Kidal itu SIAL, Kenapa Bisa?


Bagi anda seorang yang bertangan kidal, mungkin tersinggung dengan judul artikel ini, tentunya artikel ini dibuat berdasarkan pada artikel di New Scientist yang mengatakan bahwa orang kidal mempunyai resiko lebih besar untuk meninggal karena kecelakaan. Bagaimana mungkin? Jelas bahwa orang bertangan normal memiliki peluang yang sama untuk meninggal karena kecelakaan. Atau barangkali ada sebuah faktor X, sehingga orang kidal dalam sebuah artikel New Scientis tersebut dianggap SIAL

Ketika menjumpai sebuah penghalang, orang bertangan normal pada umumnya akan menghindari penghalang itu dengan memutar ke sebelah kanan, sedang orang kidal cenderung memutar ke sebelah kiri. Apabila 2 orang bertangan sama-sama normal atau sama-sama kidal mendekati sebuah penghalang dari arah berlawanan mereka akan berpapasan dengan aman tanpa bertumbukan. Apabila 2 orang dengan kecenderungan berbeda mendekati sebuah penghalan dari arah berlawanan, mereka akan lewat ke sisi penglang yang sama. Karena kebanyakan orang tidak kidal, orang bertangan kidal akan paling sering mengalami seituasi seperti ini. Ini sebuah contoh yang sederhana, tetapi kalau ditinjau secara ekstrem dengan peluang berpapasan yang banyak sekali, peluang kecelakaan pada orang kidal jelas lebih besar.

Orang-orang kidal memiliki resiko lebih besar untuk tewas akibat kecelakaan karena peralatan pekakas dan mesin industri dirancang bagi orang-orang normal. Oleh sebab itu orang bertangan kidal lebih mungkin cedera oleh alat mekanin yang sedang mereka gunakan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter