Ads 720 x 90

12 Titik Langit Akupunktur Berbintang Ma Dan Yang


Ma Dan Yang (lahir di Provinsi Shandong sekitar tahun 1123 Masehi), ahli pengobatan dari dinasti Jin, adalah penemu sebelas titik Starry Sky, di mana dia mempertimbangkan titik akupunktur paling vital di dalam tubuh. Xu Feng (penemu 8 titik ekstrameridian), menambahkan satu titik menjadi dua belas titik yaitu LR-3 (Taichong) sehingga disebut dua belas titik Starry Sky Ma Dan Yang.

Hasil temuan 11 titik Ma Dan Yang pertama kali dipublikasikan dalam buku Jade Dragon Manual pada tahun 1329 Masehi. Satu abad kemudian Xu Feng melengkapinya menjadi 12 dan emberikannya nama baru Song of the Twelve Points Shining Bright as the Starry Sky and Able to Heal All the Many

Diseases. Ke dalam bahasa Inggris kemudian diterjemahkan sebagai The Golden Needle and Other Odes of Traditional Acupuncture oleh Richard Bertschinger pada tahun 1991.

12 titik tersebut yaitu :

1. LU-7 (Lie Que)

Manfaat :
Migrain, obstruksi nyeri karena angin dan mati rasa pada seluruh tubuh, obstruksi reak di tubuh bagian atas dan mulut kejang.

2. LI-4 (He Gu)


Manfaat :
Sakit kepala, muka bengkak, malarai dengan gejala demam panas dingin, mimisan, gigi rusak,kejang mulut tanpa bisa bicara.

3. LI-11 (Qu Chi)



Manfaat :
Siku sakit, hemiplegia tanpa bisa menutup tangan, urat bermasalah sehingga tidak bisa menyisir, demam berulang, sakit tenggorokan seakan sekarat, gangguan kulit karena angin.

4. ST-36 (Zu San Li)


Manfaat :
Perut dingin, borborygmus, diare, kaki bengkak, lutut dan betis sakit, cedera karena dingin, kekurusan, infeksi parasit karena berbagai sebab.

5. ST-44 (Nei Ting)


Manfaat :
Panas dingin serasa mati di tangan dan kaki, tidak menyukai suara, ruam kulit, tenggorokan sakit, terus menguap, sakit gigi, malaria tanpa nafsu makan.

6. HT-5 (Tong Li)


Manfaat :
Tidak dapat berbicara walau ada keinginan, kesal dan marah; Jantung berdebar. Saat Jantung berdebar ekses, terdapat rasa berat di alat gerak tubuh, kepala, pipi dan wajah merah. Saat defisien, tidak dapat makan, suara hilang dan ekspresi muka hilang.

7. BL-40 (Wei Zhong)


Manfaat :
Sakit pinggang tanpa bisa ditegakkan, nyeri pinggang sampai ke punggung di mana otot dan tulang terasa sakit dan kaku, obstruksi angin menyakitkan Yang sering terjadi, kesulitan dalam menggerakan lutut.

8. BL-57 (Cheng Shan)


Manfaat :
Nyeri pinggang, haemorrhoids, susah BAB, kaki kram, kejang dan nyeri bersama kolera; tremor.

9. BL-60 (Kun Lun)


Manfaat :
Kram pada daerah lumbal dan sakrum, tiba-tiba susah bernafas, rasa penuh di Jantung, tidak bisa berjalan bahkan melangkah di mana saat bergerak langsung mengerang.

10. GB-30 (Huan Tiao)


Manfaat :
Obstrusi angin dingin dan nyeri lembab, nyeri dari pinggul hingga betis, menghela nafas dengan nyeri saat memutar balik badan.

11. GB-34 (Yang Ling Quan)


Manfaat :
Lutut bengkak dan mati rasa, obstruksi nyeri dingin, hemiplegia, tidak bisa mengangkat kaki.

12. LR-3 (Tai Chong)


Manfaat :
Epilepsi angin & ketakutan, tenggorokan dan Jantung menggelembung, kedua kaki tidak bisa berjalan, 7 tipe gangguan shan, bengkak testicle dan melorot, pandangan berkabut, nyeri pinggang

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI