah berkembang pesat sesuai dengan inovasi baru dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Akibatnya, pengobatan akupuntur modern tidak hanya dilakukan dengan menggunakan tusukan jarum, melainkan dapat digunakan pula jenis rangsangan yang lainnya. Saat ini, beberapa rangsangan yang telah digunakan dalam pengobatan akupuntur sebagai berikut.

1. Rangsangan Mekanis

Rangsangan mekanis, yaitu rangsangan yang dilakukan dititik - titik  tertentu pada tubuh dengan kekuatan mekanis seperti pijatan yang disebut akupreser atau dengan jarum yang disebut akupuntur yang murni. Rangsangan  mekanis ini dapat dilakukan pula dengan cara memijat ( pressure ), menotog (pushing), mengerok (rapping), atau mencubit (clutching).

2. Rangsangan Panas ( Thermis )

Rangsangan panas yang dilakukan dalam akupuntur yaitu, rangsangan dengan menggunakan moksa yang disebut moxibustion. Dalam ilmu akupuntur klasik, akupuntur dan moksibasi menjadi kesatuan ilmu yang dikenal dengan “akupuntur dan moksibasi”. Moksa dibuat dari daun artemisia vulgaris yang dikeringkan, kemudian dihaluskan dan dibungkus ( digulung ) dengan kertas khusus membentuk batang – batang silinder. Oleh karena itu bentuk moksa seperti ini disebut moksa silinder.

3. Rangsangan Listrik

Rangsangan aliran listrik dihasilkan dari sebuah alat yang disebut elektrostimulator (ES). Rangsangan dengan menggunakan ES pada jarum yang ditusukan dalam suatu titik disebut elektro-akupuntur. Adakalanya elektrostimulator digunakan tanpa jarum, melainkan dengan elektroda yang terbuat dari karet berkonduktor. Adakalanya elektro-stimulator mempunyai elektroda yang runcing seperti pensil. Elektroda inilah yang langsung ditusukan pada titik rangsang. Cara seperti ini disebut elektropunktur (electropuncture)

4. Rangsangan Magnet

Magnet mempunyai kutub positif dan negatif. Diantara kedua kutub tersebut akan terjadi perbedaan potensial yang dapat menimbulkan medan listrik (listrik statis). Magnet yang digunakan dalam akupuntur berbentuk bola-bola yang ukurannya sangat kecil. Bola-bola tersebut dapat ditempelkan dengan menggunakan plester pada titik akupuntur (acupoints) terpilih. Bola magnet ini akan menimbulkan rangsangan yang kecil. Akan tetapi, pemberian rangsangan ini akan berjalan secara terus-menerus. Magnet akupunktur hanya dipakai dalam akupuntur promotif dan akupuntur preventif.

5. Rangsangan Dengan Getaran Suara

Getaran suara dengan frekuensi tertentu dapat dipakai sebagai sumber rangsangan. Rangsangan dengan getaran suara dalam akupuntur dikenal dengan ultrasonik-akupuntur.

6. Rangsangan Dengan Sinar Laser

Penggunaan laser dalam akupuntur adalah teknologi yang baru. Sinar laser merupakan batang sinar monokromatis yang dapat menembus titik-titik tertentu pada tubuh sampai ke bagian jaringan yang lebih dalam.

7. Rangsangan Dengan Obat / Zat Kimiawi

Akupuntur yang dilakukan dengan cara ini disebut aqua-acupuncture. Aqua-acupuncture dilakukan dengan cara menusukan jarum pada titik akupuntur kemudian memasukan obat kedalamnya. Obat yang biasanya digunakan adalah vitamin (B1, B12), hormon (testosteron), obat pati rasa (anestheticum). Aqua-acupuncture hanya dilakukan oleh akupunturis berprofesi dokter.


8. Rangsangan Kombinasi

Rangsangan kombinasi adalah rangsangan yang mengkombinasikan beberapa cara stimulasi. Misalnya, jarum yang digunakan untuk menusuk titik-titik tertentu disisipi moksa bakar pada bagian kepalanya. Dengan cara ini, titik akupuntur ini sekaligus mendapat rangsangan mekanis yang berasal dari jarum dan rangsangan thermis yang berasal dari moksa. Sebenarnya, elektro-akupuntur termasuk rangsangan kombinasi, yaitu tusukan jarum sebagai rangsangan mekanis yang kenudian dihubungkam dengan elektroda listrik yang berperan sebagai rangsangan listrik. Aqua-akupuntur pun sebenarnya adalah rangsangan kombinasi. Dalam hal ini jarum bertindak sebagai rangsangan mekanis dan obat sebagai rangsangan kimiawi.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram
SafelinkU | Shorten your link and earn money
Hosting Unlimited Indonesia