Makna Simbol Yin Yang Sisi Hitam dan Putih


Sahabat Terapi Jarum Makna Yin adalah sisi hitam dengan titik putih pada bagian atasnya sedangkan Makna Yang adalah sisi putih dengan titik hitam pada bagian atasnya. Hubungan antara Makna Simbol Yin dan Yang sering digambarkan dengan bentuk sinar matahari yang berada di atas gunung dan di lembah. Yin (secara harafiah yaitu tempat yang teduh) adalah daerah gelap yang merupakan bayangan dari gunung, sementara Yang (secara harafiah yaitu tempat yang terang atau cerah) adalah bagian yang tidak terhalang oleh gunung. 

Saat matahari bergerak, Yin dan Yang secara bertahap bertukar tempat satu sama lain, mengungkapkan apa yang tidak jelas dan menyembunyikan yang sudah terungkap.

Yin ditandai dengan sesuatu yang lambat, lembut, menghasilkan, menyebar, dingin, basah, dan pasif. Berhubungan dengan air, bumi, bulan, feminitas dan malam hari. Yang sebaliknya ditandai dengan cepat, keras, padat, fokus, panas, kering, dan agresif. Berhubungan dengan api, langit, matahari, maskulinitas dan siang hari.

Lingkaran luar dalam simbol Yin-Yang menunjukkan “everything” maksudnya keseluruhan yang ada di dunia. Kemudian Yin (Hitam) dan Yang (Putih) keduanya merupakan simbol segala sesuatu yang tidak terpisahkan. Memang tidak akan pernah terjadi hitam dan putih secara bersamaan. Namun ada saatnya terjadi hitam dan ada saatnya terjadi putih. Sebuah prinsip keseimbangan yang saling mengisi dan melengkapi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter