Bagaimana Proses Kerja Akupunktur Untuk Kesehatan ?

Apa Itu Akupunktur ?

Akupunktur dikenal sebagai salah satu sistem pengobatan Cina yang menggunakan metode penusukan jarum pada titik-titik tertentu untuk menyembuhkan penyakit atau mencapai kondisi kesehatan tertentu. Dari catatan sejarah, diketahui sejak zaman batu, di daratan Tiongkok, orang menggunakan batu runcing sebagai alat untuk mengobati penyakit dan kebiasaan ini diduga merupakan cikal bakal ditemukannya Akupunktur.

Memasuki zaman perunggu dan zaman besi, mereka mulai menggunakan logam sebagai jarum pengganti batu runcing. Awalnya titik-titik akupunktur ditemukan secara tidak sengaja dan satu demi satu mulai dikumpulkan dan digabung hingga akhirnya tercakup dalam satu sistem yang disebut Jinglou (Cing Lou) atau Meridian.

Bagaimana Cara Kerja Akupunktur Untuk Kesehatan ?

Dalam teori kesehatan Cina Kuno, diyakini bahwa di dalam tubuh kita ada jaringan energi (Qi) yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Hubungan energi tersebut terjalin melalui jalur yang disebut Meridian. Apabila terjadi hambatan atau ketidakharmonisan pada jalan energi (Meridian) tersebut, maka aliran energi menjadi tidak lancar dan berakibat kepada gangguan kesehatan.

Penusukan jarum Akupunktur pada titik-titik tertentu ditujukan untuk memberikan rangsangan yang mampu membuat jalur energi yang terhambat kembali normal, sehingga energi akan tersalur secara harmonis. Apabila energi mencapai keharmonisan, maka tubuh kita akan mampu melawan penyakit, organ tubuh akan berfungsi normal dan tubuh kita akan senantiasa sehat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Ikuti rekomendasi alat-alat terapi dan produk herbal dengan

Klik Tombol INI