Tentang Akupunktur

Sejarah Akupunktur di Negara Asalnya Hingga Indonesia

Azdah Blogger Azdah Blogger
Mei 07, 2018
0 Komentar
Beranda
Tentang Akupunktur
Sejarah Akupunktur di Negara Asalnya Hingga Indonesia
Akupunktur merupakan suatu cara pengobatan yang memanfaatkan rangsangan pada TITIK AKUPUNKTUR untuk mempengaruhi aliran Bioenergi tubuh berdasarkan pada filosofi keseimbangan hubungan antara permukaan tubuh dan organ melalui sistem MERIDIAN yang spesifik.

Ilmu akupunktur merupakan ilmu pengobatan dari Cina, dikenal sejak 4000-5000 tahun yang lalu. Menurut buku HUANG TI NEI CHING (The Yellow Emperror’s Classic Of Internal Medicine). Ilmu Akupunktur berkembang sejak jaman batu, dimana jarum dibuat dari BATU.

Buku HUANG TI NEI CHING diterbitkan pada zaman CUN CIU CAN KUO (770-221 SM). Bahan jarum dari BATU kemudian berubah ke BAMBU kemudian berubah ke PERUNGGU. Pada zaman Cun Ciu Can Kuo (770 – 221 SM) Tabib PEN CIE berhasil menyembuhkan seorang pangeran bernama HAO dengan jarum perunggu dari ketidaksadarannya selama setengah hari. Peristiwa ini diungkapkan dalam buku NAN CING.

Pada zaman dinasti TANG (265 – 960 SM) Ilmu akupunktur berkembang pesat dan menyebar keluar negeri antara lain JEPANG dan KOREA. HUANG FU MI menulis buku CIA I CING, buku ini sampai saat ini masih banyak dijadikan referensi oleh akupunkturis.

Akupunkturis SUN SEN MIAO (581 – 682) menulis 2 buah buku yaitu Cien Cin Yao Fang dan Cien Cin I Fang. Akupunkturis CEN CIEN (541-643) melukiskan peta berwarna untuk menerangkan MERIDIAN, TITIK AKUPUNKTUR dan menguraikan pengobatan MOKSIBUSI.
Zaman Dinasti MING (960 - 1644)

Teknik percetakan dan seni pahat berkembang luas. Ilmu akupunktur berkembang bersama ilmu-ilmu lainnya. Akupunkturis bernama WANG WE I (Wang We) membuat patung perunggu untuk menggambarkan MERIDIAN dan TITIK AKUPUNKTUR. Akupunkturis YANG CI CEO menuliskan pengalamannya dalam buku berjudul CEN CIU TA CEN. Buku CEN CIU TA CEN banyak diterjemahkan dalam bahasa Jepang, Inggris, Jerman, dan Perancis.
Zaman Dinasti CING ( 1644- - 1911)

Akupunktur tidak banyak mengalami perkembangan. Buku yang dihasilkan pada zaman ini I CUNG CI CIEN cukup bernilai untuk bahan referensi.

Pekembangan Akupunktur Di Luar Negeri

CINA

Pertengahan abad XX akupunktur bangkit sesuai tuntutan zaman yang ilmiah & modern. Praktik akupunktur tidak hanya dilakukan oleh akupunkturis ( Pengobatan Cina) tetapi juga oleh dokter-dokter lulusan Fak. Kedokteran Cina. Tahun 1951 berdiri INSTITUT PENGOBATAN AKUPUNKTUR.

Tahun 1955, Ilmu akupunktur merupakan salah satu mata pelajaran di Fakultas Kedokteran. Tahun 1956 didirikan 5 COLLEGE PENGOBATAN CINA di : Peking, Nanking, Shanghai, Canton, Cheng Du. Tahun 1958 mulai mengintensifkan riset di bidang pengobatan akupunktur. Sejak tahun 1968 dimulai riset penggunaan akupunktur dalam pembedahan sebagai ANESTESI.

Sekitar 4000 kasus operasi yang dapat dianestesi dengan akupunktur, seperti : Tonsilektomi, Pencabutan gigi, Appendiktomi, Sectio Cesaria, Ovariectomi, Pangangkatan tumor otak. Saat ini pengobatan akupunktur mengarah kepada spesialistik : misalnya Akupunktur kecantikan (kosmetik) dll.

Jepang

Sejak 250 SM, ilmu akupunktur dikembangkan oleh JOFKU, ahli pengobatan Jepang yang berasal dari Cina. Saat ini banyak sekolah akupunktur di Jepang a.l. Tokyo, Osaka, Kyoto, Yokohama. Diperkirakan ada 500 ribu akupunkturis yang praktek di Jepang.

Korea

Ilmu akupunktur masuk sejak 2000 tahun yang lalu. Tahun 1963 merupakan tahun kejayaan ilmu akupunktur di Korea. Tahun 1963 Prof. Kim Bong Han ahli biologi dari Universitas Pyongyang telah meneliti & menemukan serta mendemonstrasikan secara HISTOLOGI & ELEKTROBIOLOGIS tentang MERIDIAN dan TITIK AKUPUNKTUR dalam teori sistem KYUNG RAK. Kyung rak = CING LUO = MERIDIAN dinyatakan bahwa : Titik akupunktur terletak di dalam korpuskel yang banyak mengandung DNA (Deoxyribo Nukleid Acid).Yang berfungsi penting untuk metabolisme tubuh.

Belanda

Akupunkturis WILHELM RHYNE seorang dokter VOC mengungkapkan pengobatan rheumatic dengan akupunktur dalam bukunya yang diterbitkan di London tahun 1683.

Perancis

Akhir abad XVIII LOUISE BERLIOZ mempelajari ilmu akupunktur, tahun 1863 dalam bukunya mengungkapkan secara jelas ilmu akupunktur. Tahun 1816 LOUISE mempelajari ELEKTROAKUPUNKTUR. Tahun 1825 ELEKTROAKUPUNKTUR mulai digunakan untuk pengobatan gout, rheumatik dll. Awal abad XX seorang konsul Perancis di Cina bernama SOULIE DE MORAN mempelajari bahasa Mandarin dan ilmu aupunktur. Soulie De Moran menerjemahkan buku akupunktur dari bahasa Mandarin ke Bahasa Perancis & menganjurkan dokter Perancis belajar akupunktur.


Buku Louise Berlioz tentang akupunktur & moksibusi merupakan buku akupunktur pertama di negara barat. Saat ini FRENC NATIONAL SERVICE telah mengakui pengobatan akupunktur. Lebih dari 10 Rumah Sakit yang mempunyai pelayanan akupunktur. Beberapa organisasi akupunktur di Perancis yaitu LA SOCIATE FRANCAISE D’ACUPUNCTUR , L’ORGANIZTION POUR ETUDE et LE DEVELOPMAN de L’ACUPUNCTURE.

Inggris

Awal abad XIV JHON TWEEDALE tokoh akupunktur dari Lymne Regis pertama kali mengenalkan Ilmu Akupunktur. Tahun 1827 dr.John Ecliotson dari St. Tomas Hospital melaporkan hasil pengobatan akupunktur terhadap 100 kasus rheumatik menahun. FELIX MANN menyebarkan ilmu akupunktur dengan menerbitkan buku The ancient Chinese art healing, Acupuncture points, Anatomical Chart’s Of Acupuncture Points, Meridian & Extra Meidian Atlas Of Acupuncture.

Jerman

Tahun 1712 dr. Engelbrecht Kapter menulis pengalamannya dalam buku Curatio Colicae Per Acupuncturen Japoni Bus Usitata. Tahun 1959 dr. Gerhard Bachman judul bukunya DIE ACUPUNCTUREN EINE ORDUNGS THERAPI.

USA

Ilmu akupunktur berkembang di New York & San Francisco di lingkungan Cina Town. Di Elstein Hospital & Massachuset Hospital dilakukan penyelidikan anestesi dengan akupunktur. Dr.Allen Russek (Institute of Rehabilitation & Medicine) New York berhasil mengobati nyeri kronis dengan akupunktur. Di Michigan’s Hospital telah dilakukan anestesi dengan akupunktur untuk pembedahan Cangkok kulit, eksisi tumor, operasi hernia, pencabutan gigi. Semuanya berhasil memuaskan.

Indonesia

Akupunktur berkembang di bawa perantau dari Cina. Tahun 1963 Departemen Kesehatan melakukan penelitian & pengembangan cara pengobatan timur termasuk akupunktur. Atas instruksi Menkes RI waktu itu (Prof.dr. Satrio) dibentuk tim riset ilmu pengobatan tradisional timur.

Tahun 1963 Praktek Akupunktur diadakan secara resmi di RS Ciptomangunkusumo. Tahun 1975 bermunculan organisasi dibidang akupunktur, diantaranya :

IAI = Ikatan Akupunkturis Indonesia
PAI= Persatuan Akupunkturis Indonesia
INI = Ikatan Neuropati Indonesia.

Dalam perkembangannya pada tahun 1985 muncul UU no.8 tahun 1985 tentang keormasan : Dimana organisasi seminar untuk melebur / berfusi menjadi satu. Tahun 1986 IAI & PAI melebur menjadi PAKSI (Persatuan Akupunkturis Indonesia).

Penulis blog

Tidak ada komentar