3 Pondasi Penting Pengobatan Jasmani


Pengobatan merupakan remediasi masalah kesehatan tubuh dengan mengikuti beberapa tanda atau gejala masalah kesehatan.

Pengobatan dalam Islam merupakan hal yang dibolehkan karena pengobatan merupakan salah satu dari tradisi manusia dan merupakan ikhtiar untuk dirinya agar dapat bertahan hidup di dunia.

Ada tiga pondasi dalam pengobatan jasmani manusia ;

1. Memelihara atau menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan point pertama yang harus kita jaga, karena kesehatan merupakan modal utama kita dalam beramal atau bekerja melakukan aktivitas. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara mengatur pola hidup anda seperti pola pikir melakukan management stress, pola istirahat yang teratur, melakukan olah raga dll.

2. Memelihara dari hal-hal yang membuat sakit.

Poin kedua yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh adalah memelihara tubuh anda dari hal-hal yang membuat anda nanti jatuh sakit, sebagai contoh tidak memaksakan tubuh anda dalam beraktifitas berlebihan kecuali memang dalam keadaan yang bersifat darurat.

3. Terbebas dari makanan-makanan yang dapat merusak kesehatan badan.

Zaman sekarang tentu semua makanan telah banyak dikemas secara instan selain cepat siap saji makanan instanpun sangat enak untuk dikonsumsi. Akan tetapi belum tentu makanan-makanan instan tersebut baik bagi tubuh anda, alangkah baiknya jika anda dapat mengatur pola hidup anda tidak berlebihan sebagaimana ayat Al Quran dibawah ini
"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Ada sisi lain yang berhubungan dengan jasmani dan rohani manusia, penyakit yang ditimbulkan oleh unsur-unsur yang melibatkan jin, syaitan atau manusia yang mengikuti jalan dan meminta bantuan kepada jin atau syaitan, hal tersebut berdampak pada kesehatan jasmani dan rohani.

Dan karenanya manusia harus dalam konsep keseimbangan hidup dengan mensinergikan antara aspek ilahiyyah dan alamiyah.

Beberapa penjelasan At-Thibbun Nabawi dan riwayat hadits-hadits Nabi

  1. Dari Abi Hurairah, dari Nabi SAW: "Tidaklah Allah menurun penyakit melainkan telah menurunkan obatnya."
  2. Dari ibnu Abbas, dari Nabi SAW: "Obat itu terdapat pada sayatan bekam, meminum madu dan dengan memanaskan besi dan aku melarang umatku untuk menggunakannya"
  3. Dari Annas, bahwa banyak orang pada waktu itu dalam keadaan sakit, mereka berkata: Yaa Rasulullah, berikanlah kami perlindungan dan berikan juga kami makanan. Maka ketika mereka sembuh mereka berkata: Sesungguhnya kota Madinah terdapat penyakit yang menakutkan, maka Allah SWT menurunkan udara yang panas dan mereka berada diantara unta-unta yang digembala pengembala maka Nabi bersabda: Minumlah dari air susunya.


Dari keterangan diatas bahwasanya suatu pondasi pengobatan jasmani tidak dapat lepas dari rohani sehingga ketika anda melakukan ikhtiar dalam pengobatan jasmani harus disertai dengan keyakinan kepada Allah dan jalan atau wasilahnya seperti berobat ke dokter atau terapis, lalu bersikat sabar, tawakal kepada Allah karena setiap penyakit pasti ada obatnya kecuali tua.

Wallohu A'lam
Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter