Penanganan Terapi Tentang Akupunktur

3 Penyebab Nyeri Pinggang Bawah dengan Terapi Akupunktur

Azdah Blogger Azdah Blogger
Februari 25, 2021
0 Komentar
Beranda
Penanganan Terapi
Tentang Akupunktur
3 Penyebab Nyeri Pinggang Bawah dengan Terapi Akupunktur

1. Akibat serangan Lembab Dingin pada Meridian

Nyeri ini terjadi setelah terpapar angin, dingin dan lembab dengan gejala : rasa berat dan nyeri daerah pinggang bagian belakang disertai kekakuan otot-otot, bagian tubuh belakang sulit digerakan dan sakit jika digerakan, nyeri ini dapat menjalar ke pantat dan kaki dan jika diraba daerah yang terserang terasa dingin. Nyeri akan bertambah jika suasana mendung, hujan, berada pada ruangan ber AC dan istirahatpun tidak banyak menolong.

Prinsip terapi :

Lakukan terapi dan penghangatan di titik Bl. 23 Shenshu dan GV. 3 Yaoyangguan untuk mengusir factor lembab dingin dan pemberian moksa sepanjang meridian akan melancarkan sirkulasi yang beku akibat lembab dingin.

2. Akibat Defisiensi Qi Ginjal

Rasa nyeri yang ditimbulkan tidak hebat, lambat tapi berkepanjangan disertai rasa lelah dan lemah di daerah pinggang dan lutut dan gejala ini akan semakain terasa jika ditarik, ditekan atau berbaring.

Prinsip terapi :

Perkuat Qi Ginjal dengan merangasang secara tonifikasi titik 
  • GV. 4 Mingmen, 
  • Bl. 52 Zhinshi 
  • Ki. 3 Taixi.

3. Stagnasi Qi Xue akibat Trauma/Benturan

Nyeri ini terjadi setelah terkilir, jatuh, kecelakaan dan lain-lain, dan pada pemeriksaan diketemukan keadaan kaku atau tegang di daerah yang terkena, nyeri ini akan menetap dan lebih nyeri lagi jika ditekan atau badan diputar.

Prinsip terapi :

Pilih titik GV. 26 Shuigou dan belakang mata kaki sebalah luar sebagai titik jauh, menusuk dengan pengeluaran darah dari Bl. 40 Weizhong merupakan cara efektif mengatasi nyeri pinggang bawah akibat trauma dan kekakuan tapi harus dilakukan oleh ahli yang telah berpengalaman.

Titik utama untuk semua penyebab nyeri pinggang bawah : 

  • Shen Shu (BL. 23 Titik Shu Ginjal) 
  • Yao Yang Guan (G.V. 3 Gerbang Perbatasan Yang) 
  • Fei Yang (BL. 58 Terbang Tinggi di Angkasa) 

Jika menggunakan akupuntur telinga atau tittik pada telinga, maka terapi titik kidney, lumbar vertebrae, sacral vertebrae shennen dan sympahtikc. Pilih 2 – 3 titik untuk setiap terapi dengan jarum ditinggal selama 10 – 30 menit, dengan pelaksanaan 1x sehari atau berselang 1 hari atau dapat juga dengan rangsangan jarum terbenam (jarum implatin) selama 3 – 5 hari.

Untuk melihat deskripsi titik akupunktur di atas, dapat kamu lihat di aplikasi android Acupoint Azdah, jika belum punya silahkan Download Acupoint Azdah

Untuk melihat titik kasus akupunktur yang lain, bisa di buka di apk Acupoint Azdah PRO dan SPRO
Buka Menu Drawer

Buka menu Titik Kasus

Kamu bisa mencari titik kasus umum akupunktur lainnya disini 

Penulis blog

Tidak ada komentar