Ads 720 x 90

Terapi Moksibusi Tidak Menambah Energi/Qi

Terapi Moksibusi Tidak Menambah Energi/Qi

Terapi Moksibusi Tidak Menambah Energi/Qi judul ini karena terkait dengan pengalaman pribadi yang dulu keliru dalam memahami akupuntur dan moksa.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui dulu apa itu Moksibusi ?

Dikutip dari Wikipedia tentang terapi moksa yaitu

Moxibustion (dalam bahasa Tionghoa: 灸; dibaca pinyin: jiǔ) adalah teknik pengobatan dengan cara menggunakan tanaman obat yang bernama moxa, atau mugwort. Tanaman mugwort ini disimpan dalam jangka waktu lama terlebih dahulu kemudian digiling halus. Pelaksanaan pengobatan ini dilakukan dengan cara membakar gilingan moksa tadi atau memprosesnya lebih jauh menjadi batangan kecil seperti semacam cerutu (tapi bukan untuk merokok). Kemudian dapat dipakai dengan secara tidak langsung, menggunakan jarum akupunktur atau secara langsung dibakar di atas kulit klien.

Setidaknya ada 2 macam jenis moksa yang diketahui secara umum yaitu :
  • Moksa Batang seperti cerutu atau rokok.
  • Moksa Kerucut seperti namanya moksa ini seperti kerucut dapat ditempelkan diatas jarum akupunktur atau bahkan langsung ke kulit.

Dulu saya mengira moksa itu akan menambah energi, namun ternyata sebaliknya, moksa tidak menambah Qi/energi. Sebagaimana juga dalam penggolongan herbal ada tonik Qi dan tonik Yang, maka moksa tergolong tindakan yang menambah unsur Yang. Unsur Yang didapat dari kumpulan Qi. Maka jika orang tersebut cukup energinya ia akan merasakan kehangatan pada tubuhnya karena cukup Yang. Jika orang tersebut kekurangan Yang/Yang Xu maka ia akan merasakan kedinginan.

Moksa sangat bagus digunakan untuk kasus Yang Xu sehingga ia akan langsung menambah Yang. Titik yang sering digunakan untuk menambah Yang adalah KI 2, KI 3, REN 4, REN 6, DU 4 BL 23, DU 14 dan DU 20. Semua titik ini efektif untuk menambah Yang.

Mengapa orang kedinginan, kurang Yang, dilakukan moksa, bukan tusuk jarum/akupuntur? 

Jawabnya, akupuntur tidak menambah Yang, Akupuntur akan menambah Qi. Dengan moksa, tubuh akan hangat. Dengan kehangatan tubuh itu (tubuh yang cukup Yang) akan mendukung terlaksananya semua proses di dalam tubuh sehingga terciptalah energi atau Qi Moksa sinergi dengan apa?

Menurut konsep bekam sinergi, moksa dikombinasi dengan akupuntur atau bekam api, serta herbal penambah Yang seperti Fu zi, Khan jiang, cordisep, rou cong rong dan Tusi zi.

Kontra Indikasi Moksa

Terapi ini karena menambah unsur Yang dan panas, akan mengeringkan cairan. Maka tidak boleh digunakan pada sindrom Yang Shi dan Yin.

Bagaimana dengan Yin Shi atau dingin ekses?

Untuk dingin ekses bekam sinergi memandang sangat bagus dengan Cupping fire atau bekam api. Karena bekam api menarik unsur dingin keluar dari tubuh. Tetapi jika sindrom dingin luar dan dingin dalam terjadi bersama-sama maka moksa bisa dikombinasi dengan bekam api

Inspirasi On Klaten, 23 April 2011
Sumber : Buku Bekam Sinergi Achmad Ali Ridho

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI