Artikel Menarik Teknik Terapi

7 Solusi Alami dan Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Azdah Blogger Azdah Blogger
April 13, 2020
1 Komentar
Beranda
Artikel Menarik
Teknik Terapi
7 Solusi Alami dan Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Salam Terapi Jarum - Baru juga beberapa hari hujan, banyak orang-orang pada "tumbang" kena serangan angin (PPL alias Penyebab Penyakit Luar). mudah-mudahan TIPS ini bisa membantu teman-teman semua, Jika keadaan ini dibiarkan pastinya membuat anda sangat tidak nyaman dan akan sangat menggangu aktifitas harian jika dibiarkan berlarut-larut.

Biasanya gejala hidung mampet atau tersumbat disebabkan karena adanya alergi seperti alergi pada debu, dingin atau seseorang sedang mengalami gejala penyakit pilek atau influensa. Selain itu keadaan ini juga banyak disebabkan oleh peradangan yang biasa dikenal dalam istilah medis adalah iritasi pada rongga sinus yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat dan susah untuk menarik dan membuang nafas.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi Hidung tersumbat selain menggunakan obat-obatan yang banyak tersedia di toko-toko, di warung-warung dan apotik, ternyata ada solusi alami dan mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gejala hidung mampet ini, mau tau baca terus sampai bawah, berikut ini solusi alami dan mudah mengatasi hidung tersumbat:

1. Solusi Hidung Tersumbat dengan Minum Air Hangat

Jika anda sedang mengalami hidung tersumbat, hal pertama yang mudah dan bisa anda lakukan adalah dengan banyak minum air hangat yang akan membantu untuk mengencerkan lendir yang ada didalam hidung sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Selain air hangat anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti jahe hangat, teh hangat, air lemon hangat dan lainnya.

2. Solusi Hidung Tersumbat dengan Menghirup Uap Air Hangat

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap air hangat yang sudah dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Cara ini juga akan sangat membantu untuk mengencerkan lendir yang menyebabkan hidung menjadi mampet.

3. Solusi Hidung Tersumbat dengan Kompres Air hangat

Melakukan pengompresan dengan air hangat pada hidung yang tersumbat juga akan membantu mengatasi masalah tersebut. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kain atau handuk kecil yang dicelupkan pada air hangat dan tempelkan pada hidung.

Cara ini juga bisa anda lakukan pada anak-anak atau bayi yang mengalami hidung tersumbat.

4. Solusi Hidung Tersumbat dengan Matikan Pendingin Ruangan

Ketika anda sedang mengalami hidung tersumbat, sebaiknya matikan AC atau kipas angin diruangan agar tubuh anda tetap hangat. Berada diruangan yang dingan akan memperparah tersumbatnya hidung anda.

5. Solusi Hidung Tersumbat dengan Mengonsumsi Makanan Pedas

Dengan memakan makanan yang pedas akan sangat membantu untuk mengeluarkan lendir yang menyembat di hidung anda. Karena biasanya makanan pedas akan membuat lendir pada hidung akan otomatis keluar karena sensasi panas yang kita rasakan.

6. Solusi Hidung Tersumbat dengan Posisi Tidur Kepala Lebih Tinggi

Ketika anda mengalami hidung mampet sebaiknya ketika tidur menggunakan bantal yang lebih tinggi, karena hal itu akan membantu meringankan pernafasan anda ketika tidur.

7. Solusi Hidung Tersumbat dengan Melakukan Pemijatan Ringan Pada Hidung

Satu lagi cara yang efektif dan mudah dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan melakukan pemijatan pada titik-titik tertentu. Terutama bisa dipijet disekitar area hidung

BONUS TIPS Herbal Alami mengatasi Hidung Tersumbat dan Batuk

Untuk herbal yang mudah didapatkan dirumah untuk mengatasi Hidung Tersumbat dan Batuk sebagai berikut :
  • Jahe diiris 1 buah
  • Serai/sereh 1 buah
  • Cengkeh 5 biji
  • Jeruk mipis 
  • Madu.

Diminum selagi hangat 3x sehari

Demikian beberapa tips sederhana dan mudah mudah dilakukan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat yang menyiksa anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah yang sedang anda hadapi. Aamiin

Sumber :
Master Tatang Rahmat Terapis Bandung GWA HOLISTIC THERAPY DISCUSS
fb : https://www.facebook.com/TATANG.RAHMAT

Penulis blog

1 komentar

  1. Azdah Blogger
    Azdah Blogger
    16 September 2020 pukul 18.38
    Sama2...