Madu Asli atau Palsu? Begini 6 Cara Membedakan Madu Asli


Madu secara umum adalah cairan alamiah berupa sirup yang mengandung banyak zat gula. Madu dihasilkan oleh Lebah dari nektar bunga yang rasanya manis.

Madu sudah dipercaya sejak dahulu bahkan disebutkan dalam kitab suci Al Qur'an. Madu memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, selain menambah stamina dan memenuhi nutrisi yang anda butuhkan untuk beraktivitas, madu pun dapat digunakan untuk menangani masalah kesehatan hingga untuk perawatan dan pengobatan untuk masalah kulit.

Madu yang merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan dalam Al Qur'an bagi seorang muslim tentu kita harus yakin akan ciptaan Allah yang satu ini karena memiliki nilai hikmah yang lebih akan kekuasaan ciptaan Allah.

Dengan banyaknya manfaat madu, tentu bagi Anda yang ingin membeli madu pasti ingin mengetahui apakah madu yang anda gunakan adalah madu asli atau palsu madu oplosan yang dicampur banyak air.

Berikut Azdah rangkum 6 Cara Membedakan Madu Asli

1. Tuangkan Madu ke dalam Segelas Air

Madu asli akan langsung mengendap dan tidak bercampur dengan air, jadi air tetep jernih. Madu yang asli jika dituangkan ke dalam air hangat maka tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Jika madu sudah dicampur maka akan lebih cepat membuat air menjadi keruh.

2. Madu Asli Berbusa dan Mengandung Gas. 

Ini merupakan indikator adanya enzim diatase dan fermentasi gula. Kandungan madu yang tidak bisa dipalsukan adalah karena adanya zat Enzim Diastase ini. Kandungan diatase inilah yang menjadi salah satu acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena Enzim Diastase yang terdapat pada Madu hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah saja.

3. Madu Asli Memiliki Sifat Menyerap Air 

Jika madu dibiarkan pada tempat terbuka dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.

4. Teteskan Madu pada Selembar Kertas. 

Malsu akan mudah terserap pada kertas dikarenakan kandungan airnya tinggi.

5. Jika dituang ke wadah berisi air. 

Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar, bahkan bisa langsung larut dengan air.

6. Simpan Beberapa Sendok Madu di dalam Freezer Kulkas. 

Simpanlah sekitar 10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu terutama kandungan air. Sedangkan Madu asli seharusnya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es, kita masih dapat meminumnya kapan saja.

Bila disimpan satu wadah/botol di kulkas dan terjadi endapan di bawah/dasar wadah madu, biasanya itu adalah endapan dari campuran gulanya dan bila ada endapan diatas madu, maka itu adalah kandungan royaljelly.

Menentukan Madu Asli atau Palsu Dengan Semut?

Semut sebenernya tidak dapat dipakai sebagai indikator acuan untuk memastikan madu itu asli atau palsu. Karena pada dasarnya sifat alami semut menyukai yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu.

Namun jika madu tersebut kental sehingga memiliki kandungan kadar air yang sedikit akan membuat semut sulit untuk mendeteksi rasa manis pasa madu hal ini dikarenakan karena struktur molekul madu yang semakin padat dan tetap utuh. Sebaliknya, bila kadar air dalam madu tinggi hingga di atas 20%, maka semut mudah menghampiri.

Madu tidak akan habis oleh semut, lain halnya dengan gula, cairan gula bisa habis oleh semut dan hanya semut-semut jenis tertentu yang memang bisa mendeteksi adanya glukosa dalam madu, biasanya jenis semut tersebut adalah semut pudak yang kecil/lembut.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter