Beranda
Acupoints
Tentang Akupunktur
Mengenal Manfaat dan Kelebihan Akupunktur

Salam Terapi Jarum - Akupunktur atau dalam bahasa Inggris ditulis Acupunkture berasal dari kata bahasa Latin yaitu Acu artinya jarum dan Punggure yang artinya cucuk. Akupunktur adalah satu-satunya terapi yang medianya hanya menggunakan jarum halus, jarum Akupunktur berbentuk khusus tidak sama seperti jarum yang biasanya anda ketahui seperti jarum suntik. Lebih jelasnya tentang jarum Akupunktur anda bisa baca di artikel Bentuk dan Ukuran Jarum Akupunktur.

Akupunktur dalam bahasa Cina dikenal dengan Cenciu. Dalam teorinya yang biasa dikenal sebagai TCM (Tradisional Chine Medice) atau TM (Thiongkok Medice) memiliki filisofi yang erat terhadap alam baik itu dalam penjelasan mengenai organ, perjalanan penyakit hingga cara pemeriksaan.

Dalam Akupunktur kurang lebih telah tercatat sebanyak 460 titik di sekujur tubuh manusia yang disebut sebagai meridian. Meridian ini merupakan jalur energi yang menghubungkan seluruh jaringan-jaringan tubuh dari bagian dalam sampai bagian terluar.

Dalam mencari titik Akupunktur pun terbilang sangat unik karena ukuran yang dipakai bukan centimeter tetapi ukuran cun, anda bisa baca di artikel Bagaimana Mengukur Jarak Antara titik Acupoint?

Tujuan dari cara penyembuhan Akupunktur adalah untuk merangsang aliran energi, sehingga rangsangan yang ditimbulkan dapat memberikan stimulus ataupun sinyal-sinyal respon syaraf pada organ yang bermasalah. Oleh karena itu untuk menyembuhkan bagian organ dalam Akupunktur hanya perlu memberikan rangsangan dari jalur meridian pada permukaan tubuh.

Akupunktur telah digunakan sejak lama oleh Tamadun Cina yaitu 4000 tahun yang lalu, maka para ahli-ahli pengobatan memberikan penghormatan kepada Cina walaupun Akupunktur telah digunakan oleh Tamadun lainnya seperi Arab Tigris, Afrika, India dan Mesir Kuno.

Akupunktur dalam Agama Islam

Akupunktur dalam agama Islam merupakan salah satu pengobatan dari Thibbun Nabawi, hal ini dikarenakan Thibbun Nabawi terintegrasi dari beberapa wilayah atau negara, salah satunya adalah Cina, yang mana dalam perkembangannya Akupunktur merupakan perpecahan dari terapi Hijamah atau yang biasa kita kenal dengan Bekam yang merupakan peninggalan Rasulullah Saw. Setelah para sahabat Rasulullah Saw., tiba di Cina dalam rangka berdakwah juga memperkenal terapi Hijamah pada orang-orang Cina. Setelah beberapa waktu kemudian orang-orang Cina membuat kajian tentang Hijamah, mereka mendapati bahwa Akupunktur merupakan pecahan dari terapi Hijamah.

Dalam teorinya terbukti bahwa ada kemiripan teori walaupun dalam berbeda bahasa dan penyampaian seperti teori tentang bahwa alam semesta ini tercipta secara berpasang-pasang yang dijelaskan dalam Al Quran dalam Surat Ar Rad : 3, Surat Fatir : 11, Surat Yaasin : 36 dengan teori Yin Yang dalam pengobatan Akupunktur.

Kelebihan Akupunktur

  • Merangsang atau mengaktifkan saraf
  • Menstabilkan aliran darah
  • Menormalkan tekanan darah
  • Merangsang tenaga Qi
  • Mengatasi berbagai penyakit
  • Tidak ada efek samping sehingga tidak akan memperparah kondisi pesakit
  • Mengurangi sakit yang ditimbulkan gejala
  • Mengatasi kegelisahan
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Mengatasi masalah mata rabun
  • Dan banyak lagi

Demikian artikel Mengenal Manfaat dan Kelebihan Akupunktur semoga bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar