Apakah Naluri Ketika Berjalan Berdampingan Langkah Kaki Sama


Mengapa ketika 2 orang berjalan bersebelahan, mereka sering secara tidak sadar mulai berjalan secara sinkron berirama. Apakah itu naluri alami ?

Menurut pakar zoologi dan spesialis perilaku manusia, Desmond Morris, berkata bahwa alasan orang mulai berjalan seperti orang lain adalah mereka mempunyai suatu kebutuhan bawah sadar untuk menunjukkan kepada sang teman bahwa mereka sependapat dengan mereka dan karena itu cocok sekali dengan mereka. Ini juga sebuah isyarat bagi orang lain bahwa “kami bersama, maka kami selaras.”

Penelitian lain menunjukkan bahwa kita juga memiliki kecenderungan meniru perilaku orang yang bersama kita, terutama atasan kita, misalnya dengan menilangkan kaki ke arah yang sama. Ini sering terjadi dalam sebuah rapat, ketika bos menggaruk hidung, banyak orang lain ikut melakukannya tanpa sadar.

Walaupun pandangan berikut sama sekali tidak didukung oleh bukti, untuk pertanyaan mengapa orang cenderung menyelaraskan langkah-langkah mereka?

Sewaktu memperhatikan sekelompok anak berjalan-jalan disebuah taman yang diawasi oleh 2 orang dewasa, ketika diperhatikan kedua orang dewasa itu menyelaraskan langkah-langkah dan arah berjalan mereka, sementara anak-anak berjalan, berlarian dan berlompatan secara acak, adayang jauh di depan, ada yang ketinggalan dan ada yang menyimpang dari lintasan bersama. Barangkali anak-anak ini yang belum tercemari oleh keharusan menyesuaikan diri dan menyeragamkan diri dalam masyarakat, belum tahu bahwa kalah sudah dewasa kelak mereka belum tentu sebebas itu.

Apabila lain kali anda berjalan bersama seseorang, berjalanlah dengan irama lebih lambat, tetapi sambil meneruskan percakapan anda dengannya. Anda akan tertinggal dan percakapan akan terhenti. Ketika anda berjalan seirama, lebih mudah bagi teman anda untuk mengetahui posisi anda sehingga tau ke mana ia harus menoleh.

Komukasi dengan seseorang lebih mudah apabila anda berdekatan dan ketika posisi muka relatif stabil aliih-alih naik turun tidak menentu.

Berikut ini sebuah penjelasan yang tidak dihubung-hubungkan dengan ilmu sosial. Ketika orang berjalan mereka cenderung sedikit berayun ke kanan dan ke kiri. Apabila 2 orang berjalan berdampingan tetapi tidak selaras, mereka akan beradu bahu setiap 2 langkah.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter