Artikel Menarik

Bagaimana Cara Kerja Shampo Anti Ketombe ?

Azdah Blogger Azdah Blogger
Januari 27, 2020
0 Komentar
Beranda
Artikel Menarik
Bagaimana Cara Kerja Shampo Anti Ketombe ?

Salam Terapi Jarum - Pernahkah anda mengalami ketombe, tentu hampir semua orang pernah mengalammi hal ini, bahkan sampai merasa terganggu dengan adanya ketombe, terutama pada kaum wanita.

Berbicara tentang bagaimana cara kerja shampo anti ketombe, tetunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ketombe ?

Ketombe (dandruff) diyakini disebabkan oleh pertumbuhan semacam ragi yang kelewat subur seperti Pityrosporumovale yang hidup pada kulit normal. Pertumbuhan berlebihan ini menyebabkan iritasi lokal yang mengakibatkan hiperproliferasi sel (keratinosit) yang membentuk lapisan luar kulit. Ini pada gilirannya membentuk kerak-kerak yang semakin banyak dan belakangan rontok sebagai ketombe.

Shampo anti ketombe bekerja melalui 3 mekanisme. Bahan-bahan seperti tar batubara bersifat antikeratostatik dan mereka bertugas menghambat pembelahan sel keratinosit. Deterjen dalam shampo bersifat keratolitik mereka bertugas membongkar tumpukan kerak.

Akhirnya agen antijamur seperti ketoconazole bertugas menghambat pertumbuhan jamur. Komponen-komponen lain seperti selenium sulfida juga menghambat pertumbuhan jamur dan karena itu juga menghambat pembentukan kerak.

Penulis blog

Tidak ada komentar