Tentang Akupunktur

Definisi Jing - Esensi Kongenital

Azdah Blogger Azdah Blogger
Februari 04, 2018
0 Komentar
Beranda
Tentang Akupunktur
Definisi Jing - Esensi Kongenital
Dalam pengobatan Cina untuk esensi/intisari biasa dimaksudkan dengan arti benih. Di buku kuno Su Wen menyatakan bahwa 
Jing adalah asal mula tubuh” . 
Menurut TCM, Jing sangat berharga dalam membentuk suatu dasar fondasi untuk semua perkembangan fisik dan mental. Jing disimpan didalam Ginjal, ia tidak memiliki unsur setara dalam kedokteran barat.

Terdapat 2 Sumber Jing pada tubuh yaitu : 

  1. Jing kongenital (prenatal, Jing bawaan) (Xian Tian Zhi Jing): Jing kongenital dibentuk pada saat Jing orang tua (sperma dan sel telur). Jing kongenital tidak dapat diganti ataupun ditambah tetapi dapat dijaga atau dipelihara dengan Jing perolehan
  2. Jing Perolehan  adalah Jing yang dibentuk dari makanan yang diolah oleh Limpa dan Lambung setelah dilahirkan. Jing yang diperoleh akan menutrisi Jing kongenital.

Apa Fungsi dari Jing?

Nah... Para ahli CM (Chine Medicine) atau TTM (Traditional Tiongkok Medicine) memandang Jing sangat menentukan kualitas dan harapan hidup seseorang. Sejak Jing tidak dapat diregenerasi, membentuk semacam “jam energi dalam” yang menentukan umur hidup seseorang. Saat jam energi tersebut habis, orang akan meninggal. CM (Chine Medicine) menempatkan penekanan besar pada pelestarian dan pengobatan untuk permasalahan Jing. Salah satunya adalah Qigong atau Tantra. Kualitas Jing merupakan dasar dari pertumbuhan dan perkembangan fisik juga mental serta bertanggung jawab terhadap kekuatan reproduksi tubuh.

Disfungsi pada Jing: 

Badan lemah, penuaan dini, badan cacat, gangguan seks seperti mandul.

Terapi Nutrisi : 

Menjaga Jing dengan makanan penuh nutrisi dan gaya pola hidup sehat.

Penulis blog

Tidak ada komentar