Ads 720 x 90

Penjelasan Hadist Bekam Pengobatan Paling Ideal


Bekam adalah Pengobatan Paling Baik

Sahabat terapijarum.blogspot.com, diriwayatkan secara shohih bahwa Nabi Saw., berbekam ketika sakit. Beliau pernah berbekam pada beberapa bagian ditubuhnya. Beliau pernah berbekam di tengkuk dan dibagian lain, sesuai dengan kondisi. Beberapa bagian tubuh beliau yang pernah dibekam adalah pertengahan kepala, tengkuk (kahil), dua otot disamping leher (akhda’ain), kedua pinggul (warikain), punggung telapak kaki dan beberapa bagian lainnya.

Nabi Saw,. Kekasih Allah, ketika mengalami sakit, Allah membimbing beliau untuk menjalani pengobatan paling baik dan paling ideal. Rosululloh Saw., bersabda :

خَيْرُ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجِامَةُ 

Sebaik baik pengobatan yang kalian gunakan adalah bekam (Musnad Imam Ahmad, dishohihkan oleh Al Albani dalam Ash Shohihah [1053])

إنَّ أَفْضَلُ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ 

Sungguh, pengobatan paling utama yang kalian gunakan adalah bekam (Muttafaqun ‘alaih : Bukhori [5696] dan Muslim [1577] dengna rekadsi bermiripan.)

إنَّ أَمْثَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ 

Sungguh, pengobatan paling ideal yang kalian gunakan adalah bekam (Muttafaqun ‘alaih : Bukhori [5696] dan Muslim [1577] dengna rekadsi bermiripan.)

أِنْ كَانَ فِيْ شَيْءٍ مَمَّاتَدَاوَيْتُمْ بِهِ خَيْرٌ فَالْحِجَامَةَ 

Jika ada kebaikan dalam pengobatan yang kalian gunakan, maka itu terdapat dalam bekam (Shohih Sunan Abi Dawud, Syaikh Al Albani II/731)

Bekam, sekalipun merupakan metode pengobatan paling klasik, namun ia merupakan resep pengobatan yang dipesankan oleh para malaikat kepada Nabi Saw., dan umatnya. Jangan ada orang yang mengatakan bahwa ini metode pengobatan kuno, maka hanya bisa mengobati penyakit-penyakit kuno saja. Pernyataan seperti ini keliru, mengandung kesalahan besar, karena bekam adalah pengobatan untuk umat Nabi Muhammad Saw.. barangsiapa termasuk umat Nabi Muhammad Saw., maka akan mendapatkan khasiat kesembuhan dalam bekam.

مَا مَرَرْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي بِمَلاَءٍ مِنَ الْمَلاَ ئِكَةِ اِلاَّ قَالُوا يَا مُحَمَّدُ مُرْ أُمَّتِكَ بِالحِجَامَة 

Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok malaikat pada malam ketika aku di-isro’kan, kecuali mereka berkata: wahai muhammad, perintahkanlah umatmu untuk berbekam. (Shohih Sunan Ibnu Majah dan Shohidul Jami [5671])

Ketika melihat bekam dari aspek kesembuhan, Rosulullah Saw., mendapati metode pengobatan ini mengandung segala kebaikan. Beliau pun bersabda : 


الشِّفَاءُ فِي ثَلاَ ثَةٍ : شَرْ بَةِ عَسَلٍ, وَ شَرْطَةٍ مِحْجَمٍ, وَكَـيَّةِ نَارٍ, وَأَنْهَى أُمَّتِى عَنِ الْكَيِّ

Kesembuhan itu terdapat dalam tiga hal, yakni minuman madu, sayatan alat bekam dan kay dengan sundutan api. Tetapi aku melarang umatku berobat dengan kay. (Shohihul Bukhori [5681])


أِنْ كَانَ فِي شِيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ شِعَاءٌ فَفِيْ شَرْ طَةِ مِحْجَمٍ, أَوْ لَذْعَةٍ بِنَارٍ, وَمَا أُحِبُّ أَنْ أَكْتَوِيَ

Jika dalam pengobatan kalian terdapat penymbuhan, maka itu terdapat dalam sayatan alat bekam atau sundutan dengan api, tetapi aku tidak suka berobat dengan kay (sundutan api). (Shohihul Bukhori [5704])

أَخْبَرَ نِي جِبْرِيْلُ أَنَّ الْحَجْمَ أَنْفَعُ مَا تَجَاوَى بِهِ النَّاسُ

Jibril mengabarkan kepadaku bahwa bekam merupakan metode pengobatan paling bermanfaat yang digunakan oleh manusia. (Shohihul Jami [218] dan Syaikh Al Albani berkata : “Shohih”)
Banyak penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan metode pengobatan modern, para dokter tidak menemukan pengobatannya kecuali dengan menggunakan metode pengobatan Nabawi, di antaranya aadalah bekam. Kaum muslimin telah melihat berbagai keajaiban dalam pengguanaan metode pengobatan Nabawi. Orang-orang non muslim juga telah melihat hal yang sama. Berikut ini adalah seorang pria Yahudi berkebangsaan Amerika. Ia sakit. Setelah sekian lama berkeliling mencari pengobatan dengan metode modern, penyakit yang dideritanya adalah kanker tulang, para dokter menyarankan kepadanya. “Tida ada alternatif bagi Anda selain operasi pengangkatan atau suntikan kimiawi.” Maka, ia beralih kepada metode pengobatan Nabawi. Tidak lama, ia pun mendapatkan kesembuhan dari Allah.

Ia pun menyatakan keislamannya. Demikianlah, bekam telah menjadi sebab kesembuhan penyakit bada, bahkan juga menjadi kesembuhan bagi penyakit hati.

Telah hadir Apk Acupoint Azdah Petunjuk Praktis Akupunktur dengan kelebihan :

  • 361 Titik Akupunktur
  • List daftar titik yang informatif
  • Mudah digunakan
  • Apk Offline
  • Fitur Pencari

Unduh Sekarang!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI