5 Kesalahan Berobat Di Dalam Agama Islam


Berobat merupakan bentuk dari salah satu ikhtiar atau wasilah untuk memulihkan tubuh yang sakit. Sebagai seorang terapis atau pengobat tentu tugasnya bukan hanya untuk membantu seseorang yang dalam keadaan sakit agar segera mencapai kesembuhan atas kehendak Allah. Tetapi tugas yang utama bagi seorang Terapis atau Pengobat adalah meluruskan niat dan keyakinan orang sakit agar tetap dijalan yang Allah SWT Ridhoi.

Psikologis orang yang Sehat dan yang Sakit tidak Bisa Kita Samakan.

Dalam kekuatan 4 Fitrah Manusia yaitu Qolbun, Akal, Nafsu dan Jasmani saling terikat dan berhubungan satu sama lain, sehingga jika terjadi gangguan maka akan mempengaruhi bagian lainnya, begitupun dengan sakitnya badan dapat mempengaruhi psikologis emosional seseorang dalam menghadapi ujian yang Allah berikan begitu pun juga sebalik ketika seseorang mempunyai penyakit hati maka secara tidak langsung akan mempengaruhi psikisnya (tubuh). Dibawah ini adalah 5 Kesalahan Berobat Di Dalam Agama Islam yang terjadi di masyarakat.

1. Berkeyakinan bahwa Obatlah yang Dapat Menyembuhkan Penyakit.

Berkeyakinan bahwa obat yang menyembuhkan adalah suatu hal yang keliru karena pada Hakikatnya Allah lah yang menyembuhkan dan wasilahnya adalah obat, maka tidak seharusnya kita berkeyakinan bahwa obat yang menyembuhkan tetapi obat adalah wasilah agar Allah mengizinkan kita untuk kembali sehat.

2. Berobat Kepada Seseorang yang Tidak Memiliki Pengetahuan tentang Ilmu Pengobatan.

Segela sesuatu tentu harus bertanya kepada ahlinya jika tidak maka kita akan tersesat, begitu pun dalam hal berobat, berobatlah kepada ahlinya yaitu orang yang mengetahui seluk beluk dunia pengobatan dan mempelajarinya secara sempurna.

3. Berobat Kepada Para Dukun atau Orang-orang yang Bodoh Tentang Agama Islam.

Berobat ke dukun dalam agama Islam merupakan hal yang diharamkan dan salah satu dari dosa besar karena dalam hatinya telah berpaling dan menyekutukan Allah adapun berobat kepada orang-orang yang bodoh tentang agama Islam adalah untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah dalam mencari wasilah berobat seperti berobat menggunakan barang-barang yang haram dan menghindarkan juga membentengi diri dari perbuatan zina ketika berobat membuka aurat tanpa adanya kondisi yang membolehkannya.

4. Berkeyakinan dengan Benda-benda yang Bertuah, Tempat-tempat yang Bertuah dan dengan Keahlian Orang-orang yang Aneh Seperti para Tukang Sihir yang Dapat Membohongi Pandangan Manusia dalam Penyembuhan Penyakit Secara Cepat.

Berkeyakinan pada benda-benda, tempat yang diagungkan dan para tukang sihir merupakan perbuatan Syirik kepada Allah Ta'ala. Maka alangkah baiknya ketika sebagai seorang muslim untuk menghindari penggunaan zimat dan lain sebagainya dalam berobat.


5. Berputus asa dan berburuk sangka pada saat penyakit belum diberikan kesembuhan dan kesembuhan adalah milik Allah SWT, proses bersabar dalam berobat akan semakin menguatkan keyakinan, bahwa manusia merupakan makhluk yang tidak memiliki daya dan kekuatan.

Berputus asa merupakan sifat tercela, sikap atau perilaku yang merasa bahwa dirinya gagal, tidak akan sembuh hingga hilang harapan untuk hidup.

Islam telah mendidik Ummatnya untuk menghindari sifat berputus asa dalam Al Qur'an Surat Yusuf surat ke 12 ayat 87 yang artinya

"Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir"

Allah yang menurunkan penyakit maka Allah telah menurunkan obatnya, Allah menguji hambanya sesuai dengan kemampuannya sebagaimana dalam penggalan surat Al Baqarah ayat 286 yang sering kita bacakan setelah sholat yang artinya :

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya."

Setiap kesulitan yang Allah berikan untuk menguji hambanya maka Allah akan memberikan kemudahan sebagaimana terdapat dalam Surat Al Insyirah ayat 5-6 yang artinya :

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"

Demikian 5 Kesalahan Berobat Di Dalam Agama Islam, semoga Allah menurunkan rahmatnya, disehatkan selalu dan dimudahkan segala urusan kita. Aamiin.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter