Tentang Akupunktur

Daftar Alat Pendukung Terapi untuk Praktisi Akupunktur

Azdah Blogger Azdah Blogger
November 05, 2022
0 Komentar
Beranda
Tentang Akupunktur
Daftar Alat Pendukung Terapi untuk Praktisi Akupunktur

Akupunktur adalah suatu metode terapi komplementer yang berasal dari negara Cina.

Salah satu terapi yang simpel. Simpel disini bukan karena ilmunya yang simpel tetapi praktek terapinya. Seperti terapi pijat hanya bawa minyak pijat bisa melakukan terapi pijat begitu pula dengan terapi Akupunktur cukup bawa jarum maka bisa melakukan terapi. Pernyataan itu memang benar adanya, tetapi apakah cukup dengan bawa jarum saja? Tentu tidak.

Nah pada postingan kali ini saya akan membuat daftar peralatan apa saja yang dimiliki oleh terapis Akupunktur.

Jarum Akupunktur

Jarum Akupunktur tersedia dalam beberapa ukuran. Penjelasan tentang ukuran jarum sudah pernah saya posting dengan judul Bentuk dan Ukuran Jarum Akupunktur.

Jarum Pendek 1/4 Cun dan 1/2 Cun

Dalam satuan mili meter 1/4 cun 0.16x7mm sedangkan 1/2 cun 0.18x13mm. Jarum ini biasanya digunakan untuk bagian kepala termasuk wajah, bagian ujung jari tangan maupun kaki dan area tubuh dengan kedalaman penusukan yang dangkal atau tidak dalam.

Jarum 1 Cun

Dengan ukuran diameter 0.16 sampai 0.30mm x 25mm. Ini merupakan ukuran jarum yang sering dipakai oleh terapis Akupunktur karena ukuran jarum ini dapat digunakan hampir pada setiap bagian tubuh.

Ukuran Jarum Panjang lebih dari 1 Cun

Ukuran jarum ini biasanya digunakan pada bagian tubuh yang tebal. Seperti pada area paha, pinggul dan pada tubuh yang gemuk. Ukuran diameter jarum ini dari 0.16 sampai 0.30mm sedangkan panjangnya dari 40 sampai 75mm.

Rekomendasi Produk

Peralatan Pendukung

Moksa atau Moxa

Adalah alat terapi yang menggunakan konsep untuk menghangatkan, biasa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit yang disebabkan karena sindrom dingin. Moksa sendiri terdapat dalam beberapa bentuk seperti moksa batang, moksa tempel, moksa sate, moksa kerucut bahkan adapula Cupping Moxibustion (Bekam Moksa).

Rekomendasi Produk

Elektro Stimulator Akupunktur atau Elektro Akupunktur

Merupakan suatu alat instrumen penunjang yang menghasilkan listrik dengan bentuk gelombang, intensitas tegangan dan frekuensi rangsang tertentu. Alat ini bertujuan untuk memperkuat rangsangan jarum terhadap rangsangan energi di meridian tubuh untuk meningkatkan hasil terapi.

Rekomendasi Produk

Bantal Palpasi / Bantal Nadi

Alat yang digunakan sebagai alas untuk melakukan pemeriksaan nadi klien agar merasa nyaman.

Rekomendasi Produk
Bantal Nadi/Bantal Palpasi/Bantal Tuina

Pen light

Senter yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan berbentuk seperti pulpen. Alat ini biasa digunakan untuk pemeriksaan lidah, mata dan telinga. Selain itu alat ini juga dapat digunakan untuk menghindari dan melihat jalur pembuluh vena sebelum melakukan penusukan jarum akupunktur. Caranya tempelkan ujung lampu penlight ke permukaan kulit dan tekan secukupnya hingga kulit terlihat berwarna merah karena cahaya yang masuk kejaringan kulit, fokus pada area kulit yang merah karena penlight dapat terlihat warna biru gelap atau hitam yang menandakan adanya pembuluh vena. Lihat gambar dibawah ini.
Terlihat pada gambar sebelah kiri, pembeluh darah tidak dapat langsung terlihat. Lihat pada gambar sebelah kanan garis panah merah menunjukan area pembeluh darah vena yang terlihat ketika menggunakan penligt.

Penlight yang digunakan adalah penlight dengan lampu menonjol keluar. Lampu seperti ini dapat membuat cahaya tembus ke kulit lebih baik.

Penlight ini cukup membantu untuk menghindari terjadinya penusukan pada pembuluh darah. Walaupun tidak semua pembuluh darah vena dapat terlihat jelas.

Rekomendasi Produk
Otoscope Penlight General Care

Hand Akupunktur QRMA

Sebuah alat diagnosa dengan menggunakan alat canggih yang dapat mendeteksi gangguan hanya dengan 1 alat saja. Seperti tensi darah, kolesterol, gula darah bahkan sampai kondisi organ dalam dapat dipantau menggunakan alat ini.

Rekomendasi Produk
Hand Akupunktur Saku 
Hand Akupunktur Seri 8 


Penulis blog

Tidak ada komentar