Ad Unit (Iklan) BIG

Cari Tau Kesehatan Bayi Dengan Mengamati Venule Telunjuk Jari


Salam Terapi Jarum - Venule adalah cabang kecil yang mengumpulkan darah dari organ-organ hingga sampai ke vena. Venule dangkal pada telunjuk bayi sebagai cabang Meridian Taiyin Tangan Paru-paru, karena itu, pengamatan Venule dangkal pada bayi berarti atau fungsi hampir sama dengan meraba nadi. Bayi atau BATITA (Bayi dibawah Tiga Tahun), biasanya begitu melihat orang yang tidak dikenal langsung menangis, sehingga menyebabkan kekacauan pada pernafasan dan nadi.

Dengan demikian, nadi sudah tidak dapat memanifestasikan keadaan sebenarnya. Karena itu, pemeriksaan dengan perabaan nadi yang biasanya dapat memberikan sebagian informasi penyakit dengankacaunya pernafasan dan denyut nadi tiu, informasinya sudah tidak dapat diandalkan lagi. Kekurangan itu pada anak-anak dibawah umur tida tahun dapat dikonpensasi dengan cara pengamatan Venule yang dapat digunakan sebagai data dalam penganalisisan penyakit. Dalam pengamatan Venule dangkal pada telunjuk yang perlu diperhatikan adalah perubahan warna, kecerahan dan bentuk daari Venule. Dari perubahan warna, kecerahan dan bentuk itu dapat diketahui keadaan dan prognosis penyakit.

Venule dangkal pada telunjuk dapat dibagi menjadi tiga bagian.

  1. Feng Guan : Daerah buku jari pertama
  2. Qi Guan : Daerah buku jaru kedua
  3. Ming Guan : Daerah buku jari ketiga

Cara Mengamati Venule

Pengamatan Venule dangkal pada telunjuk sebaiknya dibawah cahaya yang cukup. Orang yang memeriksa menggunakan tangan kiri untuk memegang tangan kanan bayi, kemudian dengan itu jari mengurut jari telunjuk bayi beberapa kali, arahnya dari buku ke tiga menuju buku jari ke satu. Dengan demikian, Venule dangkal menonjol sehingga mudah diamati.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Warna, panjang dan kedalaman Venule berikut ini yang perlu diamati.

Pengamatan Warna Venule

Venule dangkal telunjuk pada anak yang normal berwarna merah muda kekuning-kuningan, samar-samar tampak di bawah kulit, umumnya tiidak melampaui buku ke satu
  • Warna merah muda merupakan pertanda dari Sindroma Angin Dingin.
  • Warna merah tua merupakan pertanda dari Sindroma Panas.
  • Warna ungu hitam merupakan pertanda energi dari Jantung sudah lemah dan darah tidak lancar, sehingga perlu dipikirkan terdapat penyakit yang berat.
  • Warna muda merupakan pertanda dari Sindroma Xu (lemah), sedangkan warna tua merupakan pertanda dari Sindroma Shi (kuat).
  • Warna hijau merupakan pertanda dari Sindroma Angin kaget atau terdapat gejala nyeri.

Pengamatan Panjang Venule

Venule dangkal pada telunjuk panjangnya tidak melampaui Feng Guan merupakan pertanda penyakit tidak terlalu berat, apabila terus memanjang dan sampai masuk ke Qi Guan, hal itu menandakan penyakit bertambah berat, apabila terus-menerus menyerang atau menjurus sampai ke Ming Guan, hal itu menandakan penyakit menjadi lebih berat lagi. Venule dangkal yang sampai ke kuku merupakan pertanda dari penyakit yang gawat.

Pengamatan Kedalaman Venule

Venule dangkal pada telunjuk yang tampak jelas disebut Veuw (mengambang) umumnya menandakan penyakit berada pada bagian permukaan atau meridian, apabila Venule tidak jelas, hal itu umumnya menandakan penyakit berada pada bagian dalam atau organ.

Dalam klinik, unutk mendapat diagnosis yang tepat pengamtan Venule dangkal pada telunjuk perlu dipadukan dengan cara pemeriksaan yang lain, kemudian dianalisis secara menyeluruh.

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

Baca Topik Lainnya

Baca Topik Artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca di

Related Posts

Subscribe Our Newsletter