Teori Zhu Danxi Memelihara Yin untuk Menyiapkan Masa Tua


Zhu Danxi
adalah seorang tabib terkenal yang hidup pada Dinasti Yuan (1281-1358). ia seorang dokter yang terkenal dan satu resep darinya sering kali menyembuhkan pasien. Oleh karena itu, orang menyebutnya "Zhi Satu Resep" dan "Zhu Setengah Dewa".

Zhu Danxi mulai membaca tentang pengobatan pada usia 30 tahun karena ibunya menderita nyeri kronis di limpa. Lima tahun kemudian ia menyembuhkan ibunya dari penyakit.

Ketika berusia 36 tahun, ia mempelajari neo-konfusianisme pada Xu Wenyi. Dalam beberapa tahun, ia dikenal sebagai ilmuwan Konfusian.

Ketika Xu Wenyi sakit parah, ia menyarankan Zhu Danxi untuk belajar pengobatan. Ingat tentang anaknya sendiri, istrinya, adiknya, paman dan anggota keluarga lainnya yang meninggal di tangan tabib yang tidak cakap, Zhu Danxi menghentikan ambisinya menjadi pejabat istana dan beralih mempelajari pengobatan.

Pada waktu itu, Resep dari Toko Campuran Obat dari Dinasti Song di berikan oleh penguasa dengan cuma-cuma. Tabib yang tidak cakap akan mengambil rumus obat dari buku itu dan meresepkannya pada pasien. Zhu Danxi mengetahui keterbatasan buku itu. Jadi, ia mempelajari Buku Klasik Pengobatan Kaisar Kuning, Klasik Sulit dan lain-lain. iIa juga berpergian ke bagian lain dan mengunjungi tabib terkenal. Tabib terkenal Luo Zhiti menampunyngnya dan beberapa tahun kemudian, Zhu Danxi menjadi tabib terkenal dengan pengetahuan luas dan keterampilan medis yang hebat.

Zhu Danxi menemukan teori unik memelihara Yin. Ia menyarankan memberi makan Yin untuk menurunkan api dalam tubuh seseorang. Ia juga menentang penggunaan acak obat tajam dan hangat dan menekankan pentingnya menjaga diet. Teorinya berpengaruh luas. Ahli pengobatan Jepang khususnya mengunjungi China sela Dinasti Ming untuk belajar dari Danxi. Sekarang, Jepang masih memiliki kelompok masyarakat yang didirikan berdasarkan ajaran Danxi.

Dzu Danxi percaya bahwa penyakit ketuaan karena kekurangan yin dan kelebihan Yang. ia percaya bahwa memlihara Yin akan membuang api dan mencegah penyakit di masa tua.

"Orang yang telah mencapai usia 60, 70 tahun akan kehilangan banyak esensi vital dan darah. Bahkan meskipun ia tidak ;menderita kaarena makanan atau kesehatan yang buruk, ia telah menderita sindrom panas."

"Pil wufu tidak boleh disalahgunakan. Hindari arak dan daging berlemak, makanan dibakar, diasap atau digoreng, makanan pedas, manis dan berminyak."

"Orang tua memiliki kekurangan di limpa dan Yin. Panas di perut akan menyebabkan serangan lapar, limpa lemah berarti pencernaan makanan buruk dan terlalu banyak makanan akan menekan perut. Kekurangan Yin akan menyebabkan penyumbatan darah dan menimbulkan penyakit."

Sumber : Intisari Obat-obatan Tradisional China

Gabung di Channel Telegram Terapi Jarum

JOIN Telegram

4 komentar untuk "Teori Zhu Danxi Memelihara Yin untuk Menyiapkan Masa Tua"

  1. Assalamuallaikum Pak izin bertanya untuk area Abdomen, Dorsal dan Kepala apakah jarum boleh dimanipulasi setelah insersi ? Dan area manasajakah yang tidak boleh dilakukan manipulasi jarum ?

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam, wilayah abdomen, dorsal dan kepala rata-rata bisa dilakukan manipulasi...

    Adapun manipulasi yang harus dihindari, seperti di titik BL 1 dan titik akupuntur yg dilarang untuk melakukan insersi.

    BalasHapus
  3. Selamat pagi pak, izin bertanya. Kalau mulut terasa panas dan badan suka gatal itu ada masalah di apa? Dan pantangan yang hrs di hindari. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Dilihat dri gejala mulut terasa panas, merupakan indikasi ada masalah pada limpa lambung, utk gatal sendiri hrus diketahui diagnosany lebih detail, karena gatal2 bisa disebabkan ada masalah di usus besar, bisa juga di empedu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Buka artikel TerapiJarum.com dengan aplikasi android